15 Apr 2011

Cet...cet...maceTTT.......

Hai aku datang lagi...mumpung kerjaan udah slese jadiii aku iseng buka blog trs ngetik deh, lumayan nambahin postingan di bln April. Hmmm lagi2 aku keabisan topik, kebetulan kemarin ada peristiwa seru jadii aku jadiin tema ocehanku sekarang ah :D

Agaknya aku masih bingung dengan penyebab utama kemacetan di beberapa kota besar di Indonesia, aku kasih contoh untuk kota Bandung (kebetulan emang tgl di Bdg pinggiran and kerja di Bandung Kota ). Setiap hari aku berhadapan dengan suasana arus macet di sepanjang perjalanan menuju tempat kerjaku, sebisa mungkin kunikmati setiap perjalanan membosankan itu, salah satu'a baca komik haha. Disela-sela ngomik yg emang udah jadi HABIT, sempat terpikir olehku, kenapa sih tiap hari kena macet mulu, mau sepagi apapun berangkat'a juga tetep aja lalu lintas padet merayep. Jawaban sementara untuk kasus kemacetan yaitu jalanan rusak, angkot and bis kota yg ngetem jam-jaman, byk juga warung2 dadakan di pinggir jalan sehingga mempersempit akses kendaraan. Situasi macam ini emang sulit dihindari tapi sepertinya yg paling pas buat alasan kemacetan saat ini yaitu semakin banyaknya kendaraan yg tidak dibarengi dengan penambahan atau pelebaran jalan raya.

Sangat-sangat tidak singkron antara jumlah kendaraan dan jalan yg ada, artinya jumlah kendaraan BERBANDING TERBALIK dengan jalan yg disediakan pemerintah. Nah, blm lama ini aku dapet info dari seorang sales sebuah showroom mobil bahwa setiap bulan kurang lebih 130 mobil terjual, baik cash maupun kredit. Artinya dalam satu hari ada setidaknya 4 mobil yg terjual dan yg lebih hot lagi itu baru 1 showroom saja, bagaimana kalau ada 20 showroom???berarti lebih dari 1000 mobil dalam setiap bulannya meluncur di jalanan. Gimana gak tambah macet, abisnya orang-orang beli mobil kya' beli tempe hehe.

Nah, terpikir juga olehku, kenapa begitu banyaknya nih orang pada beli mobil??padahal harga mobil kebanyakan diatas 100jt, emang sih udah banyak orang kaya jaman sekarang mah, urusan beli mobil mah gampang tapi ternyata info yg aku dapet niiih, kebanyakan para pembeli mobil itu kredit alias nyicil xixixix dan lagi menurutku sistem pengkreditan kendaraan saat ini semakin dipermudah. Pernah aku liat nih ada spanduk di depan tempat penjualan motor yang tulisannya kredit motor cuma butuh KTP (kira2 begitu hehe). Kalo gitu sih pengangguran juga bisa kredit motor, pantes aja kan pengguna motor meledak (maksudnya pengendara motor bertambah secara signifikan).

Sistem kredit kendaraan yg memang sangat dipermudah inilah yg turut serta dalam ajang kemacetan kota, bukankah seharusnya kalau mau kredit itu juga dilihat dari penghasilan bulanan si calon pembeli, tentu saja dengan persyaratan lainnya, tidak semata2 hanya KTP. Oalah, anak 17 th yg udah punya KTP juga bisa dun beli motor, trs bawa kabur deh motor'a, selesai deh perkara haha (just kidding :p ).

Pemerintah memang sudah berkali-kali memikirkan jalan keluar untuk mengatasi kemacetan, misal dengan membangun flyover tapi toh tetap saja tidak mengurangi angka kemacetan yg terjadi. Yaaahhh sepertinya memang kudu punya kesabaran luar biasa kalo pengen tinggal di kota besar yg rawan macett, sabar aj deh hehe :)

Nah, peristiwa MENGESANKAN yg aku alami kemari yaitu terjebak macet jam-jaman karena banjir di tengah kota hadoooooohhhh.....T.T

Yuk mariii -,-v

1 komentar:

was wes wos...^^