9 Agt 2011

(GoVlog-Ramadan) Ayo Shalat Tarawih

Ramadhan begitu identik dengan puasa #YAIYALAH, identik pula dengan sholat Tarawih. Yak, tarawih!! Masjid memang selalu ramai disaat Ramadhan, tepatnya saat tarawih. Berdasarkan pengalaman pribadi sih, ramainya sebuah masjid cuma pas awal-awal puasa doank. Benarkah? Gak semua kok tapi sepenglihatan saya saja yang begitu.

Saya melihat bahwa masyarakat cenderung semangat di awal tapi loyo di tengah sampai akhir, oalah. Walau tak bisa dipungkiri, saya pun 'sedikit' tertular penyakit semangat setengah-setengah, tapi mudah-mudahan Ramadhan tahun ini TIDAK!!!AMIN!!

Saya sendiri kurang paham mengenai alasan atau asal muasal dari ketidaksemangatan masyarakat yang mayoritas hanya memenuhi masjid di awal Ramadhan. Saya pikir masyarakat memiliki beragam alasan, mungkin ada yang kebetulan sedang kedatangan 'tamu' bagi wanita dan selanjutnya sudah terlanjur malas, yak malas!! atau mungkin ada yang harus menjaga anaknya yang masih bayi atau anaknya rewel dan berbagai alasan lainnya.

Nah, peristiwa yang saya alami juga demikian. Saat sholat tarawih malam pertama di masjid dekat rumah, beuh! ampe halaman masjid bahkan sampai gak muat dan ada yang pulang lagi karena gak kebagian tempat. Untungnya saya kebagian tempat karena sengaja datang lebih awal hihi.

Ternyata bin ternyata, belum genap seminggu puasa, masjid sudah agak lowong, jadi saya juga gak terlalu buru-buru datangnya hehe. Well, ada yang unik dari sholat tarawih saya kali ini.

Berdasarkan penglihatan saya, jumlah anak-anak yang ikut nimbrung sholat tarawih jauh lebih banyak dari para ibu-ibu atau mbak-mbak seperti saya hehe. Nah, akibatnya adalah...saya bagaikan tarawih di taman kanak-kanak. Luar biasa berisik!! bahkan suara imam pun nyaris tak terdengar.

Rupanya para jama'ah harus ekstra sabar dengan kebisingan yang setiap hari datang. Kalau kupikir, namanya juga anak-anak. Namun, bukan hanya soal kebisingan saja, tapi banyak anak-anak yang mondar-mandir di depan orang yang sedang sholat *maklum anak-anak*. Hal ini menyebabkan konsentrasi para jama'ah agak sedikit buyar donk, takutnya nanti ada anak-anak yang jatuh.

Pernah suatu malam saat tarawih, ada anak kecil yang tak pernah bosan dan tak kenal lelah mondar-mandir kejar-kejaran dengan teman mainnya melewati kami yang sedang sholat. Tiba-tiba anak itu terjatuh karena bertabrakan dengan teman mainnya. Seketika itu ada seorang ibu secara reflek berkata "Astagfirullah" *udah selesai sholat*.

Saya sendiri memang agak sedikit jengkel karena sudah bising, sajadah diinjek-injek, pada lari-larian dll. Tapi harus kembali berkata "namanya juga anak-anak". Kalau begini sih yang harus turun tangan ya orang tua si anak. Sang imam pun setiap hari selalu bicara "anak-anak jangan ribut ya", tapi tetep ajaaaa ributnya melebihi pasar kaget.

Pelajaran pertama, sabaaarr *namanya juga anak-anak*
Pelajaran kedua, perlu adanya perhatian khusus dari orang tua kepada sang anak agar tidak mengganggu jama'ah lain karena tentu saja mengganggu.
Pelajaran ketiga, ini anak gak capek apa ya lari-larian mulu??!! *ngomel-ngomel sendiri*

Meski dengan kondisi demikian, yuk tetep semangat tarawih *nyemangatin diri sendiri dulu hehe*.









Yuk Mariii :)

10 komentar:

  1. Mohon dilengkapi persyaratan #GoVlog. info klik http://www.vivanews.com/xl_govlog thanks.
    syarat yg kurang:
    1. Artikel yang dilombakan wajib diposting di Twitter peserta lomba dengan mention @XL123 @VIVAnews @VIVAvlog dan Hashtag #GoVlog. Selain itu harus dicantumkan link artikel yang dimuat di VIVAnews dengan shortlink.
    *Contohnya: Kisah Sekolah Kami http://bit.ly/Hjk8B #GoVlog @XL123 @VIVAnews.

    BalasHapus
  2. dilema sebetulnya menghadapi case begini. Umum sih. Disatu sisi mengganggu, disisi lain bisa sebagai ujian tahan godaan (khusyuk).
    salam

    BalasHapus
  3. @tommy : nah itu dy Tom,,,artikel saya ini belum terposting di VIVAlog pdhal sudah sy krim jd bagaimana sy mau posting di twitter..terima kasih sudah berkunjung dan mengingatkan^^

    BalasHapus
  4. @Fp : hehehe memang serba salah tp lumyan bwt uji kesabaran hihi,,,kembali lagi "nama'a jg anak2" :)
    terima sudah berkunjung

    BalasHapus
  5. gak perlu dipost di viva kok, cukup gini aja
    (GoVlog-Ramadan) Ayo Shalat Tarawih http://cahcilik4869.blogspot.com/2011/08/govlog-ramadan-ayo-shalat-tarawih.html #GoVlog @XL123 @VIVAnews @VIVAvlog

    langsung di post, tapi linknya di short/dipendekin dulu

    BalasHapus
  6. Tp kata'a musti di post di Viva dlu tuh Slam..entah jg klo saia salah bca hehe soal'a org lain yg ikut GoVlog jg pda di post di Viva hehe

    BalasHapus
  7. Peran orang tua si anak disini diperlukan...
    klo saya jadi Imamnya, saya akan tanya orang tua anak2 itu siapa...dan langsung saya kasih tahu, klo anaknya masih saja mengganggu org sholat, pulangkan saja ke rumah...
    seharusnya imam disitu atau paling tidak makmum laki2 yg sudah cukup tua tegas dalam mengingatkan...
    karena bagaimanapun ini adalah utk ibadah...
    anak sejak dini jg harus diajari utk menghormati orang yg sedang ibadah...
    klo cara lunak tak mempan, ya dengan cara tegas...

    BalasHapus
  8. hehehhe kenyataannya sang Imam cm ngomong "anak2 jgn ribut ya" atau "bagi org tua yg membawa anak'a tolong dikasih tau" hehhehhe.....

    BalasHapus
  9. horeee..ca ya jd jago nulis artikel :D

    BalasHapus
  10. @Foxtra trepok : weleh c om trepok ni brlebihan neh :D .... blm piawai kyak om trepok kok ihihihihihihihi :D

    BalasHapus

was wes wos...^^