27 Okt 2011

Berkat Ngeblog, Aku Siap Menulis lagi!

Aku termasuk orang yang cenderung pasif. Susah banget rasanya bisa berbicara di depan umum. Karena itu, aku lebih suka bermain di dunia maya, tapi aku belum mengenal blog. Aku hanya mengenal game dan internet hanya kugunakan untuk mencari bahan pelajaran. Ya, hanya itu.MySpace

Aku punya sahabat seorang Blogger. Mungkin sekarang bukan sahabat lagi kali ya wkwkkw #abaikan. MySpaceAku sering sekali melihat blog-blog orang yang berisi berbagai macam cerita, mulai dari yang lucu sampai ilmu pengetahuan. Bahkan aku lebih sering dapat bahan pelajaran dari sebuah blog ketimbang dari situs-situs resmi lainnya.

Blog milik sahabatku itu berisi tentang cerita sehari-harinya. Ada kisah lucu, sedih, haru, dan ada pula bahasan materi perkuliahan. Sejak saat itu aku mulai tertarik untuk ngBlog. Tapi aku masih bingung. Mau aku isi apa blog-ku itu?

Hore...aku punya blog. MySpace

Tampilan masih sangat sangat standar, hanya memakai template klasik yang sudah disediakan oleh blogspot. Tinggal kupilih saja salah satu. Beres deh. Aku sempat vakum ngBlog lalu baru mulai aktif lagi awal tahun 2011 hehe...

Seberapa besar pengaruh blog terhadap kesuksesanmu?

#halah. Aku belum sukses karena blog, tapi ada yang lebih berharga daripada kata "sukses". Aku dapat banyak pengalaman dan jadi punya banyak teman. Aku punya teman blogger yang sungguh hebat. Awalnya aku hanya sering copas artikel dari situs-situs berita saja, tapi ternyata itu semua tidak akan membuatku maju.

Berkat Ngeblog, aku bisa menyalurkan hobi menulisku. Aku suka menulis. Aku suka membuat cerpen. Seaneh apapun cerpenku itu, tapi aku tetap suka dengan dunia cerpen. Aku sama sekali tidak pernah ikut kompetisi menulis cerpen atau kontes menulis lainnya. Tapi Berkat Ngeblog, aku bisa memulai membagi tulisanku pada rakyat dunia maya. MySpace

Berawal dari perkenalanku dengan teman blogger yang suka ikut kontes menulis, aku pun terpancing untuk mencoba ikut kontes menulis. Memang, menang itu sulit, tapi untuk saat ini, aku butuh pengalaman. Aku butuh pembelajaran, dan aku butuh sesuatu yang bisa membuatku bersemangat untuk terus menulis.

Berkat Ngeblog, aku bisa bergabung di kelompok para penulis-penulis muda. Luar biasa, mereka semua penulis hebat, bahkan ada yang sudah menerbitkan buku. Ah, aku iri. Iri sekali melihat tulisannya menjadi sebuah buku. Cita-citaku sejak dulu, ingin sekali menggenggam buku hasil tulisanku sendiri. Terbayang akan rasa puas dan bangga yang menyelimuti hati, tapi kenyataannya itu semua belum terwujud. MySpace

Sabar. Aku harus sabar dan terus berusaha. Berusaha memperbaiki tulisanku. Aku harus bisa meningkatkan kualitas tulisanku. Tak boleh kalah dengan penulis lainnya. Ikuti terus kontes-kontes menulis. Menang kalah urusan terakhir. 

Tentu saja Berkat Ngeblog, aku jadi benar-benar seperti dikejar deadline setiap hari. Setiap hari aku ingin menghasilkan tulisan kemudian cari kontes-kontes menulis atau lomba cerpen lalu ikut!!terus saja seperti itu. Bagiku, menulis bukanlah sebuah tugas ataupun beban. Menulis adalah kegiatan yang kulakukan untuk bisa masuk ke dunia lain. Tentu saja bukan dunia hantu. MySpace

Bagiku, menulis adalah sebuah hiburan. Sama seperti ketika aku sedang curhat ke sahabatku. Saat menulis, aku seperti sedang mencurahkan isi hatiku pada dunia maya. Lebih abstrak dari dunia entah berentah.  

Blog benar-benar membuka duniaku yang semula sempit menjadi begitu luas.MySpace


Yuk Mariii ;)
readmore »»  

Si Lincah Safa

Pernahkah anda bekerja di kantor sambil mengajak anak-anak bermain?
Jawabannya, aku pernah.

Aku bekerja di sebuah perusahaan (perseorangan) yang bergerak di bidang jaringan fiber optik. Suasana kantornya benar-benar seperti di rumah, jadi aku memang berasa tinggal di rumah sendiri. Teman-teman kantornya pun seru-seru, termasuk anak-anak kecil yang suka mondar-mandir di hadapanku.

Safa. Itulah namanya. Gadis kecil berambut keriting berumur sekitar 5 tahunan itu adalah salah satu cucu dari pemilik perusahaan tempatku bekerja. Dia adalah anak yang sangat lincah. Paling tidak, itu menurut pendapatku. Setiap Safa datang, pasti manggil aku "Teh Icha!!!" ucapnya dengan penuh semangat sambil loncat-loncat.

Safa selalu mengajakku main game di komputer. Terkadang aku menolaknya karena memang sedang kerja hehe, tapi seringnya aku ikut menemaninya bermain. Safa sering bertanya ini dan itu padaku, bingung juga menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang selalu dilontarkan Safa, padahal sederhana saja, misalnya "Teh Icha udah makan belum" atau "Kenapa belum makan?", "Teh Icha, maen game yuk!!"

Lihat saja gayanya hehe :D

Safa selalu bermain dengan saudara sepupunya yang seumuran, dia biasa memanggilnya dengan sebutan kakak. Dua anak kecil ini sering banget berantem, entah itu adu mulut atau adu jotos heheh jelas ini hanya gurauanku saja. Kalau sudah berantem, salah satu pasti ada yang menangis dan inilah saatnya aku beraksi jadi baby sitter yang siap tempur menghadapi tingkah polah anak kecil yang sulit dimengerti.

Tips canggih untuk mendamaikan suasana di antara anak kecil yang sedang perang dingin menurut versiku hanya memberikan sebungkus wafer, coklat atau susu kotak pada anak-anak lucu ini. Dijamin langsung akur lagi. Tapi kalau kebetulan aku tidak bawa cemilan, terpaksa menggunakan cara tradisional hehe.

aku juga pernah mengajari Safa membaca, dia belum bisa membaca. Huft, susahnya mengajari anak membaca. Jangankan membaca, menghafal angka saja sepertinya begitu sulit untuknya. Berarti, untuk jadi seorang ibu itu benar-benar butuh kesabaran tingkat tinggi. aku harus dengan sabar, itu intinya. 

Si Lincah ini juga suka bergaya!!

Selain belajar membaca, kami juga suka iseng menggambar pemandangan menggunakan software paint di komputer. Safa begitu antusias dengan gambarnya, padahal aku cuma menggambar gunung. Gambar khas anak TK.

Anak kecil tidak bisa dihadapi dengan emosi. Ketika si anak berbuat nakal, jangan dibentak, cobalah untuk membuat suasana yang bisa membuat si anak merasa nyaman. Ketika si anak menangis, hiburlah dengan hal-hal yang mungkin disukainya. 

Aku belum menjadi seorang ibu, tapi tentu suatu saat aku ingin sekali jadi seorang ibu. Kebetulan aku juga suka anak kecil hehe. Mengasuh anak kecil itu memang sedikit merepotkan tapi juga menyenangkan. Jangan lupa kalau kita juga pernah menjadi anak kecil yang nakal (^..^)



Yuk Mariii :)


Cerita ini diikutsertakan dalam Giveaway "Anakku Sayang" oleh Rumah Mauna
readmore »»  

23 Okt 2011

(Sekian) Jam di Kota Hujan

Bosen kali yaaa denger aku ke Bogor lagiii ke Bogor lagiii haha...Iya donk, berasa kayak kampung halaman gituuu :D....hmmm tgl 15 Oktober lalu, aku menuh-menuhin Bogor lagih :))

Ehem, setelah dihitung-hitung udah sebulan berlalu sejak cerita Tiga Puluh Tiga Jam di Bogor!!!
Aduhai banget deh, pengennya tiap ke Bogor tuh meninggalkan jejak cerita seru yang bisa jadi  oleh-oleh buat blogku tercinta inih haghag. Teman-teman kuliahku kebanyakan memang menetap di Bogor atau Jakarta, jarang yang tinggal di Bandung jadi mau gak mau sih musti rajin nyamperin Si Kota Hujan #alibi

Ca Ya ngapain aja nih selama di Bogor???

Ngamen!!

HAHAHAHAHA pengen gitu yaaa sekali-sekali nyicipin jadi pengamen, cuman sayang suaraku ini gak kalah ama kaleng yang diinjek-injek onta #ahLupakan. Seperti biasa, aku berangkat dari Bandung sepulang kuliah, sekitar jam 3 sore menuju terminal Leuwipanjang. Apesnya, bis Damri unyu-unyu yang kutunggu dengan harap-harap cemas itu tak kunjung muncul #sial. Terpaksa musti jalan ampe ke tempat mangkal Damri hadeeeeeeeehhhh (-,-)

Otomatis romantis beruntungnyaaaa gak perlu nunggu lama, akhirnya Si Damri yang lucu itu langsung cabut ke terminal, nyampe jam 4 seperempat. Langsung tancap gas nyari bis Bogor-Bandung (dapat :D). Emmmm...ada yang lupa nih. Belom beli cemilaaaannn aaarrgghhh bakal laper nih!!okelah ntar aja kalo bisnya beli bensin, sekalian aja eike turun beli camilan :D


Woi ngapain aja wooi di Bogor, basa basi mulu neh!!!


Eh iya lupa :D


Nyampe Bogor tuh aku nungguin Si Kacamata dulu, cuman setengah jam kok *elus-elus perut*. Abis itu maem bareng "Duo Uncit", pasangan aneh yg sama-sama buncit #loh? haha becanda :D. Waroeng Steak jadi tempat tujuan kami hiakhiak. Ngobrol-ngobrol ngalur ngidul melepas rindu #halah sekalian poto-poto nyaahahahaha :))

Duo Uncit :D

Beginilah kalo para ababil lg ngumpul waahahahaha. Eeeehhh tapi emang asoy kalo maen bareng mereka :D. Abis makan kemana yaaaa??? Kemana hayoooo....
 
KAROEKAN WOY :D :D
Ini dia nih kegiatan penghilang stres paling ampuh tapi lumayan bikin kantong cepet kering :D. Yupp, rencananya kita berempat mau karokean di Happy Puppy (entah tulisan'a bner apa kga). Lokasinya sebelum Mall Ekalokasari. Pas nyampe sono ternyata adanya cuman jam 23.45. Jaelah,,itu sih kite molor,,bukan sing a song ahahahaha. Batlkan saja haha. Kita ganti tempat, menuju Inul Vista *eleuh* di Ekalos :D. Nyap, ada yang kosong cuy, segeralah kita buking. Ambil 2 jam sekaligus, kalo cuma sejam gak nampol cuy :D
 
Wezz, sebelum dipanggil, kite poto-poto egenlaaahhh :D. Sungguh ndesonya kami. Ah biarkan saja, udah bawaan orok :))
 
Kata temen2 aku tambah "langsing" :D

Yippiiii,,,saatnya bergoyaaang...bernyanyiiii....la la la ~,~

Duh, saking seriusnya kita tereak-tereak ampe gak poto-poto hahaha :D. Ehem, seru banget pokoknyaaa, apalagi kalo udah ngeliat Duo Uncit lagi duet, beeeuuuhhh aduhainyah ahaha, lupa lagi lagu wajib mereka apaan :D. Oh iya, salah satu lagu wajib mereka tuh lagunya Anang-Syahrini "Jangan Memilih Aku". Asoi dah, kebetulan nenk Wita "Uncit" emang pinter nyanyi jadi bagus-bagus aje suaranye, nah kalo abang Gatot "Uncit" sih pinter nyanyi sambil ngelawak :))

Kalo aku ama Si Kacamata mah jangan ditanya deh ah, paling jago bikin rusuh ama ngancurin mic saking ancurnya ni suara wkwkwkkkww. Nyang penting kan happy :) Bodo amat ama suara-suara goib kami :D

Gile yeee capek juga cuman nyanyi gajebo doank, suara udah berasa kyak abis tereak-tereak di pasar senen. Pulang langsung tepat dengan unyu'a. Ehem, kali ini aku numpang molor di rumah Wita hyaahahahaha, kesian temen-temen yg laen suka kurepotin #plak.

Eh, sebelum meninggalkan Inul Vista, nyok poto-poto (LAGI) haha

Akhirnya poto ber-4 :))


Romantisme Duo Uncit *__*

Kalo yg inih sih abstrak :D

Waktunya bobo :D

Keesokan harinya nih, aku dan Si Kacamata abstrak nyatronin pohon keramat. Disebut keramat karena ni pohon ada history-nya cuy. jangan ditanya deh apa history-nya, bikin perut mules-mules wkwkkw. Pohon keramat terletak di pinggir jalan utama deket lapangan sempur. Asoy bener dah, ngobrol sambil liat kendaraan lalu lalang. Ada yang menarik disini. Ada 2 anak kecil yang ngeliatin kita mulu. Kita aneh kali ya -,-". Dua anak kecil itu sedang asik menggambar, Si Kacamata sempet motret diem-diem tp ketauan ama bocahnya haha. Berasa kayak di pelm dah :))

Setelah puas bercengkrama di bawah poho gedeeeeee keramat, kita ke BTM, shopping cuy haha. Nyatanya cuma dapet baju sepotong doank, makan di pudcort terus nonton deh haha. Kebetulan lom nonton Final Destination 5. Jangan ditanya deh pelmnya kayak apa. Pokoknya gak jauh-jauh dari darah  muncrat, daging kepotong-potong, berasa ngeliat sapi lagi disembelih. Eh, tapi ada cerita tak terduga juga lho di bagian endingnya.

Ternyata, cerita ke-5 ini adalah cerita sebelum Final Destination 1, yang pas di pesawat tea. Jadi si tokoh utama ama ceweknya tu naek pesawat 180 tea :D terus meleduk deh. Luar biasa banget dah epeknya, ampe merinding sendiri, kebayang gak sih kalo itu terjadi pada kita #jangandibayangin
 
Shopping udah, makan belum 2 kali, nonton udah, solat juga udah #eaaa. Sekarang saatnya membeli pesanan :)). Roti unyil, BreadTalk and kabel data buat hengpong. Pokoknya gitu deh ceritanya :D

Malemnya kite janjian maem bareng sobat kita Si nenk Syeiva, biasa dipanggil nini *ampun syeeeiii jangan digebukin :D*. Kembali kita ngerumpi blablabla cuman lupa poto (LAGI). Udah gitu datenglah manusia tak terduga. Ya itu si Mr.Pejuang Cinta wakawaka, jangan tanya deh siapa. Rasanya ane pengen ngambil pentungan terus ane pentungin tu palanya, jangan tanya alesannya kenape.

Tujuan inti dari kedatanganku ke Bogor yaitu bikin serprais parti buat Si Kacamata abstrak. Cuma sedihnya nih yaaa kurang personil, maklum ultahnye pas hari Senen jadi bocah-bocah pada kerja semua besoknya :(. Tapi beruntung masih ada bala bantuan, Sugeng dan Danang si Pejuang Cinta #najong!!!!

Pokoknya kejutannya gitu deh hahah muter-muter gajebo. Nyang penting ada kueh plus lilinnya, tiup lilin, potong kue, makan deh :D. Jangan ditanya prosesnya gimana. Ribeeeeetttt hahahahha. Mudah-mudahan berkesan yah~. Cuman dudulnya aku gak ngasi kado hiakhiak parah bet yak...maklum bajetku abis coy wkwkkw...terus jujur aja nih yaaa bingung mau ngasi apeeeeeeee ekekkekekkek.


Hehe mudah-mudahan ntar bakal ada kado sok swit buat anda wahai Si Kacamata, tunggu aje dah :D


Udah ah pegel ni tangan -,-


Yuk Mariii ^^
readmore »»  

20 Okt 2011

Happy Anniversary Graduation Tekom 44


Tanggal 20 Oktober 2010....20102010 *nomer cantik*

Tepat pada hari ini, setahun yang lalu, kami, Mahasiswa Teknik Komputer angkatan 44 Program Diploma Institut Pertanian Bogor mengenakan jubah impian setiap mahasiswa. Ya..Toga. Jubah hitam ini benar-benar menjadi tanda bahwa kami semua telah LULUS dari berbagai macam hal yang berkaitan dengan "ngampus".

 Horeeee aye lulus maaaakkkk>,<

Bagiku 3 tahun itu lama, tapi saat lulus, ternyata 3 tahun itu sebentar yah~

Masih kuingat bagaimana perjuangan kami saat sebelum PKL hingga sesaat sebelum wisuda. Streskah? Yoi haha. Kalau diitung-itung, perjuangan kami untuk bisa masuk GWW (Graha Widya Wisuda) sebagai wisudawan/ti itu kurang lebih 6 bulan, 6 BULAN WOI!! sok atuh diitung sendiri :D..itu diitung dari saat PKL ampe wisuda :)...kalau keseluruhan ya 3 thn hehe


Masih ingatkah anda saat projek akhir semester menumpuk dan kita begadang berjamaah...
Masih ingatkah saat kita numplek belajar berjamaah sehari menjelang UJIAN...
Masih ingatkah kalian saat kita bersama-sama membuat film....
Masih ingatkah kalian saat kebingungan nyari-nyari tempat PKL...
Masih ingatkah saat kita tes lisan sebelum PKL (pindah2 dari ruangan 1 ke ruangan yg laen)
Masih ingatkah saat kalian sedang bimbingan bersama dosen pembimbing masing-masing...
Masih ingatkah kalian saat draft Tugas Akhir kalian dicorat coret dosen pembimbing...
Masih ingatkah kalian saat ribet-ribet nentuin jadwal seminar plus berlomba-lomba biar kartu seminarnya genap 30 :D
Masih ingatkah kalian saat akan menuju sidang *deg degan gak tuh*.....
Masih ingatkah kalian saat "dibantai" dosen pembimbing dan penguji saat sidang...
Masih ingatkah kalian saat dinyatakan "LULUS" atau "TIDAK PERLU MENGULANG" saat sidang....
Masih ingatkah kalian saat kita bisa menggenggam TA hasil perjuangan kita selama 3 tahun....

...........kalau yg ini pasti inget deh...............

Ingatkah kalian saat nama kita dibacakan di depan ratusan wisudawan/ti dengan predikatnya masing-masing di Graha Widya Wisuda (GWW) dan diiringi tepuk tangan dari ratusan wisudawan/ti *nangis cabe*

silau meeeeeeennn hahhaa....
Kita juga telah mengabadikan semua moment indah kita selama kuliah di kamera masing-masing hehe...saat membuka album lama, pasti ada rasa rindu luar biasa. Aku pribadi pun merasa sangat rindu binti kangen dengan kalian wahai sahabat-sahabatku :)
wew taon 2008 lho :D
"Teknik Komputer bukan sekedar Program Keahlian tapi Teknik Komputer adalah Keluarga..."


Okelah, kalimat itu sudah menjadi jargon bagi Tekom 44. Rupanya Mr. Adi Warsito telah sukses membuat sebuah kalimat sederhana namun bermakna, sangat bermakna bagi keluarga Tekom 44 :)



Momen apa sih yang Ca Ya suka #halah
Saat wisuda, bukan hanya kita-kita aja yg ngumpul tapi juga para orang tua :) bisa saling silaturahim, kenalan ama ortu temen-temen kita atau mungkin ada yg kenalan ama camer :)). Asik kan :D
Ah, kemaren lupa ga lempar-lempar toga hahah kayak di tipi-tipi itu lhooo :D

Aaahhh kangen juga ama Bapak Ibu dosen yang udah mau bersabar ria ngajarin kita-kita yang notabene alay-alay ini hahhahaha...kita?elo aja kali cul :p. 
Sempat banyak yang bertanya. Kamu ngerasa salah jurusan gak sih? Emmmm....kalau aku pribadi sih mungkin agak-agak salah milih jurusan x yaaa hahahaha...kalau kata salah satu dosen sih Anak Tekom rasa strawberry :)), tapi aku sama sekali TIDAK MENYESAL. Kuliah bukan cuma belajar kaliiii, kuliah juga bersosialisasi. Buktinya Tekom 44 sukses membentuk sebuah keluarga #eaaa. Susah lhooo menyatukan ratusan ababil menjadi satu :D. Sok deh tanya ama para petinggi Tekom yang suka jadi panitia acara-acara gede :D

Hayooooooo...siapa yang nyesel masuk Tekom?????
Saya tidak :D


Saking berkesannya tuh momen wisuda Tekom 44, status temen-temen hari ini juga tentang wisuda :D
Full status about Graduation :D


Ah, jadi kangen kalian nih wahai Tekom 44 T.T....kapan nih bisa kumpul bareng lagi, kapan makan bareng lagi, becanda bareng, ngakak bareng, menggila bareng aaaaawwww :))


Selama 3 tahun, ada saja konflik yang terjadi. Ada yang menangis, ada yg galau haha, ada yg selalu tertawa, ada yang selalu menyendiri, ada yang selalu bisa menghibur teman-teman dengan lawakan dahsyatnya, ada yang suka bikin rusuh haha luar biasa.


Kalian (Tekom 44) semua hebat...
Kalian semua luar biasa.....
Kalian semua cihuuuuyyyy....
Aku sayang Tekom 44...
Aku rindu kalian....


Ah, jadi lebay gini....okeh, buat tambahan, poto-poto di atas ada yang kucolong dari pesbuk teman-teman, gak papa ya temaaaaaaaann hehehehhe *pasang tampang memelas*


Hidup Mahasiswa!!!
Hidup Tekom 44!!
Hidup!!!


Yuk Mariii (~..~)7
readmore »»  

18 Okt 2011

JAVA PROGRAMMING (LATIHAN 1)

To the point aja ya hehhehhehhe.......*lagi buru-buru*

1.Buatlah program menentukan Bilangan GanjilGenap. (if dan switch)
  Input    :   inisialisasi suatu variabel.
  Output :   Angka 3 = Ganjil
                  Angka 4 = Genap
Nah, kira-kira kode programnya kayak gini. Gak tau bener ato salah hyaahahaha...seperti biasa, ketik kode programnya di JCreator, compile lalu Run...


Setelah di RUN, tampilan awalnya kyak gini

Misal, kita masukin angka 7 lalu klik OK, hasilnya kayak gini...
 
 
2.    Buatlah program untuk menentukan Nilai Akhir dan Index.
       Komponen Penilaian tugas 20%, quiz 10%, uts 30%, uas 40%.
  Input    : Inisialisasi variabel
  Output : Nilai  Tugas    : 75
                Nilai  Quiz      :  90 
                Nilai  Uts        :  80
                Nilai  Uas       :  80 
                Nilai Akhir     :  80
                Index              :  A

Nah, kode programnya kira-kira kayak gini. Ini juga dapet dari beberapa sumber, bisa dari buku, internet dll. Tinggal kamu kamu mainkan sendiri kodenya hyaahahahaha :))

import java.util.Scanner;
   
    public class nilaiakhir{
        public static void main(String[] args)
        {
            Scanner scansod = new Scanner(System.in);
   
            System.out.print("Nilai Tugas   : ");
                double nt = scansod.nextDouble();
            System.out.print("NIlai Quis    : ");
                double nq = scansod.nextDouble();
            System.out.print("Nilai UTS     : ");
                double nu = scansod.nextDouble();
            System.out.print("Nilai UAS     : ");
                double na = scansod.nextDouble();
           
                   
            System.out.println("--------------------------------------");
           
            double NK;
           
            NK=(0.2*nt)+(0.1*nq)+(0.3*nu)+(0.4*na);
           
            System.out.println("Nilai Tugas  : " +nt);
            System.out.println("Nilai Quis   : " +nq);
            System.out.println("Nilai UTS    : " +nu);
            System.out.println("Nilai UAS    : " +na);
            System.out.println("Nilai Akhir  : " +NK);
           
            if(NK>=80)
                System.out.println("Index        : A");
            else if(NK<80 && NK >=60)
                System.out.println("Index        : B");
            else if(NK<60 && NK >=40)
                System.out.println("Index        : C");
            else if(NK<40 && NK >=20)
                System.out.println("Index        : D");
            else if(NK<20)
                System.out.print("Index        : E");
        }
    }
 
 Kalau udah, coba di compile lalu RUN. Kalo ga ada error, maka tampilan awalnya kayak gini...


Nah, kamu isi aja semua nilainya, nanti bakal ada index-nya secara otomatis :D. Hmm...ini tugas Java pertamaku. Mogi-mogi bener dah hahahhah :D

Eh, kalo gak mau ribet, bisa juga langsung download file java-nya disini

Yuk Mariii :D
 
readmore »»  

11 Okt 2011

JAVA SCRIPT #3 "POP UP BOX"

Cmiw,,saatnya Java Script beraksi!!!

Kuakui, materi JS kali ini lumayan bikin cekakakan haha. Kenapa?
Soalnya.....liat aja ntar hahaha *dikejar audiens*

Sekarang, aku mau ngoceh-ngoceh gajebo soal POP UP BOX. Apaan tuh coy???
Itu tuuuhhh, kalo misal kita lagi ngetik di Ms.Word, pas kita close suka ada pemberitahuan dulu kan ya??misal "Mau disimpen apa kga ini file???". Oke pastinya bahasanya gak segaol itu :D.
Nah itu yg namanya POP UP BOX

Nah, POP UP BOXES itu ada 3 macem. Apaan aja tuh majikaaaaaaannn???
1. Alert
Ntu fungsinya buat pemberitahuan atau peringatan. Hmmm...contohnya gimana ya? *garuk-garuk kepala make linggis*. Misal kamu lagi bikin kode program, terus pas di Run tau tau ada warning "syntax error" dll dll.
2. Confirm
Ntu fungsinya ngasih pemberitahuan dengan 2 pilihan jawaban, biasanya OK and CANCEL. Misal lagi asik-asik curcol di Ms.Word, tau-tau ke-close. Nah, pasti ada pemberitahuan donk. Misal "Heh!!mau disimpen dulu gak ni file???" terus ada pilihan Mau!! dan Suka-suka gue donk!!*tentu saja ini cuma contoh*
3. Prompt
Ntu fungsinya untuk menampilkan pesan ditandai dengan adanya input yang akan ditampilkan. Misal nih yaa...kamu buka sebuah blog, tau-tau ada kotak pesan gitu, suruh ngisi buku tamu dsb blablabla gtu deh.

Daripada puyeng-puyeng menci karena kebanyakan teori, mending langsung praktek aja nyok!!
Pertama, kita buat contoh Alert dulu yaaaaaaaa *ting ting* :D
Kode programnye kayak gini...

gak terlalu panjang kok tenang aja :D


Kalau udah beres diketik, coba aja buka di browser, jadinya kayak gini

Kalau misal button "OK" di klik, maka jadi.....*JENG JENG JENG*

Nah, muncul kan tuh kotak pesan yang isinya "Ini contoh alert" :D :D


Kedua, contoh Confirm. Ehem...gak terlalu panjang kok :D

Tampilan awalnya sama seperti contoh Alert di atas. Muncul button OK, kalau di klik jadinya kayak gini...

Naaah kan, ada kotak pesan yg isinya "Yakin gak nih???". Entah yakin karena apa #abaikan. Kalau milih OK, maka akan tampil kotak pesan yg isinya "Anda milih OK!" dan kalau milih batal, maka akan tampil pesan yg isinya "Anda milih Cancel" (padahal udah jelas2 button-nya batal bukan cancel wkwk). Isi dari kotak pesan bisa kamu isi sesuka hati, coba liat aja di kode programnya :D


Ketiga, contoh Prompt. Hmmm...kita coba narsisan dikit ah :D *curiga*

 Nah, langsung aja kita liat hasilnya :D. Tampilan awal sama seperti sebelumnya. Pas kita klik button OK, maka akan muncul kotak pesan seperti ini....



Ahahaha.....*udah ketawa duluan*. Muncul kotak pesan yg berisi "Masukan nama anda". Kebetulan secara TIDAK SENGAJA, aku isi dengan "Ca Ya LUCU BANGET" #lupakansajakalaumau. Nah, kalau di klik OK, maka akan mucul....

Kyaaahahahhahha =))
Emang segitu lucunya yak wkkwkwkw #cukupsudah.
Nah, kalau misal gak mau kata Hello dan apa kabar, bisa kok diganti. Silakan liat aja di kode programnya :D
kan ada kode...
document.write("HELLO " + nama + "! Apa kabar?");
Kata HELLO atau Apa kabar? bisa kamu ganti sesuka hati kok :)


Hoaem,,,gimana?udah stres belum??kalau belum, mau dikasi yg laen nih :D
Eh, aku aja udah muntah-muntah ketimun nih :D
Semoga bermanpaat ~,,~


Yuk Mariii (",_,")b
readmore »»  

9 Okt 2011

DATA MINING #1

Setelah sebelumnya sukses mabok bersama JAVA SCRIPT dan JAVA PROGRAMMING, kini saatnya kita beralih ke alam hitung-hitungan #siapsiapsiapinobatmenci

Ets, aku gak lagi ngomongin Matematika, Kalkulus, atau Aljabar Matriks. Ketiga pelajaran tsb kebetulan emang kusuka, tapi kali ini gak jamin deh. Mata kuliah ini gak kalah abstrak dengan Bahasa Pemrograman. Yak, sebut saja dia dengan nama DATA MINING. DATA MINING!!!

Apaan tuh Data Mining???
Kata Pak Dosenku, Data Mining adalah proses mencari pola/keterkaitan di dalam database. Nah lhooo, napa jadi ngomongin database nih??? 

Oke, sebenarnya saat pertemuan pertama kuliah Data Mining, aku sama sekali GAK NGERTI tentang Teori Data Mining. Maksudnya apa sih tu???aku juga gak ngerti, yang kutangkap sih...misal, dalam sebuah supermarket, pembeli membeli 3 macam barang. Sebut saja susu, teh, gula. Nah, bisa saja pembeli lainnya hanya membeli susu dan teh, atau teh dan gula atau tiga-tiganya.

Nah, si Data Mining yang terhormat ini bertugas untuk mencari pola. Kayaknya emang males banget kalo cuma berteori saja. mending juga kita langsung to the point azza :D

Bab pertama yang bakal kita obrak abrik yaitu ttg Teknik Data Mining.
Ada yang disebut Analisis Asosiasi, yaitu teknik data mining untuk menemukan aturan asosiatif antara kombinasi item #pingsan. Contohnya gini deh: misal di sebuah supermarket ingin mengetahui seberapa besar kemungkinan pembeli membeli susu dan teh secara bersamaan #cukup

So, penting gaknya aturan asosiatif bisa ditentukan oleh 2 parameter, yaitu Support (nilai penunjang) dan Confidence (nilai kepastian) #muntahbusa


Mending langsung aje kita masuk ke dunia RUMUS. Cekibuuummmm!!!

Tahapan Metodologi Analisis Asosiasi
1. Identifikasi item ke dalam tabel
2. Menentukan Pola Frekuensi Tinggi (nilai support)
    RUMUS:   support(A) = Jumlah transaksi mengandung A / Total transaksi
3. Menentukan Aturan Asosiasi
    RUMUS:   
    confidence(A,B) = Jumlah transaksi mengandung A & B / Jumlah transaksi mengandung A 
4. Membuat Aturan Final
    RUMUS :   Nilai support X Nilai confidence

Nah, cukup 4 langkah aje yeeee buat ngerjain soalnyeee hyeehehehehe.....Oke, kita masuk ke contoh soal :D
Ada soal berupa data dalam tabel seperti di bawah ini :

Nah, ini ceritanya ada 10 transaksi pembelian bahan makanan. Syaratnya :
Minimal Support = 2
Minimal Confidence = 60%
Cari deh tu Aturan Asosiasinya :D
Cara jawabnye gimane??? Yuk, kita telusuriiiii :D
JAWAB :
Kita jawabnya pake 4 langkah tadi :D

1. Identifikasi Item ke dalam Tabel


Tabel 1
Maksudnya apaan nih coooyyyy????
Oke, kita tetep bikin 10 transaksi, tapi kita jabarin lagi noh item-item yang ada di soal tadi. Hayoooo ada berapa item di soal tadiiiii???
Yak, ada 5 item!! Ada susu, teh, gula, roti dan kopi. Masukin dah tu ke dalem tabel, jadilah kayak tabel di atas.
Nah terus yg di checklist itu apa ya?
Ya itu kita liat aja di soal. Pada transaksi 1, ada item apa aja coba??? ada susu, teh, gula. Ya udah deh tinggal di checklist doank. Begitu seterusnya ampe transaksi 10 ^_____^. Nah, kalau udah jangan lupa dijumlahin dah tu tiap kolomnya :D
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
2 ITEM
Tabel 2 
Maksudnya apa sih tu tabel???abstrak banget >,<
Oke, sabar donk. Jadi gini. Tadi kan udah kita jabarin di Tabel 1 bahwa ada 5 item yaitu  susu, teh, gula, roti dan kopi. Nah, dari 5 item itu kita kombinasikan atau gampangnya kita bikin kemungkinannya, tapi jumlahnya 2 item aja. Hasilnya seperti Tabel 2 diatas. 

Terus, kok itu susu,teh ada 1...susu,gula ada 4 dst...???? 
1. Liat Tabel 1
2. Coba cari yang kombinasi susu,teh dari 10 transaksi...ada berapa??? 1 kan??? begitu seterusnya.

Terus, kok itu tulisannya ada yg dimerahin kenapaaa????
Nah, tadi kan di soal ada syarat Minimal Support = 2, berati kombinasi yg kita ambil hanya yang nilainya lebih dari atau sama dengan 2, ya yg tulisannya merah itu :D, yg lain....abaikan!!
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
3 ITEM
Tabel 3 
Sebelumnya kan kita bikin kombinasi tapi hanya 2 item. Sekarang kita buat kombinasi 3 item.
1. Liat Tabel 1
2. Cari aja di tiap transaksi yang checklist-nya ada 3. Nah, itu yang diambil *gampangnya sih gitu*
3. jangan lupa dijumlahin :D *sama kayak yang 2 item tadi*
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
2. Menentukan Pola Frekuensi Tinggi

2 ITEM
Tabel 4

1. Liat Tabel 2
2. Kumpulin data yang tulisannya warna merah dalam 1 tabel. Jadilah Tabel 4
3. Liat rumus support (A) di atas :D
4. susu, gula-----------4/10 = 40%   ............ dapet darimana tuh??
(4 didapat dari jumlah kombinasi 'susu,gula' di Tabel 2 dan 10 didapat dari jumlah transaksi lalu dikali 100%). Begitu seterusnya ^____^
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
3 ITEM

Tabel 5

1. Liat Tabel 3
2. Simpen data yang tulisannya berwarna merah (Min.Support=2) ke dalam 1 tabel. Jadilah Tabel 5
3. Perhitungan sama seperti pada kombinasi 2 ITEM sebelumnya.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
3. Menentukan Aturan Asosiasi

2 ITEM
 Tabel 6

1. Lihat Tabel 2
2. Satu (1) Kombinasi terdiri dari 2 Aturan. Pada Tabel 2 terdiri dari 6 Kombinasi (yg Min.Supp=2), otomatis ada 12 Aturan. 
Contoh: Pada Tabel 2, kombinasi 1 yaitu 'susu,gula', maka kita buat kalimat menjadi 'Jika membeli susu maka membeli gula'. Aturan ke-2 tinggal dibalik saja menjadi 'Jika membeli gula maka membeli susu '. Begitu seterusnya.
3. Lihat Rumus Confidence sebelumnya.
4. Jika membeli susu maka membeli gula-------------------4/6 = 67%...............dapet darimane tuh???
(4 didapat dari jumlah kombinasi 'susu,gula' pada Tabel 2 dan 6 didapat dari jumlah transaksi pembelian susu pada Tabel 1 lalu dikali 100%)
5. Jika membeli gula maka membeli susu-------------------4/8 = 50%.........kok bisa gitu?????
(4 tetap didapat dari jumlah kombinasi 'susu,gula' pada Tabel 2 sedangkan 8 didapat dari jumlah transaksi gula pada Tabel 1 lalu dikali 100% ) #muntahkambing
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
3 ITEM
Tabel 7

1. Karena ini 3 ITEM, jadi 1 Kombinasi terdiri dari 3 Aturan. Lihat Tabel 3
2. Pada Tabel 3, ada 'gula,kopi,susu' yg memenuhi syarat Min.Supp=2, jadi kalimat 'Jika membeli gula+kopi maka membeli susu'. Begitu seterusnya *kombinasikan saja*
3. Jika membeli gula+kopi maka membeli susu-----------2/3 = 67%.......pegimane caranya tuh???
(2 didapat dari jumlah kombinasi 'gula,kopi,susu' yg sudah memenuhi syarat Min.Supp=2 pada Tabel 3 dan 3 didapat dari jumlah kombinasi gula+kopi pada Tabel 2 lalu dikali 100% ).
4. Gitu aja terus :D
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
4. Aturan Final
Tabel 8

1. Lihat Tabel 6 dan Tabel 7
2. Pada soal, ada syarat Minimal Confidence = 60%, jadi ambil data aturan yang nilainya lebih atau sama dengan 60% (yg tulisannya dimerahin :D). Masukan dalam tabel. Jadilah Tabel 8
3. Jika membeli susu maka membeli gula-------40% X 67% = 26,8%....kok gitu???
4. Tadi kan udah dikasi rumus untuk membuat Aturan Final, yaitu Nilai Support X Nilai Confidence
5. Tinggal dikaliin aja Nilai Support pada Tabel 4 (2 ITEM) dan Tabel 5 (3 ITEM) sama Nilai Confidence pada Tabel 6 (2 ITEM) dan Tabel 7 (3 ITEM) lalu dibagi 100%.
6. SELESAI!!!!
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Oke deh,,,yakin sejuta persen kalo yg baca ini pasti udah pada mabok bawang deh. Sama,,,aku juga MABOK cabe neh >,<. Kebayang gak seeeehhh kalo ujian gimanaaaaaaa....ini aja ngerjain 1 soal butuh sejam lebiiiiiiiihhhh coooooyyyy......*banting2 buku*

Oke deh, daripada ntar ada yg kena epilepsi akut dadakan, mending udahin dulu deh yak ngetiknyeee...

Yuk Mariii (>,<)/
readmore »»  

6 Okt 2011

Antara Aku, Mereka, Rorongkong and Tatangkalan

Iyaaa iyaaa ntar aja deh kalo mau nanya apa itu rorongkong???apa itu tatangkalan??? #esmosi
Okey,,,judulnya emang lumayan abstrak, lebih abstrak ketimbang si empunya Ca Ya #tetep

Jadi gini..alkisah ada 1 makhluk autis kece yg mau berkunjung ke kediaman Nn.Ca Ya, sebut saja dia Debora. Baiklah, kediaman yg kumaksud adalah kosan. Makhluk kece yg kumaksud adalah teman semasa SMA yg ternyata bisa bareng terus ampe kuliah (bareng ngkosnya cuy!). Kami emang janjian mau maen and ceritanya pengen shopping *maklum baru gajian*.

Rencana sedikit meleset, karena ada 1 makhluk autis kece lainnya yg pengen maen juga bareng kita, para ladies kece ini, sebut saja Racun. Akhirnya kami bertiga janjian di Gd.Sate. Sempet mikir juga kenapa disebut Gd.Sate???di dalam gedung gak ada yg jualan sate tuh! di sekitar gedung juga gak ada penjual sate, bahkan gedungnya juga gak berbentuk sate! #lupakan

Uuuhhh,,sempet ribet juga karena ternyata di sekitar Gd.Sate lagi ada acara pameran sepeda ontel, tapi kalau diliat-liat, sepedanya bukan ontel tuh. Wah, rame banget pokoknya. Udah gitu ada 2 panggung gede, panggung 1 bergoyang dangdut, panggung 1 lagi goyang pop #haduuuhhhh. Ni kuping jadi budek mendadak.

Sip, 3 makhluk kece udah ngumpul dan rencana pertama ke toko buku. Kata si Racun sih toko bukunya deket. Maksudnya kalau naek angkot terlalu deket, jalan kaki lumayan. EH, ternyata jauh ampe gak nyampe2 -___-". Di tengah perjalanan, kita ngelewatin Museum Geologi. Tanpa basa-basi babibu, kita langsung masuk *soalnya gratis*. Pastinya sebelum masuk, kita jeprat jepret dulu #ndeso
keliatan banget deh ndesonya -___-"

Oke guys!! saatnya membahas tentang 'rorongkong'. What's the meaning is rorongkong???? rorongkong is tulang. TULANG. oke cukup. Jadi tu, di dalem museum, ada fosil2 manusia purba sekelas Homo Sapiens atau Homo Javanicus Ketas ketus hehehe...selain itu ada juga replika fosil Dinosaurus. Bah, gede kali itu mak!! jadi itulah maksud dari rorongkong. Basa apa pulak itu???haha
nyegat bocah ingusan buat motoin kita :D

Terus teruuuuusss, ini nih yg namanya tatangkalan...POHON cuy!! haha...kita sempet-sempetin maen ke UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) setelah mampir ke toko buku yg katanya DEKET. Fiuh, akhirnya aku bisa maen kesana juga haha. Kesan pertama tentang UPI, wow wow wow tok tok wow hihi. Kereeennnn banget gedung-gedungnyah cuuuyy!!..eits, gak bakal lupa deh soal popotoan mah. Berasa kyak di luar negeri dah :D. Nah, di UPI tuh banyak pepohonan yg kami sebut tatangkalan hiakhiak.
noh,,di belakangnya kan tatangkalan :D

Saking asiknya popotoan, ampe lupa ntu bangunan apa ya :D, gedung fakultas apa ya? haha....woteperlah :D

Cmiw...pas di UPI, nambah lagi nih 1 makhluk yang paling waras diantara kami yang notabene selalu merasa kece. Yak, dialah teman kami, sahabat kami, Nova. Beuh, sekali liat pasti langsung bisa menilai bagaimana pribadi dari seorang Nova hehe. Pokonya yang gaya dan pakaiannya paling santun dan asoi. Tetep donk ikut poto2 haikhaik :))
Nah,,keliatan kan mana yg paling waras :D

Perjalanan singkat ini cukup deh buat relaksasi sejenak setelah seminggu PUOOLLLL berkutat dengan hal-hal mistik di dunia kerja dan perkuliahan. Selama 6 hari mencoba bersikap sewaras mungkin. Khusus buat malam minggu and hari Minggu, kata waras disimpan dulu jauh2 di dalem tanah, giliran kata kece, imut, dan kata-kata sinting lainnya yang kukeluarkan dari gudang 4 dimensinya doraemon hiakhiak :))


Harapanku,,,mogi-mogi ntar bisa menggila bareng sobat2 grup Keblenger and sobat KCCI. AMIN.


Yuk Mariii (`___`)b

readmore »»