28 Jan 2012

The Power of Internet

Kapan ya pertama kali aku kenal internet?

Jawabannya sudah lama, tapi baru akhir-akhir ini bisa memultifungsikan internet untuk beberapa hal.

Kugunakan internet untuk mencari informasi seputar tugas-tugas sekolah (sekarang kuliah).
Kugunakan internet untuk mencari teman baru di situs jejaring sosial dan sejujurnya ingin ikut-ikutan gaul heu. 
Kugunakan internet untuk menyalurkan hobi terpendamku. Oke, bukan bakat terpendam hihi.

Hobiku menulis. Kalau mau menulis, ya tinggal ambil buku dan pensil, lalu mulailah menulis. Selesai. Setelah itu, mau diapakan tulisannya? disimpan sampai rayap kenyang memakan buku-bukuku? atau mau disimpan hingga aku menyesal suatu hari nanti karena tidak sempat mencoba untuk "memperlihatkan" karyamu pada banyak orang? 

Dalam hal ini, aku butuh internet. Kenapa? kalau suka nulis, buat saja buku lalu kirim ke penerbit dan jadilah karyamu dikenal banyak orang. 

Kalau kasusnya semudah itu, gak bakal ada penulis yang nanggis karena karyanya ditolak penerbit hehe. Atau  gak bakal ada kasus penulis Indonesia yang karyanya ditolak berkali-kali di penerbit lokal dan malah karyanya diterima di penerbit luar. Hebat. WoW.

Bagi yang suka menulis dan masih pemula seperti aku, butuh banget media yang dapat digunakan sebagai tempat belajar, tempat mengasah kemampuan, tempat menambah jam terbang, tempat dapat cercaan, tempat dapat kritikan dan juga saran. Makanya, aku butuh internet.

Semua keinginan dan mimpiku itu telah membuat blog ini lahir. Blog Ca Ya ini lahir pada bulan Maret tahun 2010 dan memang baru sangat aktif pada awal tahun 2011 karena tuntutan pendidikan yang tidak bisa diganggu gugat.

Tanpa internet, blog-ku tak akan lahir. Tanpa internet, mungkin buku-bukuku sudah dimakan rayap dan isinya pun lupa, tanpa sempat kutulis ulang.

Blog ini adalah awal dari segalanya. Blog ini juga telah membuat akun Facebook-ku menjadi multifungsi. Kini, aku bisa belajar banyak dan gratis dari Facebook. Aku bisa belajar nge-blog, belajar nulis, tahu seluk beluk tentang menulis, bisa menambah jam terbang dengan ikut beberapa projek nulis dan iseng ikutan lomba, dan pastinya sekalian eksis :D

Eksis dengan tujuan baik, kan lebih menyenangkan, ketimbang hanya ingin eksis tanpa tujuan apa-apa. Yah, beginilah caraku buat sedikit agak eksis.

setelah berada di grup ini, maka kalian akan merasakan sensasi keblenger :D

Kancut Keblenger. Cukup unik untuk sebuah nama grup. Ini adalah grup blogger asuhan jeng @irvinalioni yang senantiasa memberikan asupan ilmu hitam dan putih seputar blog haha. Blog ini selalu ramai setiap harinya. Setiap anggota yang pastinya seorang blogger, memiliki kemampuan dan ciri khasnya masing-masing. Ada yang pintar gambar, pintar membuat cerpen, puisi, cerbung, cerlu (cerita lucu), pintar ngegombal, galau, stres dll. Banyak juga blogger-blogger anggota Kancut yang pernah memenangi beberapa kompetisi bergengsi. So, jelas sekali kalau banyak blogger-blogger hebat disini, termasuk empunya hihi.

kuliah onlen ceritanya :D

Indonesian Writers University (IWU). Sebuah lembaga pendidikan non-formal yang diprakarsai oleh Sensei Suyatna Pamungkas. Emm...beliau ini seorang penulis, gak usah aku hitung lagi berapa ratus karya yang sudah beliau tulis. Kebetulan, aku salah satu mahasiswanya haha. Belajar membuat tulisan berkualitas dengan cara gra-tis. Maunya haha. Dan di sinilah para penulis pemula juga berkumpul untuk berlomba-lomba mengasah kemampuan. Asik!! sekalian eksis juga yoooo. Grup ini tak akan hidup tanpa internet.

jadi salah satu Official-nya. Keajaiban

Official of Indonesian Writers University, tempat dimana para official kampus berkumpul, mendiskusikan segala sesuatu demi kemajuan kampus online kita tercinta, berdiskusi seputar mennulis juga biar lebih akrab hehe. Aku pun dipercaya oleh empunya kampus untuk jadi salah satu makhluk Official kampus. Entah kenapa hal ini bisa terjadi. Pastinya, butuh internet juga untuk kami agar bisa berkomunikasi.

berlomba-lomba membuat cerpen di sini

Antologi Cerpen IWU. Ini adalah grup Antologi yang masih di bawah naungan Indonesian Writers University (IWU). Dan aku ditunjuk langsung sebagai penanggung jawab grup ini. Dan kemarin, baru saja aku menjalankan projek Antologi cerpen bertema "HIV/AIDS" di mana semua anggota yang telah terdaftar, ditantang untuk membuat cerpen dengan tema tersebut dan sekarang sudah di proses di salah satu penerbit indie dan tinggal menunggu hasilnya saja hehe. Doakan semoga sukses ya :) sembari ngeksis di dunia tulis-menulis. Semua ini tak akan terwujud tanpa internet.


blog IWU yoooo

Dan taraaaaaaaa...belum lengkap memang kalau IWU belum punya blog! eits, sekarang ada lhoo. Blog kece ini beralamat di http://kampusiwu.blogspot.com. Mampir ya^^. Gak mungkin ada blog ini kalau gak ada internet. ya gak :D

eksis terselubung :DD

Wahahaha, apalagikah itu??

Tiga grup di atas telah sukses membuatku membongkar-bongkar lagi tulisan-tulisan lamaku dan siap diselipin di antara karya-karya bagus lainnya di grup tersebut. Alhamdulillah sekali, dua di antara tiga grup tersebut sudah membuat karyaku nyempil di buku Antologi hihi. Eksis terselubung.
Spesifikasi kegunaan internet untukku ya seperti itu hihi. Berputar-putar antara blog dan sesi cerpen yang siap dikirim ke event-event hihi. Begitulah caraku eksis di dunia maya dengan memanfaatkan internet. banyak sekali cara untuk meraih ke-eksis-an dengan internet. Beginilah caraku, bagaimana denganmu?

Yuk Mariii ~..~



8 komentar:

  1. ooww,, baru tau kalo ada Indonesia Writers University. bisa Kuliah online nih. boljug :D
    kalo gitu, yuk lihat bagaimana caraku eksis dengan internet dimari:D

    BalasHapus
  2. @Kurnia: wehehehheh iya mayan kan :D

    BalasHapus
  3. baru tau ada lembaga IWU :D

    btw foto wksisnya lucu :p

    BalasHapus
  4. grup yang diikuti banyak dan berkualitas semua ya. btw moga menang yah :D

    BalasHapus
  5. @Nasihin: heheh iya,,belum lama terbentuk kok :D

    @jengPina: AMIN,,,makasi ya jeng :DD

    BalasHapus
  6. Mantap tulisannya...sukses buat semuanya
    Salam Kenal One SM

    http://iwansmtri.blogspot.com/2012/01/eksis-dengan-internet-untuk.html

    BalasHapus
  7. artikelnya lucu hihi.. setiap mau berhenti ke tanda titik pasti ada ketawanya hehe. jadi lucu sendiri deh hihi..
    :D
    salam kenal,

    BalasHapus
  8. @Iwan: wehehhehe makasiiii :D

    @Rifal: hihhi iya ya *baru nyadar* hihihi eaaa :D
    salam knal jg :)

    BalasHapus

was wes wos...^^