31 Okt 2012

Para Pembawa Ceria

Hampir kepeleset ngetik judul Para Pencari Tuhan (PPT) haha. Kalau yang ini mah PPC. Tapi bukan Para Pencari Cinta lho, ya *tsaaaahh*. Para Pembawa Ceria. Kusebut begitu karena memang orang-orang yang bakal kusebut ini adalah orang-orang yang selalu saja membuatku lupa akan hingar bingar dunia yang bagaikan panggung sandiwara *halah* dan selalu membawa si ceria kemanapun mereka hinggap.

FYI, selama 3 tahun, aku hidup bersama dengan sahabat-sahabat tercinta di Bogor. Setelah pindah domisili, jadi pisah deh sama mereka hiks. Cerita tentang mereka pernah kutulis DI SINI. Harapanku, setelah pindah ke Bandung, bakal nemu lagi makhluk-makhluk ajaib seperti mereka. Nyatanya, aku harus hidup di 3 alam. Alam Kantor, Alam Kampus, dan Alam Kosan. Ya kalau rumah masuknya habitat deh wkwkkwkkw.

Bisa dibilang sih, aku tipe orang yang susah beud nyari temen yang cucok. Tapi Alhamdulillah sol sepatu, di sini nemu juga makhluk-makhluk ajaib yang bisa dibilang cucok cyiiiiiinn haha :D. Kategori cucok menurut Ca Ya tuh yang....bisa diajak menggila bareng, ngerjain tugas bareng, bahu membahu kalau ada tugas kelompok *ini penting* dan tentunya bisa bikin eike merasa aman, nyaman, tentram, damai, dan sejahtera hoho :))

Et dah daritadi ngoceh mulu, ini dia penampakan mereka. Ijin nyomot potonya belakangan aja hahaha :))

1. Alam Kampus



Eka Aprilia si Miss Purworejo. Hahaha pengen ketawa tiap liat poto ini. Nona satu ini emang yang paling cucok ama eike. Biasa aku paggil eceu hewhew. Kita sering banget banget jalan-jalan gaje berdua. Nonton bareng Eka, Makan bareng Eka, Nginep di kosan Eka, berangkat kuliah bareng Eka, telat kuliah juga bareng Eka ekekekeke. Kadang aku suka ketawa ngikik sendiri kalau denger cerita-cerita seputar lope-lopenya ntu. Banyak hal yang bisa kita omongin kalau lagi barengan. Sahabat baruku yang satu ini suka banget minum kacang ijo kotakan :D. Gegara pernah nyobain, eh jadi ketagihan =,=. Biar kata eceu Eka tuh cewek tapi kalo naek motor bikin spot jantung hahhahah.


Riky dan Ari. Dua sejoli ini udah kayak anak kembar tak terpisahkan. Kemana-mana bareng mulu. Saking sering barengnya, kalau ngeliat mereka lagi gak bareng, pasti kutanya, "eh kembarannya mana?". Kalau misal salah satu disumputin gimana, ya? *mikir*. Kenal sama mereka sebenernya kebetulan doank. Waktu itu ada tugas kelompok Komputer dan Masyarakat dan kebetulan aku dan mereka ibarat anggota sisa haha. Ya sejak saat itu aja jadi suka bareng kalau ada tugas kelompok. Mereka ini cowok-cowok kalem, diem, adem, ayem, senyap hahaha. Malah kayaknya eike yg bawel. Ada pepatah bilang Dunia tanpa cewek cerewet itu hampa. Entah ini pepatah nyolong darimana. betewe, itu potonya juga gak tau kenapa ada Sule, Aziz ama Andre =,=


Widiiihhh bergerombol. Yang biasa suka kemaning-maning bareng tuh ada Aang, Anggia, Adit, Rudi, Zamal ama Nurul. Kayaknya Nurul yang moto heu and si zamal ga ada di situ, mungkin nyumput. Biasa aku nyebut mereka genk Unpad haha, termasuk Riky ama Ari juga. Mereka alumni D3 Unpad. Biasanya sih aku ama eceu Eka suka nimbrung gitu ama mereka, apalagi kalau ada tugas *teteup*. Dan pertama kali gabung aja, pulang-pulang sakit perut kebanyakan ketawa :)). 

Aang dan Anggia pun udah kayak kembar tak terpisahkan. Kadang malah suka lupa mana Aang mana Anggia. bayangkan, kamar depan-depanan, kemana-mana bareng, sekelas mulu (kayaknya) dan ah sudahlah hahha. Bersama mereka memang bakal selalu ceria tapi ada juga momen di mana mereka terlihat sangat tidak ceria seperti biasa. Ya ibaratnya, mau seceria apapun seseorang, kalau lagi kepengen diem ya diem aje hyehehehe.

Bagi eike yang haus akan keceriaan *pret*, teman-teman seperti mereka ini yang sangat amat dibutuhkan. Ya emang siii ga ketemu tiap hari kayak dulu pas di Bogor tapi mayanlah daripada manyun. Tapi sekalinya ngumpul, beuh gewla :3 

Kalo kata Afiqa mah "You are my everything..." *gaya imut* aku ganti 'They' deh karena banyakan hihihihihi.

2. Alam Kosan
Yaaaaahh bisa dibilang, kosan cuma tempat buat numpang bobo dan tempat nyimpen barang heu. Seharian beraktifitas di kantor dan kampus, nyampe kosan udah malem. Walaupun begindang, tetep aja ada 2 makhluk nyangkut di genteng di hatiku *hadeeeeeeehhh*. Penghuni kosan emang mayan banyak tapi yang paling sering berinteraksi dan ngobrol ngalor ngidul gaje bareng eike cuma 2 makhluk di bawah ini:

Widia. Bisa dibilang sih temen kosan pertama heu. Biasa kupanggil Widiiiiii. Cewek cantik ini juga kuliah di kampus yang sama cuma beda jurusan. Kalau diliat dan diterawang sih, dia demen banget di poto, udah ga bisa diitung pake jari lagi deh poto-potonye ade berape *kaya gue gak aja haha*. Masalahnya jumlah jari cuman ada 20 (ditambah jari kaki) dan mustihal kalau poto seorang cewek narsis ntu cuma 20, 20 GB sih iya wakakakka. 


Nita. Udah biasa manggil Nite. Tadinya sih gak sekosan, cuman akhirnya dia poling in lop ama kosan inih haha, jadilah akika, Widi ama Nite jadi Trio kwok kwok kalau di kosan. Emang siii eike jarang ngobrol tapi kalau sekalinya udah nimbrung bertiga, rumpian emak-emak tetangga sebelah bakal kalah deh ama rumpian kite hyehehehhe. Nite ini juga sekampus dan sejurusan cuma beda alam :D eike alam karyawan dan Nite alam reguler. jadi ibarat manusia ama kalong. Nite berkeliaran di kampus siang hari dan eike malem hari, kaya kalong kan tuh xixixix.

3. Alam Kantor

Aam. Biasa kupanggil ooooooooooooommmmmm. Nah gitu :D Bisa dibilang dia ini partner satu-satunya nyang setiee. Langka lho, cuman ada 1 di dunia *beuh*. Cuma nyeseknye, ni orang paling kaga mau rugi terus kerjaannye cengar cengir mulu, serem gue. Biar kate eike ngomel-ngomel nih, dia mah nyengir wae hahahaha teuing ah. Bisa dibilang juga, dia ini yang paling dibutuhin di kantor. Ya gitu deh pokoknya. Eike mah cuma bumbu pelengkap aja, kayak Ajin*motolah gitu. Kebetulan si oom ni lagi sakit, udah 3 hari kaga masuk kerja. Banyak noh yg kangen, kangen minta duit maksudnya. Cepet sembuh ye oom, sepi nih, kaga ada yg bisa gue gangguin ama tempat buat minta permen :|

burung cuit cuit aja dikerubungin :))

Ya begitulah kehidupanku di dunia nyata. Amat sangat absurd tapi menyenangkan kok, seengaknya eike masih bisa cekikikan gaje hyehehehe. Dari Senin sampai Sabtu, ketiga alam di ataslah yang jadi teman setia dalam suka, duka, canda, tawa, hehe dan hoho. Banyak banget hal-hal lucu dan sedih juga siii yang udah terjadi. Namanya juga hidup, kan panggung sandiwara haha.

Nah kalau di habitat aka di rumah, berkumpul bersama ke-lu-ar-ga :D :D :D

my family :*

Temen-temen IPB
miss u all :* :*


Yuk Mariii ~..~
readmore »»  

30 Okt 2012

Problema Haid

::POSTINGAN INI KHUSUS WANITA::


emmm...sapa aja juga boleh deh :D


*kangen berat ama blog CaYa huhu*

Kenapa postingan kali ini khusus untuk para wanita di luar sana? iya, karena aku lagi mau ngomongin soal "Nyeri Haid". Kecuali kalau ada cowok yang haid juga, boleh deh baca haha. Sebenernya lebih ke pengen diskusi soal nyeri haid yang biasa dialami oleh cewek-cewek yang mau,sedang,atau bahkan setelah haid. Nah, bagi-bagi pengalaman aja hehe...

Gak usah diomongin lagi kali, ya, pengertian haid/menstruasi tuh apa heu :3

Aku mulai haid atau bahasa kerennya menstruasi tuh pas kelas 3 SMP, mungkin agak-agak telat sii hehehheh tapi daripada gak sama sekali hoho. Menurut buku Biologi yang kubaca (dulu), menstruasi normalnya terjadi setiap 28 hari sekali (ya sebulan sekali deh). Kenyataannya, aku....

1. Kadang tepat waktu sih, sebulan sekali gitu
2. Kadang malah dapat haid setelah telat 2 bulan. Ini serem banget, tapi berhubung aku mah cuek bebek jadi ya nyante2 aje hyeheheh...tapi akhirnya tetep haid kok^.^
3. Telat lebih dari 2 bulan itu terjadi gak cuma sekali. Apa ini gak normal, ya?

Penyebabnya sih kalau aku biasanya...:
1. Stres atau banyak pikiran. Ini biasanya mikirin tugas kuliah yg sungguh menumpuk atau kerjaan yang gak selesai-selesai.
2. Pola makan tak teratur.
3. Terlalu capek dan kurang istirahat/kurang tidur

Dan yang lebih menyusahkan itu adalah Nyeri pada saat Haid. Iya, ini nyusahin banget banget. Apalagi aktifitas full time dari pagi sampai sore kecuali Minggu, terus harus diganggu dengan sakit perut yang amat dahsyat ini =,=

Nyeri haid pada umumnya adalah hal lumrah/normal gitu. Zat yang disebut prostaglandin adalah penyebab utamanya. Zat ini diproduksi oleh tubuh dan ditemukan dalam lapisan rahim. Ketika proses haid dimulai, zat ini merangsang kontraksi untuk melepaskan lapisan rahim, sehingga menyebabkan kram. 

Selama haid, sakit perut selalu terjadi pada saat haid hari pertama dan itu luar binasa. Terkadang juga sebelum haid tapi tidak terlalu sakit. Pernah saking sakitnya, aku cuma bisa tiduran doank, tapi gak sampe pingsan kok. Bahkan saat menulis artikel ini juga sedang nyeri haid dan kemarin itu adalah puncaknya nyeri perut yang LUAR BINASA. Bayangkan, lagi kerja tapi sama sekali gak fokus, alhasil cuma bisa meringkuk di kursi tanpa bisa apa-apa, mau pulang lagi juga malas. Lamanya nyeri itu antara 1-2 hari. Demi Shinichi yang gantengnya gak abis-abis, itu 1 hari yang menjemukkan. 

ini sakit perut apa emang mw pose yak???

Cara mengatasi nyeri haid (masih ala Ca Ya). Ini berarti entah bisa mempan sama orang lain atau tidak.

1. Dulu sih perutnya suka diusap-usap pakai minyak kayu putih. Berhubung gak mempan, jadi sekarang diusap pakai salonpas cair (lebih panas bo'). Salonpas cair lho ya, bukan yang tempel. Kalau untukku, itu lumayan mempan.
2. Posisi tidur meringkuk (perut ditekan). Nah itu buatku juga lumayan mempan.
3. Pernah siiih minum Kir*nti tapi gak lagi ah (gak suka minuman rasa jamu heu)
4. Minum obat penghilang rasa sakit (jarang banget banget)

Tips tambahan:
5. Perutnya dikompres pake botol yang isinya air hangat
6. Minum teh hangat atau mandi pakai air hangat. Serba hangat deh :D

Tips tambahan dari Bang Kepen (Claude C Kenni)
7. Minum jamu tradisional atau obat2an herbal China yg membantu memperlancar haid (memperlancar kerja hormon). Kiranti juga termasuk. Kalo lu rajin minumnya (biasanya mulai minum kira2 1-2 hari menjelang datang bulan, minum sampe 2-3 hari pertama haid), setelah 2-3 bulan, insya Allah haid lu bakal lancar untuk ke depan2nya. 

8. Cobain terapi lintah atau tusuk jarum. Kalo yg ini gua tau banget soalnya di rumah gua ada klinik terapi lintah dan banyak pasiennya yg udah sembuh.

9. Jadi ada satu titik di kaki yg menurut ilmu Akupunktur, apabila peredaran darahnya lancar, akan membuat haid lu lancar. Tentunya ga bisa sekali langsung sembuh, tapi kalo lu rajin dipijet seminggu-dua minggu sekali selama 2-3 bulan, dijamin bakal sembuh tuh. Lu harus search di internet peta akupunktur, titiknya tuh ada di sekitar mata kaki, ke atas dikit. Susah jelasin pake tulisan, harus gua tunjukin langsung (tapi karena gua lagi di China, jadi ga bisa) Nah lu harus rajin2 tuh pencet titiknya, pake balsem, digosok2 pake tulang jari tangan. Yg ini, gua nyobain sendiri ke pacar gua dan setelah 2 bulan, haidnya lancar bak Sungai Yangtse, ahahahaha... Dan yg paling penting...kalo PMS, sakitnya normal, ga sampe ga bisa jalan dll. Sampe sekarang, meskipun udah putus sama gua, tapi dia masih rajin mijet kakinya dan dia bilang, haidnya udah ga pernah ngaco sekarang *curhat*


Nah, kalau misalnya teman-teman merasakan sesuatu yang tak normal seperti...:
1. Nyeri haid yang sampai menyebabkan pingsan
2. Siklus haid yang tak normal (seperti diriku)
3. Darah yang keluar berlebihan atau jangka waktu haid diluar batas normal (normalnya 5-7 hari)
4. Atau bahkan tidak haid sama sekali (Di luar alasan karena hamil)

Sebaiknya sih, konsultasi saja ke dokter, takutnya terjadi apa-apa, namanya juga mengantisisapi. Mencegak daripada mengobati. Tapi nyatanya aku aja belum pernah konsul ke dokter seputar siklus haid yang kadang tak normal =,=

Masalahnya, nyeri haid itu juga bisa menyebabkan penyakit yang namanya Endometriosis. Endometriosis merupakan suatu keadaan di mana endometrium (selaput yang melapisi bagian dalam rahim/uterus) yang terdapat di luar rongga rahim. Selain itu gejalanya terkadang disertai mual, muntah, sakit kepala, serta nyeri hebat di bagian bawah perut. Biasanya muncul 1-2 hari sebelum haid dan bisa bertahan selama 2-3 hari selama haid. Ini serem abis. Penyakit ini bisa merusak alat-alat reproduksi yang dapat menyebabkan sulitnya hamil lho kawaaand :((

Nah, ceritanya aku pengen konsul ke dokter, sekedar ingin tahu dan minta solusi, tapi ke dokter umum bisa gak ya haha. Yang kubaca tuh konsulnya ke dokter kandungan hadeh, kok ya ga enak rasanya wkwkkwkw. Mudah-mudahan saja nyeri haid yang kita-kita rasakan ini normal-normal saja. Intinya adalah pola hidup sehat (^____^)/



Yuk Mariii :*



sumber gambar dan referensi:
readmore »»  

18 Okt 2012

Tawuran Sehat Aja Deh!

Mudah-mudahan blog ini gak jadi sarang bala-bala yah :*

Akhir-akhir ini, banyak banget fenomena alam lapisan masyarakat yang sedang terjadi, salah satunya tentang Tawuran antar pelajar. Ya ampun, masih ada aja, ya yang tawuran? Sampai sekarang pun, aku ndak ngerti alasan para siswa (biasanya SMA) melakukan aksi 'gegelutan' di jalanan. 

Hmm...

beberapa waktu lalu, aku nonton acara investigasi gitu yang ngomongin masalah tawuran, narasumbernya adalah alumni dari sekolah yang siswanya terlibat tawuran. Dan katanya kedua sekolah itu memang sudah layaknya musuh bebuyutan. Jadi intinya, dari zaman baheula (baca:dulu) kedua sekolah itu memang kerap kali terlibat tawuran.
Bahkan, para guru seperti sudah hafal dengan kelakuan murid-muridnya hingga tak sanggup lagi untuk menghadang aksi brutal mereka. Masalahnya, aksi tawuran yang baru-baru ini terjadi pun telah memakan korban.

Sepertinya efek jera belum juga menghantui mereka. Ya buktinya tawuran masih ada terus. Coba kita telaah lebih jauh beberapa hal tentang tawuran.

1. Luka-luka - Babak Belur - Meninggal
Kayaknya gak pernah deh ya tawuran gak bawa senjata. Minimal mereka bawa celurit, minimal lho ya. Mungkin ada baiknya minta tolong sama team kreatifnya OVJ buat bikinin celurit dari strerofoam hehe. Kalau luka-luka sih masih mending, lah kalau koid. Sungguh akan sangat sia-sia bukan? Harusnya mereka tahu kalau resiko kehilangan nyawa itu sangat besar. Seolah-olah mereka sedang mengobral nyawa. 

2. Ditangkep Polisi itu Pasti
Malu-maluin amat kalau kalian hei wahai tukang tawuran ditangkep polisi pas masih pakai seragam, apalagi masih berlabel nama sekolahnya. Euuuhhh malu kali! Kalau kita lihat, tiap tawuran kan mereka pasti masih berseragam. Udah gitu digiring polisi, apa kata orang tua nanti?

3. Niat Membunuh Lawan
Susah sih kalau emang udah niat, dicatet deh ama malaikat. Dilihat dari psikologis, ada seperti kepuasan tersendiri setelah si pelaku berhasil melukai musuhnya. Ada banyak alasan untuk hal ini. Yang pasti, anak model begini memang harus ditangani secara serius, bukan dihakimi juga siii, nanti malah tambah brutal. Serem ngebayanginnya juga.

4. Dendam yang Ditularkan Pada Junior
Udah kayak penyakit aja ditularin. Konon katanya para senior itu suka nularin hobi tawuran mereka pada si junior untuk nantinya dijadikan anak buah tambahan atau tameng atau apalah ora ngerti aku. Ini juga dari berita-berita yang kutonton. Haduh-haduh.

5. Penyaluran Bakat Berantem
Kalau suka berantem, nonjok-nonjok orang, ikut aja klub tinju. Ikut pertandingan tinju profesional, tersalurkan, kan? ga perlu berantem di jalanan. Malah untung kan berantem dapet duit plus beken kayak Chris John :D

dan masih banyak lagi...

Pada akhirnya, pengendalian emosi diri dan juga peran keluarga sangat penting untuk pengembangan diri. Banyak melakukan aktivitas positif dan tidak merugikan orang lain.

Say no to Tawuran hehehe...

Sekian dari Ca Ya...

Yuk Mariii :)
readmore »»