18 Des 2012

Hijaukan Kota di Bulan Menanam Pohon

Aku punya Bapak yang suka sekali dengan tanaman. Impiannya ingin punya kebun buah-buahan di belakang rumah. Ingin punya banyak pohon mangga, pohon salak, durian, nangka dan berbagai macam tanaman hias. WoW!


Bapak paling semangat kalau belanja tanaman. Berbagai macam pohon-pohon buah masih kecil dibelinya. Di rumah ada pohon mangga, pohon sawo, beberapa tanaman yang aku tak tahu namanya apa haha. Ya, bahkan rumahnya nyaris tak terlihat lagi karena terhalang pohon haha :D

Pohon atau tanaman punya peran penting dalam kehidupan manusia. Pepohonan sebagai penghasil oksigen yang notabene dibutuhkan oleh manusia. Ya gak? Pohon juga tempat untuk menyerap air hujan. Pohon juga memberi kesan sejuk. Meski panas terik, tapi kalau ada pepohonan rindang, kan, jadinya tetap segar :D

Cobalah lihat bagaimana manusia dengan teganya menggunduli hutan, menebangi pepohonan secara ilegar. Ujung-ujungnya banjir deh. Ya iya atuh gimana gak mau banjir, itu air hujan mau lari kemana lagi. Pohon dan manusia itu saling membutuhkan. Kita juga butuh pohon, kan ya? Ya itu buktinya beberapa peralatan rumah tangga atau furniture berbahan dasar kayu.

Pohon juga gak bisa ujug-ujug jadi gede, perlu waktu bertahun-tahun. Dan kalau disuruh milih, lebih enak melihat kota dengan banyak pepohonan hijau ketimbang gersang kayak gurun. Betul?

Nah, rumah juga akan tampak sejuk dipandang mata jika ada tanaman-tanaman yang menghiasinya. Di bulan menanam pohon ini juga bisa sekaligus mengurangi global warming lho..banyak banget manfaat yang diberikan pohon untuk kehidupan manusia.

Pohon memberikan oksigen yang dibutuhkan manusia...
Pohon sebagai penyerap air sehingga bisa mengurangi potensi banjir...
Pohon sebagai penghasil buah yang dapat dijual dan sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia..
Pohon digunakan sebagai bahan dasar peralatan rumah tangga/furniture...
Pohon bermanfaat juga untuk menambah nilai estetika tata ruang kota...

Banyak kan ya :D





Yuk Mariii :)

10 komentar:

  1. so...marilah menanam pohon....

    BalasHapus
  2. Dari yg sering Gue amatin, ternyata di dalem keluarga itu yang lebih sering suka sama pohon itu bokap yak... :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget bang, ibu ane di rumah malahan lebih seneng pas panen, misalnya panen buah mangga, sawo. Wah paling doyan dah. Nah kalau bapak biasanya seneng nanem dan ngerawat, panennya juga seneng sih. hehehehe

      Hapus
  3. punya bapak suka nanam enak ya, sebagai anak tinggal terima ademnya doang hehe.... pisss ah
    salam kampanye ngeblog BSO :)

    BalasHapus
  4. nah kalau aku malah kebalik, Ayahku kerja di pertanian tapi yang suka nanam malah Ibu. Ayah sih bawa bibit aja cuma tiap minggu suka menggemburkan tanah bareng, sekeluarga :D

    BalasHapus
  5. bisa bisa, samping rumahku aku tanam srikaya... tambah adem

    BalasHapus
  6. yang paling senang menanam ya ayah, paling senang kalo panen ya ibu, yang paling senang lagi ya saya, makan hasil panen..hehehe

    BalasHapus
  7. HIDUP BAPAK YANG SUKA NANAM #salahfokus

    SALAM SOLID :D

    BalasHapus
  8. AYo menanam Pohon,
    Mengikuti jejak sang Ayah

    BalasHapus
  9. Jadi inget dengan acara dulu, waktu 1000 Ribu Tanam siram bersama Bang Iwan Fals di Tasikmalaya. ^ ^

    BalasHapus

was wes wos...^^