25 Jun 2011

SMS ngapusi (again)

Sapa sih yang gak terkezut ketika dapet sms yg isinya "Selamat: anda mendapatkan hadiah uang tunai Rp.75jt bla bla bla". Yupp,,buat orang yang belum berpengalaman, pasti langsung happy happy gak jelas. Jelas-jelas itu NGIBUL!! >,<
SMS semacam ini memang kerap kali muncul tanpa pernah diduga, tapi jujur saja, saia pribadi yang pernah mendapat sms serupa malah pengen cekikikan kayak gini :)). Nih, saia kasih contoh isi sms ngapusi yang udah mewabah dari jaman baheula (baca: dahulu).

"SELAMAT: Anda m'dptkn HADIAH Rp.75jt.dr HUT 41 thn INDOSAT diundi Tdi mlm di SCTV Pkl 23.30 U/INFO Hub/pst:085696085989 Drs.H.MULYADI Pelaksana:INDOSAT"

Nah,,menurut kawan-kawan semua, apa sms semacam ini BISA DIPERCAYA?? Hmm..kayak'a mencurigakan deh...why??

Pertama, SMS itu dikirim menggunakan nomor biasa (pribadi), itu udah jelas sangat mencurigakan. Untuk urusan hadiah atau sejenisnya, harusnya diberitahukan secara resmi, misal lewat surat resmi dari instansi terkait atau didatangi langsung oleh orang terkait atau bisa juga kita diminta datang langsung ke tempat yang dimaksud, dalam hal ini sms tsb mengatasnamakan INDOSAT. Apalagi kalau menyangkut sejumlah uang yang bisa dibilang cukup besar nilainya.

Kedua, ingat-ingat dulu, apakah anda pernah mengikuti sebuah event undian atau semacam kuis atau sejenisnya???Nah, saia sendiri yang mendapat sms ngapusi ini jelas-jelas GAK PERNAH IKUTAN UNDIAN ATAU KUIS ATAU APA AJA BOLEEEEHHH hehe..dalam sms ini pula, tidak dijelaskan diundi berdasarkan apa??gak jelas bangetZZ deh.


Ketiga, coba cek dulu kebenarannya dari isi sms tsb. Dalam sms tsb, ada pemberitahuan tentang ULTAH INDOSAT, setelah saia cek & ricek, ternyata memang SALAH, ultah'a bukan yg ke-41 (kalo mw tw cari aja hehe). Selain itu, ada pemberitahuan tentang pelaksanaan undian oleh SCTV dan setelah cari mencari di situs resmi SCTV, memang tidak ada acara undian yang dimaksud -,-"
Nah, saia hanya mencoba lebih waspada melihat banyaknya kasus penipuan yang terjadi. Kalau bisa sih tipu balik aja penipunya haha (pengalaman pribadi). Janganlah gampang percaya dengan iming2 hadiah puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah itu, coba pastikan dulu kebenarannya. Kebanyakan sih ujung-ujungnya disuruh transfer duit (lagu lama).

So, waspadalah...waspadalah!!

Yuk Mariii :D

2 komentar:

  1. langsung hapus secara membabibuta tuh sms
    bunuh tanpa ampun!! kezaammnya dunia seluler

    BalasHapus
  2. btuuulll tuuuhhh....asal jgn diinjek2 aja hengpongnyah hahahha

    BalasHapus

was wes wos...^^