24 Feb 2015

Kelas Inspirasi Bandung 3: Heboh Jadi Guru Sehari!

Postingan ini adalah jawaban dari postingan yang INI hehe...agak bingung ya? yaudalah ya baca aja, oke! 


Sebelumnya, saya sudah sedikit cerita tentang Kelas Inspirasi yang merupakan program pengembangan dari Indonesia Mengajar. Kalau Indonesia Mengajar mempunyai program mengajar selama setahun di daerah pelosok Indonesia, Kelas Inspirasi punya program mengajar hanya sehari dan dikhususkan untuk yang sudah bekerja. Menarik!



Saya pun tertarik ikut seleksi (ternyata ada seleksinya) di Kelas Inspirasi Bandung dan Alhamdulillah lolos (entah bagaimana). Awalnya sempat bingung karena saya ikut serta hanya berlandaskan ingin tahu tanpa punya persiapan apa-apa haha ditambah merasa tidak punya keahlian (yang menarik). Tapi karena cerita dari teman saya yang pernah ikut Kelas Inspirasi Bogor, akhirnya saya maju saja. Cemungut qaqa :*

Total relawan yang lolos seleksi ada sekitar 500an orang dan akan disebar ke SD SD seluruh Bandung Raya, kurang lebih sekitar 79 sekolah (kurang lebihlah). Wah, rame nih. Kami pun dibagi menjadi beberapa kelompok dan saya dapat kelompok 35 yang saya sebut kelompok brutal haghag. Saya tidak pernah membayangkan akan terjebak masuk dalam kelompok liar ini, awal pertemuan saat briefing semua terlihat normal, tapi pada saat pertemuan selanjutnya (lewat Whatsapp), ya ampun, betapa gesreknya mereka haghag.


saat briefing di Gedung Sate, Bandung
Pic by a Photographer of Kelas Inspirasi Bandung 


Kelompok 'Brutal' 35 di depan Gedung Sate setelah briefing 
                                       Pic by a Photographer of Kelas Inspirasi Bandung 

Kelompok 35 yang dibimbing langsung oleh Kak Fei (panitia KIB3) terdiri dari 17 orang relawan dan 4 orang dokumentator (fotografer & videografer). Kami kebagian ngajar di SD Bina Harapan Arcamanik Bandung. 

Ada yang penasaran gak makhluk-makhluk liar Kelompok 35 ini kayak apa aja sih?

Hmmm.....mungkin saya tidak bisa menjabarkan satu per satu perihal karakter masing-masing. Kalau masih ngotot juga, monggo mampir ke Blog INI, ya....itu blog novelist lho, salah satu anggota kelompok 35 yang (semoga) tidak terpapar radiasi akibat keliaran anggota lainnya haha. Pokoknya di sana lengkap deh.

-.-.-.-

Tanggal 18 Februari 2015 adalah hari bersejarah bagi kami para relawan Kelas Inspirasi Bandung 3. Tentu saja, saya begitu bersemangat, walaupun sebetulnya grogi juga, takut ini, takut itu, banyak takutnya. Tapi, saat sampai di kelas dan melihat anak-anak dengan mata berbinar indah (lebay gak sih?), rasa takut itu hilang tanpa arah (halah). 

Saya kebagian mengajar 5 kelas. Iya loh 5 kelas full dari jam 7 pagi sampai jam 11.15 siang. Jadwal yang sudah dirancang ternyata berbeda dengan kondisi di lapangan. Pada akhirnya saya harus mengajar kelas 1 sebanyak 3 kelas (percayalah, ini wow banget), kelas 2 dan kelas 3 masing-masing 1 kelas. Kenapa kelas 1 ada 3 kelas? Perlu diketahui bahwa SD BIna Harapan terdiri dari 5 sekolah (SD BIna Harapan 1 sampai 5).
Bersama Geng35 dan beberapa guru :)
Pic by a Photographer of 35 Group

Gimana rasanya jadi guru SD dadakan?

Ampuuuuuuuuun emaaaaaaaaaak, pokoknya kalian jangan pernah meremehkan pekerjaan guru. Saya sudah merasakan bagaimana kita harus super ekstra sabar dalam menghadapi anak-anak. Sebagai calon ibu (amin), saya sangat mengerti.

Namanya juga anak kelas 1 SD, ramai sekali. Saya harus pakai jurus suara speaker saat mengajar. Tidak bisa hanya dengan suara standar, gak akan mempan. Belum lagi, di tengah mengajar, ada yang nangis karena kakinya keinjek temennya, nangis karena dipukul temennya, air minum tumpah, ada yang naik-naik meja dan sebagainya. Bersyukur proses belajar mengajar kece berjalan lancar hingga jam terakhir. Yah, meskipun suara saya langsung serak-serak banjir bandang, takapalah, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk calon-calon pemimpin bangsa ini *tsaaaaah*

Perlu diketahui, sebelumnya, saya membuat bahan ajar berupa cliping abal-abal yang saya buat dari kalender bekas. Saya tempel gambar-gambar kartun yang sedang booming saja dengan maksud supaya bisa menarik perhatian murid-murid. Alhamdulillah sukses hehe. Bagi anak kelas 1 SD, bahan ajar yang berwarna-warni akan sangat menarik di mata mereka. Murid-murid pun terlihat antusias dan saya pun makin semangat ngajarnya meskipun tetap berisik hehe.

cie Bu Guru Icha cieeeee~ 
Pic by a Photographer of 35 Group


Adek-adek kelas 1 keceh yang saya ajar bersama kreasi kalender bekas :*
Doc. Pribadi (maap kamera butut)


Rameeeeeee yaaaaaaaaa :D :D
Doc. Pribadi (maap kamera butut)


antusiasme adek-adek yang asyik melihat cita-cita 
yang ditulis di kertas warna-warni (apalah itu namanya)
Doc.Pribadi

Padahal hanya setengah hari mengajar, tapi lumayan menguras tenaga dan emosi juga haha. Kalau melihat mereka, saya jadi ingat diri saya dahulu saat seumur mereka. Entah seperti apa saya dulu, tidak pernah saya mendapatkan pengalaman seperti mereka lho, dikunjungi kakak-kakak keceh berpengalaman di bidangnya masing-masing. Semoga kedatangan kami dapat mengispirasi adek-adek semua yaaaaaaaaaa :*

Di akhir pertemuan, semua anak-anak dikumpulkan di tengah lapangan dan kita bernyanyi bersama sekaligus menerbangkan balon sebagai simbol meraih cita-cita setinggi langit. 

Ayeeeeeeeyyyyy ayoo nyanyi rame-rameeeeeeee
Pic by a Photographer of 35 Group

Kelompok Brutal35 dan para guru :)
Pic by a Photographer of 35 Group

Ada fenomena aneh yang terjadi di sini. Entah darimana mereka dapet ide untuk minta tanda tangan kami para guru dadakan ini -.- bahkan minta No HP dan pin BB, di situ kadang saya sedih :( mungkin ini bisa jadi masukan bagi kami para relawan dan panitia Kelas Inspirasi Bandung. Rasanya tidak perlu deh adek-adek kece ini menyimpan No HP sampai pin BB segala. Masalahnya, kalau gak dikasih, nanti pada ngambek haha.

Sesi tanda tangan
Pic by a Photographer of 35 Group

Setelah semua ritual mengajar selesai, kami pun undur diri untuk makan siang, serius laper. Sorenya kami bersama-sama ke Gedung Konferensi Asia Afrika untuk ikut kegiatan refleksi. Dalam kegiatan ini, kami dibagi kelompok lagi untuk diskusi, bercerita mengenai pengalaman kami selama mengajar, dilanjut dengan ritual-ritual pemberian semangat dan nyanyi lagu Indonesia Raya, terakhir foto-foto deh haha.

All team of  Kelas Inspirasi Bandung
Pic by a photographer of Kelas Inspirasi Bandung

Lihatlah betapa brutalnya kelompok ini hahahahaha
Pic by a Photographer of 35 Group

cinta deh sama kelompok 35 (meskipun brutal)
Pic by a Photographer of 35 Group

Akhir kata saya ucapkan banyaaaak terima kasih untuk Kelompok (brutal) 35, Kak Fei sebagai mandor, kakak-kakak panitia, SD Bina Harapan (para guru dan adek-adek keceh). Moga bisa ketemu lagi :)

NB: Dinner keceh bareng Kelompok (brutal) 35 :D





Yuk Mariiii ~..~


Bagi yang ingin berpartisipasi menjadi relawan Kelas Inspirasi, bisa langsung cek di website-nya ya www.kelasinspirasi.org , sedang buka pendaftaran relawan di beberapa kota lhooo...siapa tahu kotamu sedang buka pendaftaran. Yuk, Berbagi Inspirasi Lewat Profesi :)

 

Ada #ROKCELANA nih buat para muslimah aktif, mampir yuk dimari :D



readmore »»  

17 Feb 2015

[Lomba Blog Pegipegi] Tanah Surga ada di Sumba

Bicara tentang traveling sepertinya tak akan ada habisnya. Saya termasuk salah seorang dari sekian banyak orang yang senang dengan traveling, apalagi kalau ada yang mensponsori hehehe. Mungkin saya hanya seorang traveler kere yang hanya bisa jalan-jalan di dalam kota saja atau di kampung halaman yang cukup jauh dari domisili saya sekarang.

Saya berdomisili di Bandung, Jawa Barat. Setidaknya, saya ingin terlebih dahulu mengulik habis tempat-tempat wisata di Bandung dan sekitarnya. Sejak awal tahun 2014 lalu, saya mulai keranjingan mengunjungi destinasi wisata Bandung. Itu juga karena saya punya geng rusuh yang selalu mau juga diajakin kemana-mana haha. Setidaknya, hamparan kebun teh dan Situ Cisanti Pangalengan sudah saya kunjungi, Floating Market, De Ranch yang ada di Lembang pun tak luput dari kunjungan. Yang paling jauh itu saat kami nekat ke Yogyakarta dengan modal tipis hehe. Tidak masalah yang penting tetap bisa makan dan kembali ke rumah dengan selamat.

Sebenarnya, saya ingin sekali traveling ke luar pulau Jawa dan kalau bisa ramai-ramai bersama teman-teman (sukur-sukur kalau ada yang mensponsori juga hehe). Dan sepertinya, saya jatuh cinta pada Sumba.

Sumba.....

Salah satu Film Indonesia yang telah berhasil menghipnotis saya melalui sorotan keindahan alam Sumba. Sulit sekali mencari kata lain selain INDAH. Bahkan penyair sekelas Taufik Ismail pun mengakui keindahan panorama Sumba.


Rinduku pada Sumba adalah rindu seribu ekor kuda

Yang turun menggemuruh di kaki bukit-bukit yang jauh

Sementara langit bagai kain tenunan tangan, gelap coklat tua
Dan bola api, merah padam, membenam di ufuk teduh



Begitulah beberapa bait yang ada dalam puisi Taufik Ismail yang berjudul Beri Aku Sumba. Ingin rasanya saya berkunjung ke Sumba, sekedar mengabadikan setiap jengkal eksotisme alamnya, berbincang santai seputar budaya Sumba dengan warga sekitar, mengabadikan setiap momen kesibukan warga Sumba. Ah, mimpikah ini?



Kampung Adat Sumba



Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman budaya yang amat kaya. Di Sumba terdapat daerah pemukiman warga yang disebut Kampung Adat Sumba. Perlulah sesekali menikmati suasana yang jauh dari kesan mewah khas kota metropolitan, berbaur langsung dengan warganya, berbincang mengenai acara-acara adat yang biasa dilakukan serta kerajinan-kerajinan yang biasa dibuat oleh warga sekitar. Menarik, kan?






Kalau dilihat dengan seksama, kampung ini memang sepertinya sudah banyak mengadopsi suasana kota dengan adanya parabola hehe. Tetapi kesan tradisionalnya masih sangat kental. Bentuk rumahnya unik, pertama kali saya melihat seperti pura kalau dari jauh dan jika hanya terlihat atapnya saja hehe. Kesan yang terpancar dari rumah ini pun segar, meski terlihat terik matahati yang cukup menyengat, namun tentu atap dari rumah tersebut sudah disesuaikan dengan kondisi cuaca Sumba. 

Pastinya banyak kampung-kampung adat berbau tradisional yang bisa saya kunjungi. Akan banyak pula cerita-cerita adat unik yang bisa didapatkan. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari warga asli Sumba, budayanya, bahasanya, adat-adatnya yang bisa kita ceritakan kembali ke masyarakat.



Pantai Bwanna 



Pantai merupakan salah satu objek wisata paling dinanti oleh seluruh traveler di dunia. Hamparan pasir putih, birunya pantai, dan kokohnya tebing sekitar pantai menjadi obat stres bagi saya. Pilihan saya jatuh pada Pantai Bwanna yang terletak di Sumba Barat Daya Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Bahkan ketika saya menulis artikel ini, rasanya saya sudah berada di lingkaran lubang tebing sambil berpose ceria haha. Sambil membawa tongkat bambu, saya pun bisa berpose ala-ala pendekar di film-film laga. Keren, kan? Tak perlu jauh-jauh ke Pantai Florida jadinya haha.




Saya lebih suka dengan pantai yang belum terlalu banyak terjamah pembangunan, seperti villa, tempat makan dan lain-lain. Keasrian dan keaslian suasana pantai lebih terasa menyejukkan seolah sedang berada di tanah nirwana. Dan pastinya tidak akan banyak sampah bertebaran, kasihan pantainya. Menjaga kelestarian dan kebersihan alam juga termasuk kewajiban seorang wisatawan hehe.


Padang Savana


Kalau mendengar istilah padang rumput dan sejenisnya, yang ada di pikiran saya adalah tanah Afrika dan singa. Tidak tahu kenapa tapi memang begitu yang ada di pikiran saya. Tapi tidak perlu jauh-jauh sampai Afrika deh, nanti malah ketemu singa beneran hehe. Di Indonesia juga ada lho Padang Savana, tepatnya di Sumba Barat. Hamparan karpet hijau membentang terlukis indah di pelupuk mata. Semak-semak pendek dan beberapa pohon menambah lengkap citra padang rumput khas Sumba ini. Aroma sedap khas rumput hijau pun tercium. Ini hanya khayalan saya saja kok.


Padang Savana Sumba


'Padang Savana' Arcamanik, Bandung


Nah, saya juga pernah kok ke 'Padang Savana'. Tidak percaya? foto di atas buktinya haha. Serius, itu benar-benar padang rumput, ada kudanya juga lho. Banyak semak belukar, phon-pohon besar.... Iya deh, itu cuma ladang kok tapi memang luaaaaaaaaaaaaaaas dan entah milik siapa. Toh saya dan teman-teman belum bisa ke Sumba apalagi Afrika, ya sudah numpang di padang rumput orang aja hehe. 

Padang Savana seperti tempat piknik raksasa, tinggal bawa tikar ditambah bekal makanan dan cemilan. Makan di tengah hamparan rumput dan hempasan angin itu rasanya.......Sumba, aku padamu. Kita juga bisa melihat jenis flora dan fauna apa saja yang ada di Padang Savana ini. 


Danau Weekuri


Terakhir kali ke danau itu......ke Situ Cisanti Pangalengan, Bandung. Dalam bahasa sunda, situ berarti danau. Kebanyakan danau memang selalu dikelilingi pegunungan, tebing karang atau hutan lebat. Tapi justru itulah uniknya danau. Lautan berombak, sungai mengalir, danau tampak tenang, hanya sesekali berombak kecil mengikuti hempasan angin. Terkadang kulihat danau memancarkan aura seram karena begitu tenangnya, asal tidak melihat saat malam hari saja hehe.

Situ Cisanti Pangalengan

Danau Weekuri Sumba


Siapa yang tidak ngiler melihat danau yang satu ini? Danau Weekuri, Sumba menjadi danau dengan lokasi tersembunyi dan medan terjal yang harus dilalui. Ah, pastinya tak seberapa jika sudah melihat danau cantik dengan air biru kehijauan ini. Cantik sekali! Danau ini pun dikelilingi karang tinggi nan terjal dan pepohonan. Seperti biasa, danau yang terlihat tenang ini terkesan seram hehe. Danau Weekuri ini sedikit berbeda karena airnya sedikit asin. Hal ini disebabkan karena ada bocoran air laut yang masuk lewat sela-sela karang yang ada di sekeliling danau. Pengunjung pun boleh berenang yeeess, berasa berenang di laut dong! Tunggu apa lagi, sebelum berkelana ke luar negeri, ada baiknya berkelana di negeri sendiri dulu, menambah devisa negara sendiri hehe. Justru penduduk asing sangat senang berkunjung ke Indonesia, masa kita sebagai warga Indonesia tidak ingin lebih berkontribusi untuk negara sendiri.

---

Permasalahan yang timbul adalah.....Ke Sumba naik apa, nanti nginap di mana? Supaya ongkos hemat terjangkau gimana? Maklum, untuk traveler pemula kelas menengah (ke bawah) seperti saya ini memang sangat memperhatikan masalah biaya hehe.

Ternyata pegipegi.com sangat mengerti saya. Apa itu pegipegi? pegipegi.com adalah situs booking hotel dan tiket pesawat. Bagi kamu para traveler sejati yang sering bingung masalah transportasi dan hotel, kunjungi pegipegi.com aja dan langsung cari tujuan wisata kamu dan taraaaaaaaaa, hotel dan tiket pesawat dengan berbagai promo dan diskon pun menanti. Gak percaya? cek aja! 

Kebetulan sedang ada lomba blog juga lhooo, hadiahnya? traveling gratis ke destinasi impian kamu bareng travel blogger Bang @amrazing !! GRATIS LHOOOOO....yakin gak mau cobaaaaaa??

Lomba Blog Pegipegi #BukanSekedarTraveling


Tunggu apalagi? Yuk ikut Lomba Blog Pegipegi :D

sumber gambar
https://dians999.wordpress.com/tag/kampung-adat-sumba/
http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20141211153704-269-17528/menguak-keindahan-lokasi-syuting-pendekar-tongkat-emas/3

referensi
http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20141211153704-269-17528/menguak-keindahan-lokasi-syuting-pendekar-tongkat-emas/3
readmore »»  

11 Feb 2015

[Ternyata] Ada Hubungan Antara Mesin Cuci dan Saklar Jetpump

[Postingan Singkat]

Judul di atas tidak langsung memutuskan bahwa ada hubungan mesra antara mesin cuci dan saklar jetpump. Bukan juga karena saya cembokur dengan kemesraan mereka. Saya hanya ingin kepastian tentang hubungan mereka. Apakah benar mereka akan segera maju ke jenjang yang lebih tinggi. Kalaupun benar, makan sungguh kejamnya mereka karena telah melangkahi saya #GagalSerius #GueBelumNikah #AdaYangMauGakYa #Yasudalah
Rasanya saya seperti sedang mengetik narasi inpotemen.

Oke oke enough. Saya sungguh-sungguh ingin bertanya pada pembaca yang secara ikhlas sedang membaca tulisan absurd ini. Jadi begini ceritanya......

Beberapa waktu lalu, ibu saya membeli sebuah mesin cuci. Iya sebuah aja, ibu saya tidak sedang mau buka laundry jadi belinya 1 mesin saja. Pertama kali dicoba lancar-lancar saja, tetapi pada saat dicoba untuk kedua kalinya, mesin cucinya tidak berfungsi. Segera saja ibu saya menelepon toko tempat membeli mesin cuci dan minta diganti.

Beberapa hari kemudian, mesin cuci pengganti datang. Dicoba lagi dan ternyata tidak bisa lagi. Entah apa yang terjadi tapi masa iya mesin cuci baru ini belum dipakai saja sudah tidak berfungsi. Hmmm...

Saya pun ikut-ikutan berfikir, ada apa dengan mesin cuci? *seperti judul lagunya Peterpan haha*
Bapak juga ikutan mikir, semua mikir, kamu mikir ga? *abaikan*

Tiba-tiba, Bapak saya terperanjak dari tidurnya dan menghampiri saya.

"Cha, tadi pas nyalain mesin cuci, saklar jetpump mati, ya?" Tanya Bapak serius.
"Iya mati, emang kenapa?" Tanyaku heran.
"Yaiyalah gak nyala mesinnya, kan saklar aernya mati cuy!" Abaikan kata 'cuy'
"Maksudnya????"
"Yaiya, mesinnya gak nyala karena saklar aernya kan off. Harus on."

Oke, ini absurd. Atau emang akyunya aja yang katro begete.



Jadi begini. . .

Mesin cucinya mau nyala kalau.......saklar jetpump-nya dalam keadaan on walaupun colokan jetpump-nya dicopot. Jadi pada saat saklar jetpump-nya off (colokan gak nyolok juga) mesin cucinya gak berfungsi. Lalu, apa hubungannya mesin cuci ama itu saklar aer? salurannya aja beda, kabelnya beda hiks hiks. Atau memang benar kalau mereka punya hubungan khusus?


Nah, apa ada yang bisa jawab kegalauan saya ini teman-teman?
Kalau ada, please komen yaaaaaaaaaaaaa :)



Yuk Mariiii :*


readmore »»  

5 Feb 2015

Impian Bermula dari Kelas Inspirasi

Bicara tentang mimpi, sepertinya tahun 2015 ini akan menjadi tahun penuh mimpi buat saya. Ada beberapa hal yang ingin saya wujudkan di tahun ini. Tetapi, tentu saja saya sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berdoa. Akan terwujud atau tidaknya impian saya, itu tergantung restu Sang Maha Kuasa.

Beberapa impian saya masih dalam proses dan masih belum tahu akan terwujud secepatnya atau tidak. Tetapi, ada 1 impian saya yang InsyaAllah akan terwujud sebentar lagi! Sejak dulu, sebenarnya saya ingin sekali mencoba mengajar anak-anak SD. Bukan mengajar privat, tapi benar-benar mengajar anak-anak di Sekolah Dasar, di dalam kelas. Tetapi saya ini bukan seorang guru, saya bukan mahasiswa ilmu pendidikan atau sejenisnya dan bahkan sebenarnya saya belum pernah punya pengalaman mengajar sama sekali. Saya hanya berfikir, mengajar anak-anak adalah tantangan dan saya suka anak-anak. Saya ingin bisa memberikan inspirasi dan motivasi untuk anak-anak agar bisa terus mengejar cita-cita mereka.

Saya pernah mengajar mengaji anak-anak yang tinggal di sekitar kampus saya, tapi cuma sebentar, keburu kejar-kejaran sama skripsi dan lulus deh. Dan lagi, itu bukan di sekolah dan bukan di kelas (non-formal). 

Suatu hari, ada teman saya yang bercerita tentang dirinya yang mengikuti program Kelas Inspirasi dari Indonesia Mengajar. Kegiatannya memberikan inspirasi kepada anak-anak SD. Para relawan yang ikut berpartisipasi adalah orang-orang yang sudah bekerja karena tagline-nya "Berbagi Inspirasi Lewat Profesi" sehingga dengan profesinya masing-maisng, diharapkan dapat memberikan inspirasi sekaligus motivasi bagi anak-anak SD yang merupakan masa depan bangsa. Cukup menarik kedengarannya, tetapi saat itu Program Kelas Inspirasi sedang diselenggarakan di Bogor, sedangkan saya tinggal di Bandung.


Seperti kata pepatah, jodoh ga akan kemana hehe....teman saya memberikan info bahwa Kelas Inspirasi sedang membuka pendaftaran untuk relawan pengajar, videografer dan fotografer di Bandung! Ayey, kesempatan untuk mencoba! Saya coba mendaftar melalui website Kelas Inspirasi, mengisi data diri, esay singkat dan lain-lain. Setelah itu menunggu pengumuman diterima atau tidaknya saya sebagai relawan pengajar.

Voilaaa, saya pun mendapat email dari pihak Kelas Inspirasi bahwa saya diterima menjadi relawan pengajar dan bisa ikut bersama teman-teman lain mengajar anak-anak SD pada tanggal 18 Februari 2015 mendatang dengan sebelumnya mengikuti briefing terlebih dahulu dengan pihak Kelas Inspirasi dan berkenalan dengan guru-guru sekolah yang akan kami kunjungi nanti.

 

Rasanya sudah tidak sabar bertemu dan berkenalan dengan teman-teman baru sesama relawan dan pastinya adik-adik calon pemimpin bangsa. Saya agak minder setelah tahu bahwa relawan-relawan lainnya adalah orang-orang hebat dengan profesi yang berbeda-beda. Ada dokter, pengusaha, penyiar, fotografer, guru hiks hiks agak minder saya :( secara saya cuma karyawan swasta biasaaaaa. Tapi harus semangaaattt, bakal dapat teman-teman baru yang hebat, mana tahu bisa kecipratan hebat hehehehehe. Pastinya tidak boleh kalah, maju teruuusss!!!! *doakan ya*



Semoga, satu mimpi ini menjadi jembatan untuk meraih mimpi-mimpi yang lain dan gak cuma mimpi siang bolong saja *Aamiin* 



readmore »»  

2 Feb 2015

My Dream - My Ideal Japanese Winter Vacation

Sejak masih duduk di bangu Taman Kanak-Kanak, saya suka sekali nonton anime Jepang. Selain tokoh-tokohnya yang lucu, ceritanya yang seru, adapula beberapa hal yang menarik perhatian saya. Dalam cerita anime favorit saya, selalu ada beberapa hal menarik, seperti musim semi di mana bunga sakura bermekaran, musim dingin di mana hamparan salju putih terbentang bak awan di langit.

Ya, ada 2 musim yang begitu menarik perhatianku, musim semi dan musim dingin. Tetapi saya lebih tertarik dengan salju. Bahkan, sampai sudah hampir berumur 26 tahun, saya belum sempat melihat dan menyentuh salju secara langsung. Ibu saya selalu bilang, "Kalau mau lihat salju, buka freezer saja."

Setelah itu saya pun membuka kulkas dan membuka freezernya, tetapi rasanya kurang puas karena bahkan kepala saya tak bisa masuk ke dalamnya.

Seringkali saya membayangkan saat berada di tengah hamparan salju, saya memakai setelan pakaian musim dingin, topi kupluk, sepatu boots, sarung tangan, kacamata, sambil membawa papan snowboard. Pasti keren sekali. Meskipun sudah pasti saya tidak bisa memainkan snowboard

Seperti yang sering saya lihat di film anime, internet, atau dorama jepang, ada banyak resort yang menyediakan area bermain ski, seluncuran atau snowboard tanpa harus menunggu musim dingin. Sempat terbayang jika suatu hari nanti saya berkesempatan pergi ke Jepang tapi bukan pada musim dingin, tentu amat mengecewakan karena salah satu tujuan utama saya ingin ke Jepang adalah melihat salju. Oleh karena itu, tempat-tempat wisata bermain ski yang tetap ada meski bukan musim dingin akan sangat dibutuhkan calon wisatawan seperti saya haha. Tetapi tentu saja saya sangat berharap bisa ke Jepang saat musim dingin! PASTI MENYENANGKAN!

Harapan saya untuk bisa liburan ke Jepang sangatlah besar, mengingat saya tidak akan menemukan hamparan salju putih merona di Indonesia. Indonesia memang pernah terjadi hujan es, tapi tentu saja hasil akhirnya bukan butiran es lembut, tapi es sebesar kelereng atau bahkan lebih.

Untuk calon wisatawan baru seperti saya, pastinya akan mencari tempat wisata yang mudah dijangkau alias tidak ribet dan sebisa mungkin dekat dengan Tokyo. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat waktu dan budget tentunya. Liburan musim dingin pastinya akan berbeda dengan liburan pada musim-musim lainnya. Perlu persiapan seperti pakaian hangat, obat-obatan, karena kita akan berhadapan dengan cuaca yang sangat berbeda dengan cuaca di Indonesia.

1. Gala Yuzawa Ski Resort
Gala Yuzawa terletak di gunung daerah Echigo Perfektur Niigata sekitar 200km ke arah utara Tokyo. Wah, kok jauh? Tenang, kita bisa langsung mencapai Gala Yuzawa Ski Resort dalam waktu 77 menit dengan menggunakan kereta Shinkansen dari Stasiun Tokyo. CEPATNYAAAA.........



Bayangkan, selain excited karena tengah membayangkan indahnya salju, dapat pula langsung merasakan naik kereta super Shinkansen, kereta impian banyak orang, YIPIII!!!! 77 menit yang tidak akan terlupakan, tidak akan bisa tidur meski keretanya nyaman sekalipun. Selama 77 menit disuguhi pemandangan alam Jepang hingga sampai pada hamparan putih salju yang memesona. Rasanya ingin berkedip pun tidak.

Masalah bisa atau tidaknya saya bermain ski, rasanya tidak perlu dipermasalahkan hahaha. Asal bisa main seluncuran, membuat boneka salju, lempar-lemparan salju, dan pastinya berfoto ria. Tidak ada salahnya juga mencoba belajar ski dan snowboard, kapan lagi.

2. Pemandian Air Panas / Onsen


Sehabis dingin-dingin main salju, pasti enak kalau berendam di bak air hangat. Nah, seperti yang sering saya lihat juga di anime Jepang, ada yang disebut pemandian air panas atau Onsen. Bahkan ada juga lokasi Onsen yang bisa langsung melihat pemandangan Gunung Fuji. WOW! Selain bisa menikmati Gunung Fuji, kita bisa menikmati lezatnya mie Houtou, mie khas daerah Fuji. Lengkap sudah liburan dinginnya.

3. Festival Salju Sapporo Yuki Matsuri


Sepertinya kurang lengkap kalau ke Jepang tanpa datang ke Festival yang biasa ada di setiap musimnya. Dan di musim dingin ini ada yang namanya Festival Salju. Yang menarik perhatian saya adalah, di festival ini ada kreasi seni membuat patung dan diorama seperti istana atau rumah dari es yang dibuat oleh seniman-seniman terkenal Jepang. Ini sangta menarik karena sepertinya sulit ditemukan di Indonesia.

4. Penginapan Tradisional


Sudah jauh-jauh liburan ke Jepang, rasanya kurang mantab jika belum merasakan menginap di penginapan tradisional Jepang (ryokan). Bangunan yang jauh dari kesan modern, tidak ada kesan angkuh, tentu lebih mendapat poin plus. Bersantai di penginapan sambil minum teh hijau khas Jepang, menikmati putihnya salju di area penginapan, bahkan dapat pula menikmati pemandian air panasnya. Benar-benar liburan musim dingin yang sesungguhnya.

5. Cranes di Kushiro Marshlands


Kushiro Shitsugen National Park di Hokkaido dibuka dalam rangka melestarikan lahan basah terbesar di negara itu dan habitat rawa yang mendukung populasi yang dikenal dengan nama Crane. Crane merupakan satwa langka yang hampir punah. Pemandangan alam yang disuguhkan mampu melengkapi liburan kita dan juga menikmati aktifnya satwa langka Crane.

6. Winter Festival Asahikawa


Festival ini menggabungkan antara campuran cahaya, es, salju, pengunjung pun dapat melihat kembang api, pertunjukan laser, patung es, melihat beberapa atraksi musik dan tari serta mencoba beberapa kuliner khas musim dingin. Nyam, pasti bakal jadi liburan musim dingin yang tak terlupakan.

7. Pilih Agen/Biro Perjalanan
Sebelum liburan musim dingin dilakukan, pastinya sudah terlebih dahulu mencari informasi tentang lokasi tempat wisata paling strategis dan pastinya untuk memudahkan perjalanan, kita butuh agen/biro perjalanan. Tokyo Rail Days menjadi pilihan tepat. Tokyo Rail Days telah bekerja sama dengan JR East yang merupakan perusahaan kereta terbesar di dunia. Dengan begini, liburan musim dingin di Jepang pun akan semakin mudah dan pastinya terjangkau. 

Saya semakin bersemangat jika sudah membuat mimpi seru liburan musim dingin di Jepang ini! ditambah lagi dengan adanya Tokyo Rail Days dan JR East yang dapat mempermudah tujuan saya. Ini hebat! Banyak promo menarik yang ditawarkan Tokyo Rail Days. Let's Goooooooooo......!!!!!!





Gala Yuzawa merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan bagi para turis yang ingin merasakan kegembiraan liburan musim dingin di Jepang. Ski resort ini hanya berjarak 77 menit dengan shinkansen dari stasiun Tokyo. Mencapai “snowy wonderland” ini tidak perlu mengganti kereta karena dengan shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa Ski Resort. Jadikanlah Gala Yuzawa sebagai salah satu tujuan wisata kamu apabila berlibur ke Jepang.

Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi:
Website resmi:          http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/
Facebook page:       https://www.facebook.com/id.jprail

Yuk ikutan Lomba Blog dengan tema "My Ideal Japanese Winter Vacation" bersama BBlog Indonesia



readmore »»