Curi Budaya, Buat Apa?

Oh blog, lama tak bersua T.T
Alhamdulillah, semua urusan kuliah sudah beres tapi urusan kerjaan tetap yahud :))

Ehem, kali ini aku mau cuap-cuap tentang Budaya Indonesia, khususnya Budaya Jawa Barat. Aku lahir di wilayah Jawa Tengah tapi sekarang menetap di Jawa Barat hehe. Waktu TK, aku sempat diajari Tari Jaipong. Waktu SMP, aku belajar main seruling bambu. Nah, Tari Jaipong dan seruling bambu merupakan salah dua dari Budaya Jawa Barat.

Sama seperti daerah/Provinsi lainnya, Provinsi Jawa Barat juga memiliki budaya yang menjadi ciri khas daerah Sunda. Apa aja tuh? Cekidot ajuaaa :D

1. Baju Adat
Kalau biasanya kamu melihat baju adat yang penuh asesoris dari ujung rambut sampai ujung kaki, kamu akan melihat baju adat Daerah Sunda yang sederhana tapi tetap elegan. Untuk laki-laki terdiri dari baju jas kerah tinggi atau kerah yang menutup leher, biasa disebut Jas Takwa, celana panjang yang sewarna dengan jas, kain batik motif bebas yang dipasang di pinggang, topi mirip blankon (Bendo), selop, keris yang dipasang di belakang pinggang, rantai untuk hiasan jas. 


Untuk perempuan terdiri dari kebaya motif polos sederhana, kain batik sebagai rok, hiasan bunga atau sejenisnya untuk rambut, selop dengan warna yang sama dengan kebaya, selendang, bisa juga pakai kalung untuk mempercantik penampilan hehehhehe.

2. Suku 
Jadi ceritanya, di Jawa Barat itu terkenal dengan suku Baduy. Tapi suku Baduy letaknya di Banten yang sekarang sudah jadi Provinsi. Suku Baduy terdiri dari Baduy dalam dan luar. Kalau suku Baduy luar tuh masih mau berinteraksi dengan masyarakat di luar suku. Aku pernah lihat beberapa orang suku Baduy luar yang jalan-jalan di tengah kota. Cirinya, pakaiannya serba hitam dengan ikat kepala dan bawa sejenis karung :D

rumah suku Baduy

Kalau Suku Baduy dalam sih katanya benar-benar tidak mau berhubungan atau menggunakan fasilitas selain milik suku tsb. Cirinya, pakaiannya serba putih dengan ikat kepala. Makanya kalau kita mau coba ke Suku Baduy dalam, gak boleh bawa kamera.

3. Alat Musik


Jawa Barat memiliki alat musik tradisional, namanya Angklung. Angklung adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara digoyangkan dan menghasilkan bunyi dari benturan bambunya. Angklung akan menghasilkan 3-4 nada dalam setiap ukuran. karena angklung memiliki berbagai macam ukuran. Meskipun hanya terbuat dari bambu, tapi kalau dimainkan dalam jumlah banyak, akan menghasilkan suara yang merdu dan luaaaaarrr biasa. Sudah banyak konser-konser musik tradisional yang melibatkan Angklung dan tidak sedikit juga pemain Angklung yang masih di bawah umur hehe. Kalah deh sayah :3

4. Tarian


Pastinya tahu Jaipong donk ya? Yak, Tari Jaipong merupakan tarian khas Jawa Barat. Jaipongan adalah sebuah genre seni tari yang lahir dari kreativitas seorang seniman asal Bandung, Gugum Gumbira. Perhatiannya pada kesenian rakyat yang salah satunya adalah Ketuk Tilu menjadikannya mengetahui dan mengenal betul perbendaharaan pola-pola gerak tari tradisi yang ada pada Kliningan/Bajidoran atau Ketuk Tilu. Gerak-gerak bukaan, pencugan, nibakeun dan beberapa ragam gerak mincid dari beberapa kesenian di atas cukup memiliki inspirasi untuk mengembangkan tari atau kesenian yang kini dikenal dengan nama Jaipongan. Seingatku, dulu waktu TK pernah diajari nari Jaipong, lenggak lenggoknya itu susaaaaaahh banget. Apalagi gerakan tangannya musti lentur, gak gampang loh. Pastinya gak kayak break dance :D


Selain tari Jaipong, ada juga yang namanya Tari Merak. Nah, kalau tarian ini punya ciri khas yaitu kostum yang digunakan menyerupai burung merak, warna warni gitu deh.


mirip burung merak, kan :D


5. Wayang


Di Jawa Barat ada yang namanya Wayang Golek. Wayang golek tuh ya kayak boneka, agak 3D gitu deh hehe. Memang tampilannya agak nyeremin gitu, tapi ada yang ganteng juga kok. Monggo dipilih dari kumpulan golek di atas hehe. Aku sih memang jarang atau malah gak pernah ya nonton pewayangan gitu. Wayang golek ini juga dimainkan oleh orang pakai tangan. Ya kayak unyil gitu. Sama seperti pertunjukan wayang lainnya, wayang golek juga memiliki cerita yang bersumber dari Ramayana dan Mahabarata. Ceritanya menggunakan bahasa sunda, diiringi musik gamelan dan alat musik tradisional lainnya dan biasanya juga lengkap dengan sang sinden. Kalau suka nonton OVJ, pasti tahu sinden :)


6. Senjata
Kalau kamu pernah ke Bogor, paling tidak pernah lihat tugu Kujang, kan ya? Bentuknya kayak di bawah ini...




Nah, Kujang adalah senjata tradisional khas Jawa Barat. Bentuknya unik melengkung, terbuat dari baja dan bahan pamor, panjangnya sekitar 20-25 cm. Kujang merupakan perkakas yang merefleksikan ketajaman dan daya kritis dalam kehidupan juga melambangkan kekuatan dan keberanian untuk melindungi hak dan kebenaran. Menjadi ciri khas, baik sebagai senjata, alat pertanian, perlambang, hiasan, ataupun cindera mata. Kujang merupakan senjata yang memiliki nilai sakral dan konon katanya punya kekuatan magis.

7. Rumah Tradisional




Rumah tradisional Jawa Barat namanya Kasepuhan. Contoh nyatanya ada di Keraton Kasepuhan yang ada di Cirebon. Keraton ini memiliki museum yang cukup lengkap dan berisi benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Salah satu koleksi yang dikeramatkan yaitu Kereta Singa Barong. Kereta ini saat ini tidak lagi dipergunakan dan hanya dikeluarkan pada tiap 1 Syawal untuk dimandikanBagian dalam keraton ini terdiri dari bangunan utama yang berwarna putih. idalamnya terdapat ruang tamu, ruang tidur dan singgasana raja. Semoga diriku bisa nengok Keraton Cirebon. Lah ke Keraton tempat kelahiran aja belum pernah hehehhhe.

0o0

Semua warisan budaya yang ada di Jawa Barat dan menjadi ciri khas daerah akan selalu menjadi sesuatu yang unik dan menjadi identitas daerah tsb. Menariknya, setiap Provinsi di seluruh Indonesia memiliki berbagai macam budaya, punya identitas :)

Ya, Indonesia dikenal karena keanekaragamannya. Tidak ada alasan untuk mencuri budaya yang sudah ada dan mengatasnamakan budaya tsb sebagai hak miliknya. Semua budaya di setiap daerah sudah menjadi layaknya nama daerah, jadi tidak bisa dicuri begitu saja. Mencuri budaya, berarti juga mencuri identitas suatu daerah. Sangat sulit jika sebuah budaya begitu saja berpindah ke daerah lain dan memaksa masyarakat untuk mengakui budaya tsb telah berpindah.

Jangan curi budaya kami, jangan curi budaya bangsa Indonesia. Aku sendiri kagum dengan seseorang yang begitu semangatnya menceritakan kisah kebudayaan Jawa. Seperti sudah apal  banget. Barangkali sebaiknya kita sebagai rakyat Indonesia sejati juga mengetahui tentang budaya di daerahnya hehe. 

Jadi, buat apa mencuri budaya segala? Oh berarti budaya Indonesia itu memang yahud sampai ada yang ingin mencuri. Hmmm mungkin, ya. Biasanya, kalau ada barang berharga kita yang ingin dicuri, kita pasti mati-matian mempertahankannya, gimana dengan budaya Indonesia? apakah kita sudah mati-matian menjaganya?

Jangan curi budaya kami karena itu identitas kami.


Yuk Mariii +..+






Komentar

  1. iyaa donk teh. kita harus matimatian menjaganya. para pahlawan terdahulu saja juga sudah mati matian membela tanah air kita. masa kita hanya untuk melestarikan budaya saja tidak mau ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu uh...mudah2an aj budaya kita gak tenggelam :)

      Hapus
  2. wah, jawa barat lebih keren. kebudayaannya sudah diketahui banyak orng, termasuk q yg anak jawa timur. guktinya aku sudah mengenal budaya itu kecuali bangunan adat dan senjata. beda dengan jawa timur yg sepertinya udah agak luntur.

    #smangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhehe ayooo bangkitkan lg budaya Jatim :)

      Hapus
  3. Orang jabar jg? Wilujeng enjing atuh :D
    kalo diliat dari budaya yang disebut di atas, dari pakean adat sampe senjata, pelestariaannya/penggunaannya udah berkurang yah.. Apakah ini jadi cerminan kepedulian generasi sekarang terhadap budaya yah? Ngeri juga ane kalo misalkan iya. Nice article! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo pakaian adat biasanya dipake klo nikah,itu jg jarang ehehheh :D

      Hapus
  4. iyaa biasanya orang tua dulu yang bertetangga dengan kita misal orang jawa atau padang suka menceritakan budaya-budaya kampung halamannya. seru kalau denger cerita mereka. lengkap sekali ini budaya jawa barat. *dua jempol buat Ca Ya..
    tugu kujang kalau hari jadi bogor di mandiin loh di bersihin dari ujung sampai bawah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah serius dimandiin :o
      jgn2 pernah bantuin mandiin tugu kujang xixiix

      Hapus
  5. waahhh sunda ini,

    kayak bang glen!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wihihiihi byk urang sundanese :3

      Hapus
  6. Wah budaya di sana keren-keren yah. Semogpat tetap lestari.

    BalasHapus
  7. menjaga kelestarian budaya aadalah tugas kita bersama... postingan kita tentang budaya daerah kita masing-masing merupakan refleksi dari kepedulian kita akan lestarinya budaya Indonesia...

    semoga tidak ada lagi budaya kita yang diklaim oleh negara lain..
    bangga menjadi salah satu putra sunda, dan bangga juga menjadi Warga Indonesia yang memiliki berbagaimacam keanekaragaman budaya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh aku nih blasteran jawa sunda wkwkkkwk

      Hapus
  8. Ini lebih lengkap lagi bahas Jawa Baratnya... :D
    Keren banget! ( >__O)b

    BalasHapus
    Balasan
    1. pdhal bikinnya semalem sebelum hari H :D

      Hapus
  9. aku pernah belajar tari merak dan itu sulit banget. harus belajar beberapa bulan sampai hapal gerakannya. aku yakin 100% deh kalau mereka mencuri tari merak, gak akan bisa menarikan tarian itu sesempurna orang Indonesia menarikannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dy bner,,aku jg prnah tari jaipong,,susah men =,=

      Hapus
  10. kebanyakan orang sini dicuri duluan baru dijaga :p
    karna itu lebih baik jaga semua budaya yg ada dan melestarikannya sebelum dicuri lagi, butuh kesadaran pribadi dan bersama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emg susah kok <--merasakan hehehe

      Hapus
  11. negara kita memang kaya budaya,, sayang kan kalau ga dilestarikan,.
    ntar malah diambil orang.

    BalasHapus
  12. wah,keren budayanya :)
    ayo kita jaga bersama..mati-matian bahkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhe kyak perang dun ya mati2an :)

      Hapus
  13. "Jangan curi budaya kami."

    Smoga pihak yg pernah dan berniat mencuri budaya kita segera tobat.. Kan mau lebaran :D

    BalasHapus
  14. yap bener bangeeet Budaya Indonesia Memang "Yahuud" hehe sampai dicuri. Sekarang tinggal sikap kita gimana buat menjaga benda berharga ini, btw thanks ya infonya :)

    BalasHapus
  15. egois sekali kalo mereka mencuri kebudayaan di Indonesia. Sudah banyak kekacauan di Indonesia dan kekayaan yang kita punya adalah satu2nya hal yang bisa kita banggakan. Kenapa mreka msih berbuat seperti itu.

    BalasHapus
  16. Tanya : "Curi budaya, buat apa?"
    Jawab : "Bae we da hobi..." (kalo mereka suatu hari memutuskan untuk mencuri bahasa sunda, hahaha)

    BalasHapus
  17. barbienya lucu banget, pake baju adat *salah fokus*

    BalasHapus
  18. wah tambah iinfo lagi ini :)
    ternyata budaya sunda aja punya banyak aneka ragam budaya :)
    apalagi budaya seluruh INDONESIA :) kalo di satuin pasti banyak hehe jadi gak heran knapa tetangga sebelah klaim budaya kita.
    mungkin karena dia gak bisa menciptakan budaya :D

    BalasHapus
  19. Wuih lengkap.
    << dari dulu penasaran banget pengen bisa mainin angklung.
    kayanya seru gitu ^__^

    BalasHapus

Posting Komentar

was wes wos...^^

Postingan populer dari blog ini

Detektif Conan: Makin Seru Makin Rumit Makin Menjadi

Detective Conan [Puzzle yang masih berantakan]

Detective Conan : Never Ending Story (?)