Langsung ke konten utama

Problema Haid

::POSTINGAN INI KHUSUS WANITA::


emmm...sapa aja juga boleh deh :D


*kangen berat ama blog CaYa huhu*

Kenapa postingan kali ini khusus untuk para wanita di luar sana? iya, karena aku lagi mau ngomongin soal "Nyeri Haid". Kecuali kalau ada cowok yang haid juga, boleh deh baca haha. Sebenernya lebih ke pengen diskusi soal nyeri haid yang biasa dialami oleh cewek-cewek yang mau,sedang,atau bahkan setelah haid. Nah, bagi-bagi pengalaman aja hehe...

Gak usah diomongin lagi kali, ya, pengertian haid/menstruasi tuh apa heu :3

Aku mulai haid atau bahasa kerennya menstruasi tuh pas kelas 3 SMP, mungkin agak-agak telat sii hehehheh tapi daripada gak sama sekali hoho. Menurut buku Biologi yang kubaca (dulu), menstruasi normalnya terjadi setiap 28 hari sekali (ya sebulan sekali deh). Kenyataannya, aku....

1. Kadang tepat waktu sih, sebulan sekali gitu
2. Kadang malah dapat haid setelah telat 2 bulan. Ini serem banget, tapi berhubung aku mah cuek bebek jadi ya nyante2 aje hyeheheh...tapi akhirnya tetep haid kok^.^
3. Telat lebih dari 2 bulan itu terjadi gak cuma sekali. Apa ini gak normal, ya?

Penyebabnya sih kalau aku biasanya...:
1. Stres atau banyak pikiran. Ini biasanya mikirin tugas kuliah yg sungguh menumpuk atau kerjaan yang gak selesai-selesai.
2. Pola makan tak teratur.
3. Terlalu capek dan kurang istirahat/kurang tidur

Dan yang lebih menyusahkan itu adalah Nyeri pada saat Haid. Iya, ini nyusahin banget banget. Apalagi aktifitas full time dari pagi sampai sore kecuali Minggu, terus harus diganggu dengan sakit perut yang amat dahsyat ini =,=

Nyeri haid pada umumnya adalah hal lumrah/normal gitu. Zat yang disebut prostaglandin adalah penyebab utamanya. Zat ini diproduksi oleh tubuh dan ditemukan dalam lapisan rahim. Ketika proses haid dimulai, zat ini merangsang kontraksi untuk melepaskan lapisan rahim, sehingga menyebabkan kram. 

Selama haid, sakit perut selalu terjadi pada saat haid hari pertama dan itu luar binasa. Terkadang juga sebelum haid tapi tidak terlalu sakit. Pernah saking sakitnya, aku cuma bisa tiduran doank, tapi gak sampe pingsan kok. Bahkan saat menulis artikel ini juga sedang nyeri haid dan kemarin itu adalah puncaknya nyeri perut yang LUAR BINASA. Bayangkan, lagi kerja tapi sama sekali gak fokus, alhasil cuma bisa meringkuk di kursi tanpa bisa apa-apa, mau pulang lagi juga malas. Lamanya nyeri itu antara 1-2 hari. Demi Shinichi yang gantengnya gak abis-abis, itu 1 hari yang menjemukkan. 

ini sakit perut apa emang mw pose yak???

Cara mengatasi nyeri haid (masih ala Ca Ya). Ini berarti entah bisa mempan sama orang lain atau tidak.

1. Dulu sih perutnya suka diusap-usap pakai minyak kayu putih. Berhubung gak mempan, jadi sekarang diusap pakai salonpas cair (lebih panas bo'). Salonpas cair lho ya, bukan yang tempel. Kalau untukku, itu lumayan mempan.
2. Posisi tidur meringkuk (perut ditekan). Nah itu buatku juga lumayan mempan.
3. Pernah siiih minum Kir*nti tapi gak lagi ah (gak suka minuman rasa jamu heu)
4. Minum obat penghilang rasa sakit (jarang banget banget)

Tips tambahan:
5. Perutnya dikompres pake botol yang isinya air hangat
6. Minum teh hangat atau mandi pakai air hangat. Serba hangat deh :D

Tips tambahan dari Bang Kepen (Claude C Kenni)
7. Minum jamu tradisional atau obat2an herbal China yg membantu memperlancar haid (memperlancar kerja hormon). Kiranti juga termasuk. Kalo lu rajin minumnya (biasanya mulai minum kira2 1-2 hari menjelang datang bulan, minum sampe 2-3 hari pertama haid), setelah 2-3 bulan, insya Allah haid lu bakal lancar untuk ke depan2nya. 

8. Cobain terapi lintah atau tusuk jarum. Kalo yg ini gua tau banget soalnya di rumah gua ada klinik terapi lintah dan banyak pasiennya yg udah sembuh.

9. Jadi ada satu titik di kaki yg menurut ilmu Akupunktur, apabila peredaran darahnya lancar, akan membuat haid lu lancar. Tentunya ga bisa sekali langsung sembuh, tapi kalo lu rajin dipijet seminggu-dua minggu sekali selama 2-3 bulan, dijamin bakal sembuh tuh. Lu harus search di internet peta akupunktur, titiknya tuh ada di sekitar mata kaki, ke atas dikit. Susah jelasin pake tulisan, harus gua tunjukin langsung (tapi karena gua lagi di China, jadi ga bisa) Nah lu harus rajin2 tuh pencet titiknya, pake balsem, digosok2 pake tulang jari tangan. Yg ini, gua nyobain sendiri ke pacar gua dan setelah 2 bulan, haidnya lancar bak Sungai Yangtse, ahahahaha... Dan yg paling penting...kalo PMS, sakitnya normal, ga sampe ga bisa jalan dll. Sampe sekarang, meskipun udah putus sama gua, tapi dia masih rajin mijet kakinya dan dia bilang, haidnya udah ga pernah ngaco sekarang *curhat*


Nah, kalau misalnya teman-teman merasakan sesuatu yang tak normal seperti...:
1. Nyeri haid yang sampai menyebabkan pingsan
2. Siklus haid yang tak normal (seperti diriku)
3. Darah yang keluar berlebihan atau jangka waktu haid diluar batas normal (normalnya 5-7 hari)
4. Atau bahkan tidak haid sama sekali (Di luar alasan karena hamil)

Sebaiknya sih, konsultasi saja ke dokter, takutnya terjadi apa-apa, namanya juga mengantisisapi. Mencegak daripada mengobati. Tapi nyatanya aku aja belum pernah konsul ke dokter seputar siklus haid yang kadang tak normal =,=

Masalahnya, nyeri haid itu juga bisa menyebabkan penyakit yang namanya Endometriosis. Endometriosis merupakan suatu keadaan di mana endometrium (selaput yang melapisi bagian dalam rahim/uterus) yang terdapat di luar rongga rahim. Selain itu gejalanya terkadang disertai mual, muntah, sakit kepala, serta nyeri hebat di bagian bawah perut. Biasanya muncul 1-2 hari sebelum haid dan bisa bertahan selama 2-3 hari selama haid. Ini serem abis. Penyakit ini bisa merusak alat-alat reproduksi yang dapat menyebabkan sulitnya hamil lho kawaaand :((

Nah, ceritanya aku pengen konsul ke dokter, sekedar ingin tahu dan minta solusi, tapi ke dokter umum bisa gak ya haha. Yang kubaca tuh konsulnya ke dokter kandungan hadeh, kok ya ga enak rasanya wkwkkwkw. Mudah-mudahan saja nyeri haid yang kita-kita rasakan ini normal-normal saja. Intinya adalah pola hidup sehat (^____^)/



Yuk Mariii :*



sumber gambar dan referensi:

Komentar

  1. ooh bgtu ach,.,
    *sekedar twu,.,

    BalasHapus
  2. okeh, catet! biar entar gue bilang kambing betina gue.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampaikan salamku bwt si mbek :p

      Hapus
  3. kalo lagi nyeri aku biasanya ngeliatin foto rolanf lagonda kak biar nyerinya ilang :p

    BalasHapus
  4. sebenernya kalo lagi haid tapi gak sakit itu malah gak wajar lo :) tapi kalo sakitnya kebangetan banget banget sampe pingsan itu lebih gak wajar :) *Jiwa PMR*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ow gtu ya,,untungnya sih gak sakit ampe pingsan jg ato ampe gbisa jln :((

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Ehem...gua cowo, tapi gua punya sedikit pengetahuan soal ini gara2 dulu waktu SMA, gua pernah punya pacar yg ngalamin hal kurang lebih sama kayak lu, Ca Ya. Dia haidnya suka telat, dan malah lebih anehnya lagi, kadang dia juga haidnya sebulan 2x o_0 Ditambah lagi, tiap kali haid, sakitnya tuh sakit banget, sampe ga bisa jalan. Akhirnya gua bantu deh tanya2 ke orang, gimana ya cara mengatasinya?

    Dari hasil bertanya tersebut, gua dapet 2-3 buah solusi. Mungkin lu tertarik mencoba salah satunya...
    1. Minum jamu tradisional atau obat2an herbal China yg membantu memperlancar haid (memperlancar kerja hormon). Kiranti juga termasuk. Kalo lu rajin minumnya (biasanya mulai minum kira2 1-2 hari menjelang datang bulan, minum sampe 2-3 hari pertama haid), setelah 2-3 bulan, insya Allah haid lu bakal lancar untuk ke depan2nya. Trik yg ini jujur gua belom pernah coba ke pacar gua soalnya dia kaga suka sama rasanya jamu, tapi temen SMA gua ada yg pernah coba and it works.

    2. Cobain terapi lintah atau tusuk jarum. Kalo yg ini gua tau banget soalnya di rumah gua ada klinik terapi lintah dan banyak pasiennya yg udah sembuh.

    3. Karena dulu belom jaman terapi lintah, dan pacar gua juga *sialnya* takut sama jarum, akhirnya gua cari cara laen deh. Jadi ada satu titik di kaki yg menurut ilmu Akupunktur, apabila peredaran darahnya lancar, akan membuat haid lu lancar. Tentunya ga bisa sekali langsung sembuh, tapi kalo lu rajin dipijet seminggu-dua minggu sekali selama 2-3 bulan, dijamin bakal sembuh tuh. Lu harus search di internet peta akupunktur, titiknya tuh ada di sekitar mata kaki, ke atas dikit. Susah jelasin pake tulisan, harus gua tunjukin langsung (tapi karena gua lagi di China, jadi ga bisa) Nah lu harus rajin2 tuh pencet titiknya, pake balsem, digosok2 pake tulang jari tangan. Yg ini, gua nyobain sendiri ke pacar gua dan setelah 2 bulan, haidnya lancar bak Sungai Yangtse, ahahahaha... Dan yg paling penting...kalo PMS, sakitnya normal, ga sampe ga bisa jalan dll. Sampe sekarang, meskipun udah putus sama gua, tapi dia masih rajin mijet kakinya dan dia bilang, haidnya udah ga pernah ngaco sekarang *curhat*

    Semoga tipsnya bisa membantu ya =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. widiiihhh lbh byk pengalamannya ketimbang eike hhehe..
      1. Nah duh ini nih jamuuu eike emang gak demen minuman jenis jamu apapun hahah
      2. Nah,,takut lintah :(( tp jarum mah okelah
      3. Wah ini boleh tuh,,lum pernah jg nyobain pijet2 akupunktur gini :3

      thx tipsnya bang Kepeeennn,,aku tambahin ya di postingan :)

      nb: salam bwt adek kepiiin #teteup

      Hapus
  7. makasih atas tipsnya..saya kalo lagi haid suka ampe muntah2...err....kayak trauma sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada jg ya yg ampe muntah? tp skt perut jg ga?

      Hapus
  8. hah? salonpas cair ada yahh? gue kalo PMS malah tidur 2 hari biar ga ngerasain sakit atau ngamuk ke orang. hahahaha. soalnya kalo dipaksa beraktifitas ujung2nya malah kunang2 :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha iya tuh sensian jdna wkwkkw...
      tidur emang paling ampuh :|

      Hapus
  9. Makan yang teratur, ya kak..!!
    Aku suka kasian sama temen yang sakitnya berlebihan gitu :(

    BalasHapus
  10. kalo haid gak ngerasa nyeri itu gak normal yaa? jadi takut sendiri

    BalasHapus
  11. aku koq kurang ngerti pada bagian kalimat ini :
    "..Endometriosis merupakan suatu keadaan di mana endometrium (selaput yang melapisi bagian dalam rahim/uterus) yang terdapat di luar rongga rahim. ..."
    Itu penjelasan tentang Endometriosis-nya koq ga jelas gitu? Hehe

    Kiranti menurutku koq kurang baik, soalnya itu bukan jamu tradisional.

    BalasHapus
  12. baru mau baca ada tulisannya postingan ini khusus wanita.
    so, gak saya baca, saya langsung komen aja dah hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

was wes wos...^^