Langsung ke konten utama

Tawuran Sehat Aja Deh!

Mudah-mudahan blog ini gak jadi sarang bala-bala yah :*

Akhir-akhir ini, banyak banget fenomena alam lapisan masyarakat yang sedang terjadi, salah satunya tentang Tawuran antar pelajar. Ya ampun, masih ada aja, ya yang tawuran? Sampai sekarang pun, aku ndak ngerti alasan para siswa (biasanya SMA) melakukan aksi 'gegelutan' di jalanan. 

Hmm...

beberapa waktu lalu, aku nonton acara investigasi gitu yang ngomongin masalah tawuran, narasumbernya adalah alumni dari sekolah yang siswanya terlibat tawuran. Dan katanya kedua sekolah itu memang sudah layaknya musuh bebuyutan. Jadi intinya, dari zaman baheula (baca:dulu) kedua sekolah itu memang kerap kali terlibat tawuran.
Bahkan, para guru seperti sudah hafal dengan kelakuan murid-muridnya hingga tak sanggup lagi untuk menghadang aksi brutal mereka. Masalahnya, aksi tawuran yang baru-baru ini terjadi pun telah memakan korban.

Sepertinya efek jera belum juga menghantui mereka. Ya buktinya tawuran masih ada terus. Coba kita telaah lebih jauh beberapa hal tentang tawuran.

1. Luka-luka - Babak Belur - Meninggal
Kayaknya gak pernah deh ya tawuran gak bawa senjata. Minimal mereka bawa celurit, minimal lho ya. Mungkin ada baiknya minta tolong sama team kreatifnya OVJ buat bikinin celurit dari strerofoam hehe. Kalau luka-luka sih masih mending, lah kalau koid. Sungguh akan sangat sia-sia bukan? Harusnya mereka tahu kalau resiko kehilangan nyawa itu sangat besar. Seolah-olah mereka sedang mengobral nyawa. 

2. Ditangkep Polisi itu Pasti
Malu-maluin amat kalau kalian hei wahai tukang tawuran ditangkep polisi pas masih pakai seragam, apalagi masih berlabel nama sekolahnya. Euuuhhh malu kali! Kalau kita lihat, tiap tawuran kan mereka pasti masih berseragam. Udah gitu digiring polisi, apa kata orang tua nanti?

3. Niat Membunuh Lawan
Susah sih kalau emang udah niat, dicatet deh ama malaikat. Dilihat dari psikologis, ada seperti kepuasan tersendiri setelah si pelaku berhasil melukai musuhnya. Ada banyak alasan untuk hal ini. Yang pasti, anak model begini memang harus ditangani secara serius, bukan dihakimi juga siii, nanti malah tambah brutal. Serem ngebayanginnya juga.

4. Dendam yang Ditularkan Pada Junior
Udah kayak penyakit aja ditularin. Konon katanya para senior itu suka nularin hobi tawuran mereka pada si junior untuk nantinya dijadikan anak buah tambahan atau tameng atau apalah ora ngerti aku. Ini juga dari berita-berita yang kutonton. Haduh-haduh.

5. Penyaluran Bakat Berantem
Kalau suka berantem, nonjok-nonjok orang, ikut aja klub tinju. Ikut pertandingan tinju profesional, tersalurkan, kan? ga perlu berantem di jalanan. Malah untung kan berantem dapet duit plus beken kayak Chris John :D

dan masih banyak lagi...

Pada akhirnya, pengendalian emosi diri dan juga peran keluarga sangat penting untuk pengembangan diri. Banyak melakukan aktivitas positif dan tidak merugikan orang lain.

Say no to Tawuran hehehe...

Sekian dari Ca Ya...

Yuk Mariii :)

Komentar

  1. haha ilustrasi gambarnya kok bisa janjian gini yak :D

    BalasHapus
  2. niat membunuh sama kebiasaan yang ditularkan ke junior itu agak menyeramkan ya tapi itu yang ada dari tawuran :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. tawuran nih never ending story halah :))

      Hapus
  3. bener tuch...yang hobi banget berantem, mending ikut aja bela diri, biar tersalurkan tuch

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap betul agak sedikit bermanpaat hehehhe

      Hapus
  4. gua ngakak yang nomer lima masak ada yang pengaluran bakat sih, suruh ikutan IMB aja....... hahaha kategori berantem

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakkakakaka lum pernah liat sih peserta IMB kategori gegelutan :D

      Hapus
  5. Efek dan akibatnya sebenarnya sangat tragis ya,,,tapi kok masih banyak yang gak sadr, , , salam solid....n salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. emmm yaaa kurang ngerti jg sayah ehehhe...
      salam kenal solid :D

      Hapus
  6. setuju,
    mungkin untuk menanggulangi penularan aksi tawuran lagi. Sekolah itu butuh vakum beberapa tahun, hingga para senior yang udah terkena virus tawuran udah pada tamat semua.

    BalasHapus
  7. hu uh biang rusuh mah langsung DO aje hahha...

    BalasHapus
  8. udah tauran,korupsi,narkoba,plagiat,,,apalgi yang m di harapin,,

    BalasHapus
  9. yap betul, say no to tawuran..

    karena tawuran hanya akan merugikan pelaku dan orang disekitarnya..

    salam solid...

    BalasHapus
  10. ayoook.. say no to tawuran.
    sebagai ababil, harusnya kita bisa salurin emosi ke hal yang positif ya.. hehe

    salam solid :)

    BalasHapus
  11. hoy ..congrats! LO DAPET AWARD.. tolong di simpen baik baik + + ya!
    gue harap upil ini berharga buat lo..

    http://cerita-danang.blogspot.com/2012/10/yakingue.html

    BalasHapus
  12. iya nih, tawuran itu kok kayak warisan budaya ya? :|

    BalasHapus
  13. yg parah kalo udh saling membunuh
    nyawa kok ya kyk ga ada harganya bgt...
    mending jg tawuran ama penjajah tuh, baru aku acungin jempol, ini sih saudara sendiri saling tawuran.

    BalasHapus

Posting Komentar

was wes wos...^^