19 Agt 2011

Gonta Ganti Template Blog

Apa anda sudah merasa puas dengan template blog anda???
Apa anda sering gonta ganti template??
Seberapa seringkah anda gonta ganti template??

Yak...silakan jawab sendiri hehe...


Saia termasuk salah satu makhluk yang demen banget gonta ganti template. Maklumlah blogger pendatang baru dan memang saia orangnya bosenan *untung gak cepet bosen ama pacar xixi*. Bagi saia, template blog atau gampangnya penampilan blog kita menjadi salah satu point penting untuk menunjang suksesnya blog kita *isinya lebih penting*.
Misal, template blog kita bosenin atau cenderung flat-flat aja, nantinya para pengunjung juga ikutan bosen, belum lagi kalau isi blognya juga bosenin *langsung pindah chanel deh*.

Nah, saia nih termasuk tukang gonta ganti template. Awalnya saia pakai template yang sudah tersedia *tinggal pilih*, tapi baru seumur jagung juga udah bosen, alsannya "duh, warnanya burem ah,ganti!!". Lalu saia coba cari-cari template yang unik terus ganti deh, utak atik bentar, jadi deh!! tapi lagi-lagi belum seumur jambu udah bosen lagi, alasannya "waduuuhh, ni template rame banged kyak pasar!!orang jadi lebih demen liat templatenya daripada isinya, ganti!!". Nah lhoo..
Mulai cari-cari template lagi deh, dapet deh. Ganti lagi. EEEhhhh...ternyata punya ternyata saia udah bosen lagi, alsannya "duh, kok kalau pake ni template followernya jadi ilang??!!!". Padahal gak ada hubungan'a tuh template ama kolom follower yang ilang hihi *alibi*. Ganti lagi.

Naaahhh,,,,nemu lagi template yang cukup membuatku terseponi. Kali ini bertahan cukup lama karena memang saia suka. Tapiiii...lagi-lagiii saia tergiur dengan template yang baruuu saja saia temukan *tepok jidat*. Haduh. Intinya saia berniat untuk ganti template lagi. Mudah-mudahan ini yang terakhir *gak janji deh hehe*

Tapi eh tapiii...berhubung saia sudah berpengalaman gonta ganti template dan juga sudah merasakan pahit getirnya kolom-kolom yang hilang atau tampilan jadi berantakan binti amburadul, perlu benar-benar diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk ganti template agar tidak merusak blog anda.

- Kebetulan saia punya 2 blog, blog yang 1 tidak terpakai jadi saia gunakan sebagai kelinci percobaan ketika saia ingin mengganti template, tujuannya agar kita tahu persis apa saja fitur-fitur yang akan berubah nanti *buat jaga-jaga aja kok*

- Uji coba template blog pada blog percobaan ini juga bisa berguna untuk mengotak atik coding/HTML jika memang ingin mengganti detail dari blog anda. Jika memang gagal, tak akan merusak blog asli anda.

- Jangan lupa untuk mem-backup terlebih dahulu template lama anda sebelum mengganti template baru *takut terjadi hal-hal yang tdk diinginkan*- Diusahakan tidak terlalu sering mengganti template seperti saia hehe. Biasanya tampilan sebuah blog menunjukkan identitas si Blogger sehingga lebih mudah dikenal khalayak *ceileh*. Kalau sering ganti-ganti template kan jadi susah orang kenal kita hehe..selain itu juga dikhawatirkan data-data anda ada yang hilang^^

- Setiap anda mengganti template, pastinya bakal ada kolom yang hilang atau berubah, jadi ya sabar saja *udah resiko*. Itung-itung buat belajar lagi.

Saia sendiri mengganti template juga untuk mengubah suasana saja biar lebih semangat menulis *mengetik ah*. Semua tergantung dari masing-masing Blogger saja, gimana enaknya dan gimana nyamannya aja.

Untuk tata cara mengganti template, mungkin udah pada tahu atau banyak kok tersedia tutorial dari blog sobat blogger lainnya^^..contohnya disini

Yuk Mariii :)

2 komentar:

was wes wos...^^