25 Nov 2011

Love My Teacher

Bandung, 25 November 2011 - Hari Guru Nasional



Bagiku, guru adalah orang tua kedua. Guru adalah orang tuaku saat aku berada di sekolah. Tak ada orang tua yang tak sayang pada anaknya, begitu juga dengan guru, tak ada seorang guru pun yang tak sayang pada muridnya. Seorang guru tak hanya berprofesi sebagai pengajar. Tanggung jawab seorang guru itu sungguh besar. Bagaimana seorang guru dapat mendidik murid-muridnya hingga kelak menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan negara. Berlebihan? Oh, tentu tidak.


Pernah dimarahi guru?
jawab: sering

Hmm, aku termasuk golongan anak bandel. Lari sana, lari sini, lompat sana, lompat sini, yang pasti aku bukan poconggg yang jago lompat-lompat. Suatu hari saat masih SD, aku ikut lomba menari (percaya gak?). Bisa dipastikan, setiap latihan, aku pasti dimarahi karena gerakan menariku yang amburadul gak jelas (percaya donk ya). Setiap kena marah guru, aku cuma menunduk saja, malu! yoi! teman-temanku yang lain gak pernah dimarahi, kenapa cuma aku??? 

Pada saat lomba menari dimulai, aku menari seperti biasa dan tentunya berusaha tampil sebaik mungkin dan jangan sampai aku kena marah lagi seusai lomba.


Aku menang lomba menari.


What???menang???masa seh??
BENERAN!


Semua teman-temanku terheran-heran. Aku yang tiap latihan dimarahi kenapa bisa menang? jawabannya, meneketehe! Saat itu, aku sangat berterima kasih pada pak guruku yang senantiasa memarahiku. Aku tahu kata-kata marah itu semata-mata agar aku bisa menari dengan baik. Anak SD mana pernah mikir kayak gitu?!

Aku pernah tak masuk sekolah selama 50 hari. Sengaja tidak diulang supaya gak mengagetkan. Saat itu kakekku tersayang meninggal. Aku tinggal di Gorontalo (cari di peta!) dan kakek tinggal di Bandung. Pastinya, saat aku sekeluarga datang, kakek sudah dimakamkan #nangis. Kakekku bukan seorang guru dalam arti sebenarnya, tapi aku menyebut kakekku, guru kehidupan. Why? 

Setiap aku bertemu dengan kakek, beliau selalu tersenyum. Sungguh aku tak pernah melihat beliau marah. Ini seingatku saja ya. Saat kakek meninggal, aku masih kelas 3 SD. Ingatan masa kecilku sangat terbatas hehe.

Entah kenapa, di setiap sekolah, ada saja guru galak haha. Galak dalam arti luas yah. Suatu hari saat aku SMP, aku pernah ditegur karena sesuatu hal yang salah dalam catatan PPKN-ku. Apakah itu?


Aku menuliskan SOSBUT, yang seharusnya SOSBUD (Sosial Budaya). Bayangkan! 


"Apa ini? SOSBUT??SOSIAL BUTAYA???"


Demi apa coba?demi seluruh komik yang ada di gramed deh, asli maluuu banget nget ngeeetttt. Tidak hanya aku siiih yang kena omel gara-gara catetan! bu guru PPKN-ku emang rada galak hehe, tapi rupanya aku kangen juga :* . Bu, maafkan diriku yang bandel ini yaaa hehe.


Buku catatan matematikaku dilempar oleh guru.


Lagi-lagi soal buku catatan -____-"


Terkadang aku heran dengan sistem pendidikan jaman dahulu kala. Kenapa semua isi buku paket tuh harus disalin ulang di buku tulis???terus buku paketnya buat apaaaa???yang lebih hebohnya lagi, kenapa kalau catatannya tuh beda DIKIT dari yang di buku paket tuh langsung kena omel bertubi-tubi???kenapaaa???

Well, aku sih cuma agak kesel ajah, tapi mungkin ada pesan terselubung dibalik acara penyalinan buku paket. Mungkin biar kita pada baca bbuku kali ya. Kalau nyalin, otomatis dibaca donk heu.

Stres deh. Itu cuma uneg-uneg-ku yang selalu kusimpan sedari dulu. Biarlah, toh udah lewat hehe. Entah bagaimana dengan sistem pendidikan saat ini. Aku juga gak begitu mau tahu. Tapi sepertinya udah sangat banyak kemajuan. Harus donk!


Tiap guru memiliki karakteristik dan cara mengajar yang berbeda. Bahkan banyak kasus kekerasan yang melibatkan guru. Hoaallloooo jelas ini akan merusak nama baik seorang guru! seringlah muncul di TV, berita seorang murid dipukuli gurunya atau seorang guru meminta uang pada murid-muridnya dll dll dll


No no no, guru tidak seperti itu. Aku begitu menghargai jerih payah seorang guru yang mau sabar ngadepin bocah-bocah gemblung yang kadang gak tahu aturan. WTA banget deh. Tapi guru juga manusia, punya emosi, bisa marah, bisa kesel, tinggal bagaimana seorang guru dapat mengatasi emosinya, jangan sampai mengorbankan murid-muridnya.


Hmm...gimana dengan istilah anak kesayangan guru?

Sudah banyak fenomena-fenomena goib seputar istilah 'anak kesayangan guru'. Aku juga pernah merasakan. Bukan merasakan jadi anak kesayangan guru, tapi melihat teman sendiri yang menjadi anak kesayangan guru. Enak banget kayaknya, nilainya selalu bagus, selalu dipercaya meriksa lembar kerja siswa, padahal kan kita setara. WTA lagi deh.

Dosen juga termasuk guru?

Emmm...iya menurutku, kan sama-sama ngajar hehe #datar. Menurutku sih, kalau dosen tuh lebih ke fasilitator ajah. Cuma kenyataannya, kita termasuk aku nih masih butuh asupan ilmu dari dosen, susah untuk nyari asupan sendiri heu, apalagi nyari duit he.

Secara umum, kita harus tetap menghargai usaha seorang guru. Susah lho yang namanya mentransfer ilmu. Susah juga mencari metode pengajaran agar murid-murid cepet ngerti dan susah juga menahan amarah dan kesabaran kalau ngeliat anak-anak nakal, kayak aku inih huehue.

Secara spesial, aku ucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk bapak ibu guruku dan dosenku yang senantiasa sabar mengajariku dalam berbagai hal, gak cuma akademik saja. Terima kasih untuk bapak ibu guruku dan dosenku yang senantiasa memarahiku ketika aku nakal. Jasa-jasa para pengajarku tak akan pernah kulupakan. Semoga suatu hari nanti, aku bisa bertemu dengan para pahlawan pendidikanku dan aku bisa menunjukkan bahwa usaha mereka tak sia-sia selama mendidikku. AMIN....


"Selamat Hari Guru"


Yuk Mariii


Cat: WTA= what the asyem
readmore »»  

21 Nov 2011

Ketika Si Upik Abu jadi Pager [k]ayu

PERHATIAN
Kejadian ini bukanlah fiktif belaka
apabila ada kesamaan nama dan tokoh, itu semua adalah  nyata :D
MySpace



Entah ini kebetulan atau memang sudah takdir. Ah dibetul-betulin aja deh. Baru aja beberapa waktu lalu, aku posting ini Ketika Si Upik Abu di Make Up!! , terus secara kebetulan (banget), ada kejadian nyaris serupa, cuma event-nya aja yang beda ihihihihihi.

Hari Sabtu kemarin, tepatnya tgl 12 November 2011, Teh Ami, anaknya Bos aku, mau nikah #mupeng. Tepat di hari yang sama, ada Ngumbar Onliners di Dago Plasa. Tadinya tuh aku mau dateng dulu ke hajatan, baru deh nyempetin dateng ke Dago Plasa, secara disana ada PocongggMySpace

Rencana tinggalah rencana. Pas 2 hari sebelum nikahan, aku di tlp langsung oleh pak Bos, katanya aku disuruh jadi pager ayu karena pager ayunya kurang 1. IYA, AKU JADI PAGER [K]AYU!! MySpace

Baiklah, untuk kedua kalinya, aku harus berhadapan dengan benda-benda mistik seperti bedak dkk *mencoba untuk menerima kenyataan*

Gak mungkin donk aku nolak permintaan Bos, pastinya aku terima. Baiklah, dan rencana ngeliat Poconggg gagal sudah. Sangat tidak mungkin ketika aku jadi pager [k]ayu terus aku pulang duluan demi liat Poconggg #nangis.

Okey, tak apalah, mungkin emang belom jodoh ketemu abang Poci. Sekarang yang jadi masalah adalah "make up dan kebaya". Gak mungkin donk pager ayu make celana jeans and kaos oblong *digampar masa*.


Pelajaran pertama...ambil hikmahnya saja.
Pelajaran kedua...aku dapet pengalaman baru.
Pelajaran ketiga...aku seperti dapat keluarga baru.
Pelajaran keempat...mukaku belepotan ama make up.


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Malem sabtunya, aku disuruh nginap saja di kantor soalnya musti dateng subuh-subuh dan kosanku tuh jauh gila dari kantor. Tapi akhirnya aku numpang bobo di rumah tante Esti, anaknya Bos juga. Malam itu, aku berasa punya keluarga baru. Aku ikut pak manajer beserta keluarga, lengkap dengan anak-anaknya belanja baju di Buah Batu (Kalo ga salah nama tokonya Griya).

Repotnyaaa punya anak kecil, lari kesana lari kesini, amboy maniseee. Aku musti jadi bebi siter dadakan nih. kedua tangan penuh ama gandengan bocah-bocah cilik. Musti ekstra nih mata, abisnya para bocah mondar-mandir kesana kemari mulu, kalo ilang gimana???

Baju bocah udah dapet, abis itu para bocah ngerengek-rengek pengen maen kuda-kudaan dan sejenisnya di timezone (sejenis timezone pokoknya). Aku iseng-iseng poto mereka aja, abis luchu sih, imut-imut gimanaaa gituMySpace



Empat bocah ini emang lucu-lucuuuuu deeehhhh aaahhh hihihi.....daaan tak lupa pula, aku ditraktir burger Mcd wohoooooo akhirnyaaa kesampean juga makan ni burger ekekekeke.
Baru nyampe kantor lagi jam 10an. Capek? iya! jadinya tanpa basa-basi langsung bobo dengan unyu'a hihihihi. Eh, pastinya bersih-bersih dulu coy.


Tibalah saatnya perang dimulai..........MySpace


Pagi-pagi banget abis shubuh, aku langsung capcus ke salon #eaaaa. Aduh, lagi-lagi berasa kayak ditempelin lakban, berasa tebel banget nget ngeeetttt ni bedak. Perlu diingat, aku adalah seorang yang sangat bawel kalo udah menyangkut masalah make up wkwkw. Tadinya mau dipasangin bulu mata palsu. Heloooowww ntar nyaingin Syahrini donk. Pas udah dipasangin tuh bulu matanya, aku langsung ngaca dan hasilnya...OH NO!! ANEH!! KAYAK SILUMAN!! Siluman Capung aja kalah deh!

Bulu mata palsu itu langsung lepas seketika. Eh, maksudnya aku minta dilepas aja, gak betah! gak bisa melek! Abis itu pipiku mulai dikasi yg merah-merah itu lho, apa sih namanya?woteperlah..Udah gitu dikasih lipstik. Amboi tembelnyeeee...selesai di make up langsung ngibrit ke kamar mandi, ngapusin lipstiknyeee hyeehehehehe...

Pake kebaya udah, di make up udah, tinggal pake kerudungnya huahahaha. Bagian ini juga lumayan ribet, aku mintanya macem-macem. Aku paling gak demen ama model kudung yang nyekek leher, berasa kayak di gips, gak bisa gerak. Alhasil, model kudungku jadi beda sendiri dari pager-pager ayu yang laen. Ah, biarin aja yang penting nyaman.
Satu masalah lagi nih!

Aku musti make sendal yang ber-hak!iya ada haknya lhooo. Secara gitu yaaa, aku gak pernah sekalipuuunnn pake sendal yang ada hak-nya, gak pernah and gak mau! tapi apa buat boleh, pake aja deh walaupun jalannya jadi kayak orang baru belajar jalan. Untung pager ayu tuh kerjanya nyambut tamu, jadi gak banyak jalanMySpace

Oke, jangan ditanya deh gimana rasanya jadi pager ayu. Hmm...biasa aja ah wkwkwkw. Aku dapet temen baru nih, namanya Sela, anak SMA yang juga jadi pager ayu. Baru ketemu juga bisa langsung deket. Kebetulan, aku juga sempet moto dia hehe.

 hati2 naksir :D


Foto-foto resminya belum aku minta hehe jadi cuma ada yang amatir aja.

ini muka-muka udah capek-,-matanya gak banget deh!!hih!cantikan emakQ ini mah :D
*pager [k]ayu gagal*
Yuk MariiiMySpace







readmore »»  

17 Nov 2011

Suka-suka Ca Ya

Perhatian!!
Postingan kali ini bertemakan "Ca Ya Suka-suka", jadi ini ane tulis SUKA-SUKA, so...jangan pada ilfeel yah~


Uhug, sebenernya udah ada 2 'calon' postingan baru yang bakal menggebrak dunia per-BLOG-an Ca Ya, tapi apa mau dikata, sementara dibiarkan dulu hingga menetas, setelah ditengok-tengok, baru jadi embrio huahahahahahahaMySpace

beneran deh, ane lagi sibuk-sibuknya jadi banci wanita karir #HALAH. Saking sibuknya, ampe lupa pipis! makan sih teteeepppp. Huft, schedule blogwalking pun terganggu, jadwal manggung ame Gita Gutawa pun terpaksa dibatalkan. AKIBATNYA, ane jadi kena semprot ama si Uya juga Kuya. Repot kan?

Gak tau kenapa, ane udah 3 kali ngadepin motor nyang bannya bocor. IYA,,BANNYA BOCOR!! tau kenapa???meneketehe...asem banget dah, lagi asoy geboy naek motor, pake acara ban bocor dan ini udah 3 kali -____-"....jelas ane BT luar biasaMySpace

Udah tau lagi repot kena masalah hukum dan sibuk ngadepin ban bocor gara-gara nyolong komik se-rak di Gramed, eeehhh Si Cupang malah ngasih tugas!!!berabeh deh! oke, yang pertama itu cuma lelucon.

Bisa dimaklumi soalnya PR-nya seru! baiklah, demi Si Capung yang sangat kuidolakan, eh ane salah ngetik...demi Si Capung yang sangat kukagumi, ah maaf saya khilaf....demi Si Capung yang sangat ku..............emmm ah lewat aja dehMySpace




Emmmmm...aduh, ane lom lulus TOEFL neh!! skor TOEFL ane masi dibawah garis ke-TOEFL-an *padahal belon pernah ikud tes TOEFL* emmm...*ambil kamus*...eh eh itu artinya apa ya?? ooohhh ya ya gitu ya...tengkyu :*


Wokeh, inilah 11 hal yang super CUTE tentang Ca Ya....cekidor!


1. Ca Ya lahir dari perut mama (emang penting ya??????????)
2. Ca Ya suka ngompol waktu balita (so what gitu loh!!!)
3. Ca Ya gak pernah dianggep cewek!! suir! ane stres berat! seberat karung beras tanpa beras! berat banget kan!???
4. Ca Ya paling KEREaktif kalo lagi tidur. Kenapa?soalnya Ca Ya bisa bikin pulau sambil tidur, cuma bedanya ini pulau bau jigong!! pliiisss jangan ilpiiiillll...ngupil boleh dehMySpace
5. Ca Ya cuma punya satu adek, sempet minta adek satu setengah tapi digampar ama emak.
6. Kalo abis pergi-pergi naek motor, bawaannya pengen ngupil, gak tau kenapa, yang jelas maksutnya untuk memebersihkan upil dari idung.
7. Ca Ya suka warna biru ampe semuanya biru, mulai dari kaos biru, celana biru, kudung biru, sendal biru, tapi sayangnya muka gak biru, ntar ane dikira abis digebukin donk..
8. Ca Ya nge-fans bangeTT ama Detektif Conan, punya mimpi pengen nyubit pipinya Conan terus ane gendong deh terus ane ciumin pipinya terus poto bareng deh terus.....#digampar
9. Ca Ya suka ama lagu-lagu jepang, walaupun cuma sebatas soundtrack-nya Conan The Movie doank. Itu juga ane cuma ngerti arigatou ama itadakimasu.
10. Paling BT kalo kebelet ngeBom di kantor. Ini seriyuz, entah udah berapa ribu saham bom yang udah ane tanem disono. Beruntung belon ane pasang timerMySpace
11. Terakhir Ca Ya ucapkan terima kasih bagi pembaca yang gak ilpil abis baca postingan ini. 


Hosh...hosh...udah ngos-ngosan nih...eh rupanya tugasnye belon slese. Ini ane dikasi 11 pertanyaan bejat dari Si Cupang!! oke, kali ini ane berbaik hati manggil anda Si Capung...

1. Pernah malu/minder enggak saat pertama kali ngeblog? Kenapa?
Kaga malu tuh, pede aje lagi..soalnye abis bikin blog, ane tinggalin begitu aje, baru diisi beberapa abad kemudian hieheheheheheh *tawa mak lampir*

2. Pernah down saat postingan sepi komentar? Cara ngatasinnya?
Ummmm....biasa aja sih! cara ngatasinnya? ane sendiri aje yg komen! beres kan! ato ancem pake clurit! 


3. Inpirasimu untuk ngeblog siapa aja? Kenapa mereka?
Ane bikin blog karena terinspirasi dari sebuah blog abstrak berkedok kacamata nyang isinye bak toko kacamata, kebetulan ane juga pake kacamata jadi ane berasa masuk toko kacamata terus ane buka-buka ternyata banyak kacamata udah gitu ane bisa milih-milih kacamata dan entah kenapa ane jatuh cinta sama Si Kacamata...sekian #noHoax

4. Menurutmu blog yang isinya copasan,apa pantas si pemilik blog disebut blogger juga?
Jujur, ane juga pernah copas kok tapi ya tetep nyantumin sumber (kalo gak lupa) tapi sekarang artikel copasannya udah diganti huahahahha....kan ceritanya udah insap and udah tau tata krama untuk jadi seorang blogger yang baik hati, tidak sombong, dan rajin menabung *senyum*.....mereka juga bisa dibilang blogger, tapi blogger bau asem. Sekian.

5. Blog yang bagus itu seperti apa?
Blog yang gak neko-neko, gak ribet, gak banyak iklan, and pastinya seru donk. Walaupun isinya serius and make bahasa keraton, tapi kalo isinya maknyus sih tetep oke kok and pastinya juga gak copas.

6. Pernah makan es krim rasa soto?
Ane sih pernahnya makan es krim rebus pake telor, kornet, keju,terus muntah.

7. Jari favorit untuk ngupil?
Jempol kaki. Pikir aja ndili gimana caranya.

8. Kalo ada temen yang ngobrol sambil ngupil,reaksimu?
Ikut ngupil juga biar kompak kayak Cherrybelle. Kalo perlu sambil salto.

9. Pertama kali tau blog ini (silumancapung) darimana?
Dari salingsilang.com...tiba-tiba ane dikerubungin capung, daripada ane kena cupang, mending ane tangkep aje tu capung #asem


10. 3 kata yang gambarin blog ini (silumancapung) ?
Siluman...Cupang...Capung


11. Barapakah berat gunung bromo?
Terakhir ane timbang pake timbangan beras sih masih beratan Bromo ketimbang ane. Terus ane coba timbang lagi, ternyata berat Bromo itu 1 Milyar TeraKilo. 

Huaaaa selese juga ni PR, mogi2 dapet cepek deh. Hoooiiii Capuuuung, ane udeh berbaek hati neh manggil ente capung, jadi musti dapet cepek ye!!! 


Hmmm...kira-kira, ane bakal ngelempar kancut tugas inih ame sapa lagi ya...wokeh, dengan membaca Basmallah dan Alhamdulillah, ane bakal ngasi tugas bejat ini buat.........*backsound Ca Ya lagi nyanyi mbah dukun*


1. Si Kacamata
2. OTRL
3. Pikadita
4. Anjar
5. Belo
6. Zihny
7. Jeng Blogii
8. Beto Ijo
9. Traffi Tyo
10. Binun
11. Galau


Okelah, mudah-mudahan korban-korban yang ane pilih inih, mau ngerjain tugasnye yeeee.......kalo misal udah ada yg pernah ngerjain tugas beginian ya gak usah dikerjain lagi hehhehehhehhe.....Kalo udah slese tugasnya, kasi tau Ca Ya yaw :D


dan.......inilah pertanyaan sinting yang harus kalian jawab, cuma 11 kok, gak banyak, gak susah, suir deh...cekidor!!


1. Kamu lahir di hutan ato di pulau tak berpenghuni?
2. Siapa yang paling kamu cayangi?
3. Mending uler ato cacing?
4. Kalo disuruh milih pendamping, pilih Conan Edogawa atau Kensin (buat cewek)
    Kalo disuruh milih pendamping, pilih Ran Mouri atau Sizuka (buat cowok)
5. Apa bahasa Jepangnya kuda ngiler?
6. Kenapa bumi bulet?
7. Pilih Mars atau Pluto sebagai tempat bulan madumu?
8. Bagaimana cara menjewer kuping ular? Jelaskan dengan sejelas-jelasnya!
9. Bisakah kamu membuat pulau sambil tidur?
10. Apa yang kamu ketahui tentang Ca Ya?
11. Setelah membaca postingan ini, apakah kamu ilfeel sama Ca Ya?

Oke, cukup sekian dan terima kasih untuk para korban yang sudi kukorbankan.... huahahhahhah *tawa bapaknya iblis*

Yuk Mariii MySpace





readmore »»  

14 Nov 2011

XLangkah Lebih Maju - Menjadi Penulis

Satu kalimat, "Aku suka menulis." MySpace

Dahulu, aku hanya bisa menterjemahkan imajinasiku pada sebuah buku. Setiap saat, jika inspirasi muncul di benakku, langsung saja kutulis di buku. Akhirnya sebuah cerita pun terbentuk. Aku sudah hobi membuat cerpen atau cerita pendek sejak SMP. Tentu saja, aku ingin tulisanku dibaca oleh banyak orang. Bagaimana caranya?

Ketidakpercayadirian menjadi penyebab utama tidak terpublikasikannya karya-karya kecilku. Sebagian besar hanya berakhir di lemari saja. Kalaupun ada yang membaca, itu adikku atau salah satu sahabatku. Aku tetap senang menulis. Betapa leganya aku, ketika berhasil menamatkan suatu cerita. Tapi tetap saja hanya berakhir di lemari. Sampai sekarang pun, cerita-cerita buatanku masih tersimpan rapi, entah mau diapakan, aku juga tidak tahuMySpace

Ingin sekali cerita-cerita lamaku kuketik ulang tapi apa daya, penyakit malas selalu menerjang. Aku berpikir lebih baik membuat cerita baru ketimbang mengetik ulang cerita lama. 
Sekarang, semua telah berubah. Teknologi semakin canggih, bahkan sudah jarang yang menulis dengan buku. Kebanyakan sudah menggunakan komputer atau laptop sebagai teman setianya.

Aku pun mengalami perubahan, paling tidak, itu yang kurasa. Kini aku XLangkah Lebih MajuMySpace Aku bisa bebas mengetik cerpen lalu kukirimkan atau kuikutkan dalam sebuah lomba. Kini, pintu terbuka lebar. Aku dapat menyalurkan hobi menulisku lewat grup-grup menulis di internet.

Ya, internet telah mengubah duniaku, yang semula hanya selembar kertas, kini aku bisa membuat cerita hingga puas dan tak terbentur lembaran kertas. Aku mulai menulis karena berawal dari blog. Awalnya, aku hanya iseng-iseng saja membuat blog lalu membuat curahan hati sederhana. Lama kelamaan aku mulai ketagihan. blog ini benar-benar sudah menjadi teman setiaku. Sama seperti dahulu saat aku setia pada buku-buku yang berisi cerita buatanku.

Aku tak akan bisa mengakses blog tanpa adanya internet. Sungguh aku sangat terbantu dengan adanya internet. Apalagi, sekarang, internet begitu mudah dijangkau dan biayanya pun relatif terjangkau. Setiap komputer atau laptopku terkoneksi ke internet, mulailah aku menjelajah duniaku. Dunia yang kubuat sebagai media hiburan di tengah kegiatanku yang sebenarnya melelahkanMySpace

Pintu menulis untukku benar-benar terbuka lebar. Tentu ini karena adanya internet. Internet membuat duniaku XLangkah Lebih Maju. Aku tak lagi menyimpan asa, kini aku bisa mengeluarkan asaku yang telah lama kusimpan. Akan kuraih mimpiku yang selama ini hanya berakhir di lemari penyimpanan buku. Akan kubuat orang-orang membaca tulisan-tulisanku. 

Sambil menyelam, minum air. Sambil mengetik artikel di blog, tingkatkan juga kemampuan menulis.


Mudah-mudahan, ini bukan sekedar mimpi. Kalau mimpi, dicubit sakit hehe.

Artikel ini diikutsertakan dalam ajang #XLangkahLebihMaju Blog Writing Competition




Yuk MariiiMySpace
readmore »»  

13 Nov 2011

(GoVlog) Hak Asasi bagi ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS)

Bandung - Jawa Barat

HIV/AIDS merupakan penyakit mematikan, tapi orang yang mengidap HIV/AIDS bukanlah sebuah virus mematikan yang kemudian pantas dijauhi oleh masyarakat. Sebagian masyarakat menganggap bahwa orang yang mengidap penyakit HIV/AIDS harus dijauhi karena dapat tertular. 

Orang tidak akan tertular HIV/AIDS hanya karena berinteraksi dengan pengidap HIV. Penyakit HIV dapat tertular melalui jarum suntik yang dipakai secara bersamaan, hubungan seks bebas, melalui transfusi darah. Pengidap HIV seperti kehilangan seluruh haknya. Pengidap HIV juga masih memiliki hak untuk hidup.

Mereka sama seperti kita. Bedanya, mereka mengidap penyakit mematikan dan kita ditakdirkan sehat untuk mereka. Tuhan bisa saja membuat seluruh makhluk bumi mengidap HIV, lantas siapa yang dapat membangkitkan semangat para pengidap HIV jika bukan orang yang ditakdirkan sehat?

Komunitas pengidap HIV terbentuk sebagai wadah pembangkit semangat dan pengembalian kepercayaan diri bagi penderitanya. Bersama-sama lebih baik daripada berdiam dalam kesendirian. Tak ada yang tak mungkin di dunia ini. Pengidap penyakit mematikan pun sangat memungkinkan untuk sembuh total.


Pengidap HIV memiliki hak asasi yang sama seperti kita. Hak Asasi Manusia (HAM) tidaklah membeda-bedakan antara yang sakit dan yang sehat. Semua memiliki hak yang sama. Semua memiliki hak untuk hidup. Semua bergantung pada masing-masing orang, bagaimana kita bisa menghargai hidup ini, sesulit apapun kondisinya.

Penanggulangan penyakit HIV pasti akan terus dilakukan guna mengurangi korban akibat HIV. Perlu dilakukan banyak sosialisasi sesering mungkin, terutama untuk daerah-daerah terpencil yang kurang mendapat informasi penting mengenai kesehatan.

Apakah orang yang melakukan diskriminasi terhadap penderita HIV termasuk pelanggaran HAM?
Saya tidak begitu paham tentang hukum, tetapi bagaimana dengan orang yang diasingkan hanya karena menderita HIV? bukankah itu termasuk diskriminasi?

Saya sendiri merasa bingung dan serba salah jika melihat berita-berita tentang penderita HIV. Ada yang sejak lahir sudah terinfeksi HIV karena orang tuanya yang memang penderita HIV, ada yang tertular HIV karena berhubungan dengan penderita HIV, ada pula yang menjadi korban kesalahan transfusi darah. Pertanyaan yang muncul adalah, siapa yang harus disalahkan?

Tak perlu menyalahkan siapapun. Ada pengobatan, berarti ada pencegahan. Akan lebih baik jika kita memilih pencegahan karena dengan begitu, setidaknya kita berusaha untuk tidak terkena suatu penyakit apapun.


Sepengetahuan saya, ketika seseorang tahu bahwa orang terdekatnya mengidap HIV, pasti hal yang terpikir adalah, dia pasti bergonta-ganti pasangan dan berkali-kali melakukan hubungan seks. Padahal, tak semua seperti itu. Banyak faktor-faktor ketidaksengajaan yang dapat mengundang HIV untuk masuk dalam tubuh kita. Hal ini pun sudah termasuk perebutan hak asasi seseorang. Paling tidak, itu menurut saya secara pribadi.


Jangan jauhi mereka, jangan ambil hak-hak mereka, jangan pula ambil hak hidup mereka. Sesungguhnya hanya Tuhan yang berhak mengambil hidup mereka dan hidup kita.










readmore »»  

10 Nov 2011

JAVA PROGRAMMING (while dan do..while)

Ehem, lanjutan postingan INI.
Kalau ada for, biasanya ada while dan do..while. Nah, sekarang giliran aku yg mau bahas tentang while dan do.. while. Ngerti juga gak siiihhh hahahaha hanya berusaha memahami saja. Tetep langsung ke contoh aja yak!MySpace


1. while
 Buat program untuk Memunculkan angka-angka genap dari deret bilangan
 Masukan Banyak Bilangan : 10
 Output : 2 4 6 8 10
Cat : Ini aku pake soal yg kemaren, biar gak puyeng. Soalnya aku juga puyeng!!

import javax.swing.*;

public class contohgenap2{
    public static void main(String[]args){
        String input=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan banyak bilangan ");
        int bil=Integer.valueOf(input);
       
        int a=1;
        while(a<=10){
            if(a%2==0)
            System.out.print(" "+a);
            a++;
        }
    }
}


Inget yaaa, nama class itu sama dengan nama file! Karena nama class-nya tuh contohgenap2, jadi nama filenya juga harus contohgenap2, oceh!!


Kalo gak ada error, maka tampilannya sama aja kayak kemaren, liat aja DISINI yah :D


2. do..while
Soalnya aku buat sama aja ya, biar keliatan bedanya..


Nah, ini kode programnya, semoga gak muntah-muntah dibuatnya..MySpace


import javax.swing.*;

public class contohgenap3{
    public static void main(String[]args){
        String input=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan banyak bilangan ");
        int bil=Integer.valueOf(input);
        int a=1;
            do{
            if(a%2==0)
            System.out.println(" "+a);
            a++;
                }
        while(a<=10);
      
    }
}


Silakan diplototin...MySpace


Bedanya while ama do..while apa sih???
Bedanya tuh, kalau while, dia ngejalanin kondisinya dulu, baru statement-nya. Kalau do..while ya kebalikannya...

Terus yang mana kondisi and yang mana statement cuy???
Oke, ini rumus umumnya...


while(kondisi) {
   statement;
   statement;
-----------------------------
do {
  statement;
  statement;
} while (kondisi);

Begitu bedanya coy, manteb ye...bikin sinting lho...udah mulai panas dingin nih ekekeke MySpace


Yuk MariiiMySpace

readmore »»