Langsung ke konten utama

Penyakit tak bisa merasakan sakit

Dahulu kala saat aku msi duduk di bangku sekolah, aku prnah bikin sebuah cerpen berdasarkan imajinasiku saja hehehe :D. Cerita'a tentang seorang anak yg tak bisa merasakan sakit walaupun dy jatuh dan terluka. Saat dy lahir tak mengeluarkan suara tangisan, malah ketawa hehehe. Aku gak mikir kalo cerita seperti itu ada, itu cuma khayalanku sajah. Dalam cerpenku, si anak benar2 tak pernah terluka meskipun dy terjatuh dari pagar atau jatuh di jalan, sama sekali tak luka, mengeluarkan darah pun tidak. Suatu ketika, saat dy remaja, dy mencoba melompat dari gedung bertingkat (wah apa gak mati tuh), tentu saja gak ada yg berpikir kalau dy bakal selamat walaupun bertahun-tahun selama hidup'a dy tak pernah terluka. Hmmm seperti menantang takdir. Akhirnya dy pun meninggal karena aksi nekat'a. Apa ini termasuk bunuh diri ya??? /Blur

Nah,,,itu sekilas tentang isi cerpenku. Secara kebetulan, aku nemuin sebuah artikel di internet yg menyatakan bahwa memang ada penyakit seperti itu, dimana penderita tak merasakan rasa sakit. Nama penyakit'a CIPA (Congenital Insensitivity to Pain with Anhidrosis).Penyakit yang juga dikenal dengan istilah Hereditary Sensory Neuropathies (HSN) adalah penyakit gangguan atau kemunduran sistem saraf yang mengakibatkan seseorang kehilangan rasa atau sensasi dari luar, terutama di bagian tangan dan kaki.

Penyakit ini sangat komplikasi, bersifat turunan, banyak tipenya dan sangat langka terjadi. Tapi yang pasti semua tipenya menyebabkan gejala yang hampir sama yaitu kehilangan fungsi saraf sensori dan respons kontrol terhadap sakit dan suhu. Akibatnya, seseorang tidak bisa bergerak secara spontan ketika badannya terkena rangsangan dari luar.

Seorang gadis asal Minnesota Amerika, Gabby Gingras adalah salah satu penderita CIPA. Meskipun ia bisa merasakan sentuhan, tapi otaknya tidak dapat menerima sinyal bahwa ia sedang kesakitan. Jadi jika kakinya patah atau menaruh tangannya di atas plat panas, ia tidak akan merasakan apa-apa.

Dari sumber lain pun memang dikatakan bahwa penderita saat lahir tidak menangis, tentu saja seharusnya seorang bayi yg baru lahir diwajibkan menangis. Bahkan kalau gak nangis, sang bidan musti nepuk-nepukin punggung atau pantat si bayi biar oek oeek gtu. Penyakit memang terdengar hebat karena klo luka gak bakalan ngerasa sakit tapi pasti ini bakal jadi beban mental buat penderita karena walaupun si penderita ingin bilang "aduh sakit" tapi otak'a tak bisa mengatakan itu atau otak tak bisa menerima sinyal sakit si penderita. Betapa menderita'a kan???

Yuk mariii /Bye

Komentar