Langsung ke konten utama

Bandung : Beautiful and Cool!!

Bandung, kota kembang. Begitulah "gelar" yang diberikan oleh masyarakat untuk mendeskripsikan kota Bandung. Pikiranku kembali menerawang, "Ooohh...berarti di Bandung banyak taman bunga donk."

Aku sendiri bukan lahir di Bandung, tapi kebetulan bapak orang Bandung asli dan sekarang aku tinggal di Bandung, kerja dan kuliah juga di Bandung. Menurutku, Bandung memang ramai, sangat ramai malah. Banyak mall, tempat wisata modern ataupun tradisional, transportasi umum yang emmm...lengkaplah ya hehe. Mulai dari angkutan kota, bus damri, bus Trans Metro Bandung, bus kota, taksi, becak, ojek dll. Aku hanya takut nyasar saja di Bandung hehe maklum, belum khatam jalanan Bandung.

Rasanya, tak cukup sehari untuk mengitari seluruh kota Bandung. Ada lho caranya untuk bisa sehari keliling Bandung. Mau tau?

Yak, gunakan saja fasilitas internet.

Banyak blog yang membahas ataupun mendeskripsikan tentang keindahan tempat-tempat di Bandung. So, temen-temen bisa keliling Bandung tanpa harus mengeluarkan uang buat ongkos angkot ataupun bensin motor/mobil hehe, ya paling ngeluarin uang buat bayar ongkos ngenet *senyum kece*


Orang Bandung yang gak tahu gedung keren di atas, berarti belum lulus uji kelayakan sebagai warga Bandung sejati. "Gedung Sate", itu namanya. Dan jangan berpikir kalau di dalam gedung tsb, banyak abang yang jualan sate atau fosil-fosil sate yang dipajang di etalase. Oke, disebut Gedung Sate karena ornamen tusuk sate pada menara sentralnya, dan itu sesungguhnya adalah gedung perkantoran. Aku pernah masuk ke Gedung Sate dan ternyata WoW, begitu ya isinya hehe. Seperti perkantoran biasa kok, namun dengan suasana yang berbeda, lebih tradisional menurutku hehe, tidak seperti gedung perkantoran modern lainnya. Lokasi Gedung Sate di Jalan Diponegoro Bandung. Silakan mampir


Tepat di depan Gedung Sate ada lapangan Gasibu. Biasanya, kalau hari Minggu tuh suka ada pasar kaget. Kaget banget deh pokoknya. RAMEEEEEEE banget. Belum lagi kalau ada acara musik. Pernah juga ada acara OVJ dan jangan ditanya ramenya kayak apa. Di dekat lapangan Gasibu juga ada gedung pusat Telkom, wah banget pokoknya dan aku pun sempat sekali masuk ke sana dan rasanya emmmm.....mewaaaahhhnyaaa hehe.

Lanjut ke tempat berikutnya..........

Salah satu (mungkin juga salah tiga) kampus impian para calon mahasiswa juga ada di Bandung, lho! Bagi pecinta teknologi, ada Institut Teknologi Bandung (ITB). Tak perlu lagi kamu tanya bagaimana kualitasnya. Ada ribuan calon mahasiswa yang memendam mimpi untuk masuk ke ITB dan kiranya lulusan ITB itu memang berkualitas dan cukup diperhitungkan. Lokasi ITB ada di Jalan Ganesha 10 Bandung.


Selain ITB, ada UNPAD (Universitas Padjajaran). Kampus ini juga termasuk beken lho. Banyak juga yang ingin masuk ke sini dan hampir setiap hari, aku melewati kampus ini, tepatnya di Jalan Dipatiukur 35 Bandung. Ada juga kampus UNPAD di Jatinangor.


Emmm...dan yang ingin jadi guru yang profesional dan berkualitas, kampus inilah sumbernya. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang beralamat di Jalan Dr. Setiabudi 229 Bandung. Aku pernah mengunjungi kampus ini bersama teman-temanku. Rupanya UPI juga bisa dijadikan tempat wisata "melepas penat". Gedung-gedungnya terlihat modern, kayak di luar negeri aja.

jangan liat modelnya :))
doc pribadi

Lanjut ke tempat berikutnya..........

Tahu Jalan Braga donk ya? Saat aku melewati jalan ini, seperti masuk ke dunia lain hehe. Ruas jalan Braga memang agak "lain" dari jalanan lainnya. Jalannya bukan dari aspal, tapi apa ya namanya? kayak batuan gitu hehe. Aku cukup sering melewati Braga dan selalu saja ada yang berfoto ria di sana. Kenapa? katanya sih view-nya bagus. Banyak juga para penjual lukisan-lukisan keren, kayaknya sih harganya juga keren hihi. Banyak juga yang bikin foro prewed di Braga. Tertarik? datang saja langsung ke Jalan Braga Bandung.

Sumber                                             Sumber

Lanjut ke tempat berikutnya..........

Bagi penggemar segala macam bentuk sejarah, bisa coba kunjungi Museum Geologi atau Gedung Asia Afrika. Aku sempat mengunjungi kedua tempat bersejarah ini. Di Museum Geologi terdapat berbagai macam model-model fosil, baik itu fosil dinosaurus ataupun manusia purba, lengkap dengan infonya. Tempat ini sering dijadikan tujuan study tour anak-anak sekolahan. Hmm...aku gak terlalu ingat dengan isi Gedung Asia Afrika, kebetulan saat itu masih SMP xixi. Pastinya, kamu bisa ngerasain "suasana" saat para pejuang kita melaksanakan rapat Asia Afrika. Tenang saja, ada pemandunya kok, jadi kamu bisa tanya apa saja di sana.
Bagi yang ingin mengunjungi Museum Geologi, bisa langsung ke Jalan Diponegoro 57 Bandung dan Gedung Asia Afrika di Jalan Asia Afrika 65 Bandung.

narsis terselubung
doc pribadi

Lanjut ke tempat berikutnya..........

Biasanya, kalau libur panjang atau pas weekend, pada semangat nih maen ke Dufan, kan ya? Oke, sekarang gak usah jauh-jauh nyambangin Jekardah, men! Di Bandung juga ada kok. Trans Studio Bandung. Bedanya, kalau di Trans Studio Bandung tuh indoor atau di dalem ruangan, gak perlu takut kehujanan. Wahana yang disediakan juga oke punya lho. Cuma sayangnya, aku sendiri belum pernah nyobain berkunjung ke sana. Maklum, kondisi doku yang sering tidak bersahabat. Bagi pecinta wahana ekstrim, boleh deh mampir ke sini, ada di area BSM (Bandung Super Mall) Jalan Gatot Subroto 258 Bandung.

                                Sumber                                                             Sumber

Lanjut ke tempat berikutnya..........

Naaahhh...yang punya anak balita, adek balita, ponakan, sepupu balita, yuk ah, ajak ke Taman Lalu Lintas di Jalan Belitung 1 Bandung. Sayangnya, aku udah gede sih ya, terus juga belum punya anak, jadi emang belum pernah ke Taman Lalu Lintas yang super unyu ini. Yah, taman ini seperti replika jalan raya aja. Kita bisa ngajarin anak-anak gimana cara nyebrang, arti dari rambu-rambu yang ada di jalan raya dll. Yakin deh, pasti anak-anak pada seneng main ke sini soalnya ada prosotan, ayunan dll.


Gak cuma anak balita aja yang bisa enjoy main di taman. Untuk para lansia (Lanjut Usia) juga bisa kok santai di taman. Di Bandung, ada namanya Taman Lansia. Wihh, seger banget ngeliatnya, pepohonan semua. Kamu, kamu, dan kamu bisa ajak kakek dan neneknya bersantai menghirup udara segar di Taman Lansia, cukup datang ke Jalan Diponegoro aja kok, deket Gedung Sate hehe.


Lanjut ke tempat berikutnya..........

Di Bandung emang gak ada Tower Bridge yang seperti di London (uhuy), tapi ada yang namanya jembatan Pasupati (Pasteur-Surapati). Well, aku sering lewat sini kalau siang hari. Ternyata, jembatan ini bakal nampak "wah" saat malam hari.


Ternyata indah ya haha. Aku memang jarang banget keluar rumah/kosan saat malam hari kecuali kuliah hehe. Bagus juga nih buat foto prewed ihiw.

Lanjut ke tempat berikutnya..........

Emmm...kayaknya daritadi, aku cuma muter-muter kota aja. Mana puncaknya??? wokeh, kalau kamu penat dengan suasana kota yang ramai, bisa kok datang ke daerah yang agak-agak berbau pegunungan. Salah satu tempat yang oke punya nih, Kampung Gajah. Oke, ini bukan seperti Way Cambas, tempat para gajah bersekolah. Kampung Gajah tuh juga berisi banyak wahana-wahana seru yang tentu saja lebih kembali ke alam. So, kalian gak bakal nemu halilintar di Kampung Gajah, salah alamat. 


Nah, tahu kan kenapa disebut Kampung Gajah??? Nah itu baru mau masuk aja udah disuguhi gajah nyangkut hehe. Aku sih emang cuma pernah lewat doank dan langsung kepengen untuk masuk kesana. Mudah-mudahan kesampean. Amin. Kamu bisa langsung datang ke Jalan Sersan Bajuri KM 3,8 Cihideung Parompong, Bandung.

Situ Patenggang. "Situ" dalam Bahasa Sunda yang artinya danau. Ya, Situ Patenggang adalah tempat wisata danau yang letaknya pun berada di daerah pegunungan. Dingin. Ehem, danau ini punya riwayat unik lho. Konon, ada sepasang kekasih, Ki Santang dan Dewi Rengganis yang banyak menemui kesulitan dalam setiap perjalanan cinta mereka. Mereka sempat terpisah dan akhirnya bertemu kembali di sebuah tempat yang kini dinamakan batu cinta (cieee). Konon katanya lagi, air danau tsb adalah air mata sepasang kekasih tsb. Wah, kebayang gak sih matanya kayak apa abis ngeluarin air mata sedanau.

gimana?indah kan :D
doc pribadi
Batu cinta letaknya di tengah danau dan katanya jika kamu mengunjungi batu cinta bersama pasangan, maka akan langgeng bersama pasangan tsb (cuma mitos). So, tunggu apa lagi, ayo segera kunjungi Situ Patenggang.

Sebenarnya, masih banyak lagi tempat-tempat yahud di Bandung yang patut dikunjungi, tapi nantinya bakal jadi berapa buku nih hehe. Kamu, kamu, dan kamu bisa coba kunjungi tempat-tempat yang sudah kuceritakan di atas. Semoga makin tertarik dan penasaran untuk mau maen dan jalan-jalan ke Bandung Kota Kembang.

Yuk Mariii

Komentar

  1. dulu waktu pertama ke kiaracondong kirain ada menara yang condong :) wah sono euy ka bandung dei :)

    BalasHapus
  2. hahahaha kga ada menara disono bang :D

    BalasHapus
  3. wah asik bgt! Bandung emang surganya Jawa Barat kalo kata gue mah. cowo2nya kasep, cewe2nya cantik, sesuatu.

    gedung UPI bagus tuh, unik!

    btw pengen bgt deh gue ke Trans Studio. huhuhu. bolehlah kapan2 kesana sama anak KK yah :D

    BalasHapus
  4. @jengPina: wihiii boleh bgt jeng,maen dah ksini :D cm yg ngepost ni malah belon khatam jln Bdg #ngenes heuheu....

    BalasHapus
  5. Tiga bulan yang lalu, aku pergi ke Bandung dan memang benar, tempatnya ngangenin. apalagi awewenya.. :D

    BalasHapus
  6. Eh, gambar terkhir itu ada cowoknya siapa ya? :D

    salam kenal

    BalasHapus
  7. Pengen ih ke Isola :D Eh bener kan ya Isola namanya yang di UPI :D

    BalasHapus
  8. Wih gambarnya keren2, bikin mupeng, aku blm pernah ke bandung, padahal punya keluarga juga disana hehehe Ketemuannya selalu ditempat mbahku tiap tahun ~(^_^)~ *jadi curcol* hahah

    BalasHapus
  9. tour ke bandung~
    asik asik asik~

    BalasHapus
  10. @Anas: hahaha dasar..yg dikangenin rupanya peyempuan :))

    @Udin:cwo yg mna?kn ada 2 wkwkkwkkw :))

    @Ulla: klo ga slah c iya,ak jg lupa :D

    @Basith: hehehe ayo men ksini,,abis itu gentian ak yg k Jerman hahahha :D

    @Nurmayanti: asiiiiiikkk yuk hehehe

    BalasHapus
  11. Saya udah bosen kuliah hampir 6 tahun di Bandung. Mau balik ke Surabaya, lah malah dapet kerja di sini. Weleh-weleh... ya udah, dijalani aja. :D

    Bandung sekarang udah panas! Gak dingin lagi! Oke saya akui memang sempat dingin sekali saat pagi hari, tapi tak berlangsung lama. Pas jam menunjukkan pukul 8 pagi, langsung jadi panas.

    BalasHapus
  12. Aeh..aeh..pantesan ajak si kacamata ke setu patenggang ternyata ada mitosnya tooh...ihiiyyy :D


    Nay kira lagi ngikutin kontes tentang sejarah kota, di ikut sertain aje niih jeng :)
    tapi emang kudu foto hasl jepretan sendiri..

    BalasHapus
  13. Seru banget ya jalan2 di Bandung, segala macem hiburan ada...karena itulah tiap weekend kota tercinta ini selalu diserbu ribuan mobil biadab yg bikin Bandung jadi macet dan penuh polusi...

    BalasHapus
  14. @Belo: pas mw kesono, gak tw klo ada mitosnya jeng,,lgan,kita gak ke batu cinte hahhahha cm lewat doank :D
    itu emg diikutin lomba tp bukan ttg sejarah kota,,nyeritain keindahan Bdg aja,,,driku ga sanggup muterin kota Bdg trs ngejepretin atu2,,gda waktunya hahahhaha

    @Claude: BENER BANGET!! bt bgt klo udh liat mobil2 beterbangan di Bdg #halah

    BalasHapus
  15. suatu hari nanti aku akan pergi ke bandung menemui teman mayaku ;p

    BalasHapus
  16. Jadi pengen jalan-jalan ke Bandung pas liburan nanti sehabis baca postingan ini.

    Jadi guide ane pas di Bandung yaaak #ngarep

    BalasHapus
  17. minggu lalu study tour ke bandung, tapi sayang gak dijadwalin ke jalan braga dan sekarang aku kangenn. bandung itu ngangenin yah. pengen banget kuliah di itebew hehe :)
    oya, btw, salam kenal.

    BalasHapus
  18. hahaha cobain ke kampung gajah neng... seruuuuu cuma sayang, dulu blom di paketin tiket masuknya jadi kalo mau naek apa2 pasti maha, tiket masuknya sih cuman 5000 perak.
    heuheu

    sekarang di ujber... jauh kmane2... ke trans studio maharani alibaba :((

    BalasHapus
  19. @Nasihin: wohooo ayo2 berkunung ke Bdg hihihi....

    @Farid: hahaha ane aja belon khatam jalanan Bdg :D

    @Lily: kalo malem,Braga lebih asoy :D

    @Syifa: nah iye ntu mahal bet msuknye :D

    BalasHapus
  20. wah, mupeng urang... Bogor, hmm, agaknya kalah... hahhaha... pengin mbolang di sana,,,

    BalasHapus
  21. Eh, masuk ga sih komen gue? Komen lagi dah

    wow, cantik ih bandung... urang pengin ke sana,,,
    Bogor agaknya cemburu,, hahha

    BalasHapus
  22. << udah lama gak ke bandung :(
    terakhir SD , itu aja gak tau jalan hahahaha
    nis post caya :*

    BalasHapus
  23. @Taufik: muncul kok bang :D
    ayo2 maen sini ke Bdg,,ntar kuajak ke taman Lansia wkkwkkww

    @Beto: waduh SD :o
    hehhe yuk main lg ksini :D

    BalasHapus
  24. emm memang bandung tuh kotanya indah ya mau pagi sampe malem tetep rame :D

    Ditunggu kunjungan baliknya ya ke http://century21.co.id

    BalasHapus
  25. jadi pengen ke museum yg ada diatas.. hihi

    BalasHapus
  26. waa, keren keren tempatnya :D jadi penasaran nih :D btw pusatnya kota bandung yang bagian mana sih? pengen tahu :D

    BalasHapus
  27. @JualanRumah: hahha iya teteeppp rame :D

    @Azrina: yuk yuk deket gedung sate tuh,,jd skali dayung,,dapet bonus :D

    @Andhira: akika lupa gak nyantumin alun2 Bandung :D...klo gak slah c dsitu,,ada masjid Agungnya jg :)

    BalasHapus
  28. woh.. bandung asik euy.. jadi pengen kesana suatu hari nanti..

    BalasHapus
  29. caya.........
    pokoknya kamu harus mau jadi guide jika aku ke bandung :D
    dari yang disebutkan tadi yang sudah saya kunjungi dan tau adalah sabuga, gedung sate, danau cinta, jembatan itu, apa namanya.. hanya itu, yang lain masih buaaannyaaak blm aku ketahui :( hiks..

    BalasHapus
  30. @Afiful: ayo2 ksini,,dijamin rame hahaha

    @Tunsa: hihihi aye musti khatam jalanan Bdg dlu,,,maklum pendatang blm lama :D

    BalasHapus

Posting Komentar

was wes wos...^^